Sukses

Mengenal Sosok Firmanzah: Profesor Termuda UI, Staf Khusus SBY hingga Rektor Paramadina

Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI), Firmanzah, meninggal dunia pada Sabtu (6/2/2021).

Liputan6.com, Jakarta Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI), Firmanzah, meninggal dunia pada Sabtu (6/2/2021). Pria yang pernah dinobatkan sebagai profesor termuda tersebut disemayamkan di rumah duka di Sentul Selatan, Bogor, Jawa Barat.

Firmanzah memiliki karir akademis yang cemerlang. Pria kelahiran Surabaya, 7 Juli 1976 tersebut juga menjabat sebagai Rektor Universitas Paramadina.

Firmanzah merupakan anak ke 8 dari 9 bersaudara dari pasangan Kusweni dan Abdul Latief. Ia lulusan Fakultas Ekonomi UI pada 1988, kemudian setelah itu bekerja sebagai analis pasar pada sebuah perusahaan asuransi dan menjadi asisten dosen di almamaternya.

Ia lalu melanjutkan studi ke Universitas Lille di Prancis. Firmanzah juga sekaligus menjalani studinya pada tingkat doktoral dalam bidang manajemen internasional dan strategi di Universitas Pau and Pays De I'Adour, dan selesai pada 2005.

Selepas lulus program doktoralnya, ia sempat mengajar setahun di Prancis hingga akhirnya memutuskan pulang ke Tanah Air, dan bekerja di UI pada 2005.

Tiga tahun setelahnya, tepatnya pada 14 April 2008, Firmanzah mengukir sejarah di almamaternya. Ia terpilih sebagai dekan FE UI menggantikan Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro. Proses pemilihan dekan tersebut diselenggarakan kurang lebih selama dua bulan.

Terpilihnya Fiz juga tercatat menjadi sejarah baru sebagai dekan termuda yang pernah dimiliki UI yakni ketika berusia 32 tahun. Ia menjadi dekan fakultas tersebut untuk periode 2009-2013.

Selain beraktivitas menjadi dekan, ekonom ini juga aktif dalam seminar-seminar baik dalam negeri maupun luar negeri. Ia juga aktif menulis baik buku maupun jurnal.

Firmanzah juga pernah menjadi Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2012. Saat ini, ia menjabat sebagai Rektor Universitas Paramadina.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ekonom dan Profesor Termuda UI Firmanzah Meninggal Dunia

Ekonom dari Universitas Indonesia Firmanzah meninggal dunia, Sabtu (6/2/2021). Berpulangnya Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia itu dikabarkan oleh Kepala Bagian Akademik dan staf PPIM UI, Devi Sefutri.

"Telah meninggal dunia Bapak Prof. Firmanzah, Ph.D. (Dosen PPIM-Guru Besar FEB UI) pada hari Sabtu, 6 Februari 2021," tulis Devi dalam pesan singkatnya, Sabtu.

Menurut dia, Rektor Universitas Paramadina tersebut akan dimakamkan hari ini usai salat zuhur.

Saat ini, jenazah pria yang pernah dinobatkan sebagai profesor termuda itu disemayamkan di rumah duka di Sentul Selatan, Bogor, Jawa Barat.

"Mohon doa agar almarhum husnul khotimah, diampuni dosa-dosanya dan diterima segala amal ibadahnya.. Aamiin,," kata Devi mohon doa untuk Firmanzah. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini