Sukses

Sandiaga Uno Jangan Kendor Promosikan Pariwisata di Tengah Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 bukan alasan bagi Sandiaga Uno untuk berhenti berinovasi dalam membangkitkan sektor pariwisata.

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat Ekonomi Indonesia Strategic and Economic Action Institution, Ronny P Sasmita, meminta kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno untuk segera menyiapkan strategi khusus untuk mendongkrak sektor pariwisata nasional di tengah pandemi Covid-19. Langkah ini agar pariwisata nasional bisa langsung tancap gas setelah situasi mulai membaik.

"Di saat pergerakan turis, baik nusantara maupun asing mulai tidak lagi dibatasi, maka sektor pariwisata Indonesia harus berada dalam keadaan siap tempur," kata Ronny dalam pesan tertulis, Sabtu (25/12/2020).

Menurut dia, pandemi Covid-19 bukan alasan bagi Sandiaga Uno untuk berhenti berinovasi dalam membangkitkan sektor pariwisata. Salah satu cara yang bisa dilakukan dengan gencar melakukan promosi.

"Di saat situasi masih dalam pembatasan pergerakan, Sandi harus tetap memanfaatkannya untuk promosi, rencana event, dan perbaikan kapasitas destinasi-destinasi andalan nasional," imbuhnya.

Namun, Ronny mencermati, titik berangkat ekonomi dan pariwisata nasional saat ini tidak sama lagi dengan tahun-tahun sebelumnya. Oleh karenanya, Sandi pun dinilai harus menyiapkan langkah-langkah baru.

"Untuk itu, Sandi harus menyiapkan strategi-strategi khusus yang fokus ke hal-hal seperti promosi, branding, dan sales di satu sisi. Lalu penyiapan destinasi-destinasi di sisi lain, mulai dari keandalan amenitas, infrastruktur konektifitas, dan kehandalan destinasi di sisi lain, ungkapnya.

Tak hanya itu, ia menambahkan, Sandiaga Uno pun diajak untuk mendukung penuh fokus besar tersebut, baik dari sisi regulasi maupun dari sisi insentif atau disentif.

"Jika tidak cepat dan tepat, maka sektor pariwisata nasional akan membutuhkan waktu lama untuk pulih, yang berarti juga akan semakin jauh dari target yang diimpikan pemerintah," ujar Ronny.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harapan dan Doa Wishnutama Usai Sandiaga Uno Dilantik sebagai Menparekraf

Sebelumnya, Sandiaga Uno telah dilantik sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu, 23 Desember 2020. Sandi menggantikan posisi Wishnutama yang sebelumnya menjabat Menparekraf periode 2019--2020.

Wishnutama terlihat membagikan potret saat prosesi serah terima jabatan (sertijab) yang menampilkan dirinya bersebelahan dengan Sandiaga Uno. Keduanya kompak berpose dengan melambaikan satu tangan dan tersenyum ke arah kamera.

Bersamaan dengan potret itu, Wishnutama turut menyertakan harapan dan doanya untuk Sandi. "Semoga sahabat saya mas @sandiuno sukses dalam menjalankan amanah dan tugas sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif," tulis Tama.

Ia melanjutkan, telah lama ia sangat mengagumi prestasi hebat dan semangat Sandi. Tama pun yakin bakal ada deretan inovasi lewat kepemimpinan Sandi sebagai Menparekraf.

"Dibawah kepemimpinan Menparekraf mas @sandiuno saya yakin @kemenparekraf.ri akan banyak inovasi dan terobosan agar pariwisata dan ekonomi kreatif dapat segera bangkit dan jauh lebih baik dari sebelumnya," lanjutnya.

"Semoga selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamiin YRA," demikian tutup Wishnutama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.