Sukses

Teten Masduki dan Sandiaga Uno Kolaborasi Optimalkan 5 Destinasi Super Prioritas

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki kolaborasi dengan Menteri Pariwisata Sandiaga Uno dalam membangun destinasi pariwsata

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Koperasi dan UKM berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk konsisten mengembangkan potensi pariwisata di 5 Destinasi Super Prioritas. Yaitu, Labuan Bajo (NTT), Mandalika (NTB), Danau Toba (Sumut), Likupang (Sulut), dan Borobudur (Jateng).

"Sesuai arahan Presiden RI agar tidak ada lagi ego sektoral antar kementerian. Kita harus sinergi dan kolaborasi," tandas MenKopUKM Teten Masduki, usai audiensi dengan MenParekraf Sandiaga Uno, di kantor KemenKopUKM Jakarta, Selasa (19/1/2021).

MenkopUKM menjelaskan, kerjasama ini akan maksimal jika KemenParekraf telah menentukan faktor unggulan sampai dengan value creation sebuah destinasi, contoh seperti wahana, event, promosi, infrastruktur, hingga hospitality.

Kemudian akan dibantu dengan keberadaan dan pengembangan UMKM sebagai pelaksana usaha serta menciptakan added value turunannya. Artinya UMKM ini merupakan support system yang bisa hadir melalui ketersediaan pelaku usaha kuliner, souvenir, dan ekonomi kreatif yang di dalamnya mencakup fesyen, kuliner, dan kriya.

Teten Masduki optimis, semua ini bisa berjalan dengan baik jika ada kerjasama yang solid antar KemenKopUKM dan KemenParekraf .

"Kita akan exercises langsung di lapangan, khususnya di lima destinasi pariwisata super prioritas untuk hand in hand dan kolaborasi," kata Teten Masduki.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemetaan Klaster

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  (MenParekraf) Sandiaga Uno menekankan pihaknya akan melakukan pemetaan klaster di setiap sub sektor pariwisata.

"Kolaborasi di setiap kluster ini akan memberikan output dan outcome yang jelas. Agar bisa mempertahankan lapangan kerja di setiap destinasi wisata," jelas MenParekraf.

Lanjut MenParekraf, nantinya program tersebut tidak akan hanya dilakukan di 5 destinasi saja, melainkan di seluruh destinasi unggulan yang dimiliki negeri ini. Tentunya, dengan menjalankan protokol kesehatan secara ketat.

Terkait rencana gelaran akbar MotoGP di Mandalika 2021, Sandiaga mengungkapkan ada beberapa desa wisata di sekitar Mandalika yang sudah dibina bersama antara KemenKopUKM dan KemenParekraf.

Contohnya adalah Desa Bilebante, Nusa Tenggara Barat, yang potensinya punya ruang besar untuk terus ditingkatkan.

"Ajang MotoGP ini akan mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat, khususnya masyarakat NTB," pungkas MenParekraf.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Sandiaga Uno adalah pengusaha yang kini mencalonkan diri menjadi Gubernur DKI Jakarta
    Sandiaga Uno adalah pengusaha yang kini mencalonkan diri menjadi Gubernur DKI Jakarta

    Sandiaga Uno

  • Koperasi adalah sebuah organisasi ekonomi yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-seorang demi kepentingan bersama.

    koperasi

  • Usaha mikro kecil menengah atau (UMKM) adalah istilah umum dalam khazanah ekonomi.

    UMKM

  • Pariwisata adalah suatu perjalanan yang dilakukan untuk rekreasi atau liburan.

    Pariwisata

  • Teten Masduki kini menjabat sebagai Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah di Kabinet Indonesia Maju.

    Teten Masduki