Sukses

Mengintip Fasilitas Fabrication Laboratory Pertama di Indonesia

Jababeka secara resmi membuka Fabrication Laboratory (Fablab) di kawasan Medical Science Center, Kota Jababeka Cikarang

Liputan6.com, Jakarta - Jababeka secara resmi membuka Fabrication Laboratory (Fablab) di kawasan Medical Science Center, Kota Jababeka Cikarang.

Fablab Jababeka merupakan hasil kolaborasi antara anak perusahaan PT Jababeka Tbk, yaitu PT Jababeka Infrastruktur dengan President University, dan menjadikannya Fablab pertama di Indonesia yang berlokasi di kawasan industri.

“Kami hadirkan Fablab Jababeka ini sebagai fasilitator dan wadah untuk menuangkan segala inovasi dari segalalapisan masyarakat mulai dari mahasiswa, teknisi, pekerja, komunitas, perusahaan startup, sehingga memungkinkanmereka untuk belajar dan mengimplementasikan Industry 4.0,” ujar Board of Director PTJababeka Tbk Tjahjadi Rahardja dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (1/3/2021).

Fablab Jababeka akan lebih memfokuskan pada pengembangan kompetensi serta pengembangan purwarupamaunfaktur untuk tenant industri. Tjahjadi menjelaskan bahwa Fablab Jababeka mengusung lima pilar utama yaknipilar showcase, capability, ecosystem, delivery dan innovation dimana kelima pilar ini sejalan dengan tujuan PIDI 4.0 (Pusat Inovasi Digital Industri 4.0).

PIDI 4.0 merupakan suatu program pemerintah dalam pengembangan inovasidan sumber daya manusia demi terwujudnya Indonesia 4.0.

Selain itu, melalui Fablab Jababeka dapat meningkatkan kemampuan kapabilitas individu melalui forum group discussion(FGD), workshop, training serta seminar yang akan diadakan oleh Fablab Jababeka. Fablab Jababeka ini pun dikatakan sebagai Fablab pertama yang memiliki dukungan ekosistem matang yang siapmenyambut era Industry 4.0.

Ekosistem ini terbentuk dari peran serta dan kolaborasi sejumlah pemangkukepentingan yang berada di kawasan Jababeka seperti insititusi pendidikan, komunitas, Living Labs, investor, Accelerator, perusahaan, media dan pemerintah. Diharapkan dengan dukungan ekosistem ini dapat mengakselerasiindustri konvensional menuju Industry 4.0 serta mempertemukan para perusahaan penyedia solusi Industry 4.0 dengan perusahaan lain yang membutuhkan solusi tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fasilitas

Fablab Jababeka menghadirkan sejumlah fasilitas serta peralatan industri modern yang dapat digunakan para peserta. Mulai dari perangkat lunak untuk design, mesing metal cutting, grinder, Arduino, drill hingga 3D printer, 3D scanner, 3in1 Snapmaker, Armrobotic dan Cnc Plasma.

Seluruh fasilitas ini terbuka untuk umum sepertimahasiswa, akademisi, komunitas, start up, praktisi maupun industry dengan cara mendaftarkan diri melalui websiteFablab Jababeka.

“Kami membuka diri bagi siapa saja yang hendak mengembangkan diri ataupun produknya dengan cara bergabungdi Fablab Jababeka, karena disinilah tempat untuk belajar, berkolaborasi serta mengimplementasikan teknologiIndustry 4.0” jelas Tjahjadi.

Hal ini sejalan dengan jargon Fablab Jababeka yakni Create – Innovate - Collaborate.Dengan kehadiran Fablab Jababeka menjadikan salah satu kesiapan Jababeka dalam menyambut transformasi Industry 4.0 di Indonesia dengan kolaborasi pentahelix diantara pemerintah, swasta, akademis dan masyarakat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.