Sukses

Muhammad Lutfi akan Langsung Lakukan Ini Usai Menjabat Menteri Perdagangan

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengatakan produk buatan Indonesia berkesempatan ikut berkompetisi di tingkat dunia.

Dia pun memastikan akan seluruh barang di bisa di ekspor dan kompetitif. "Dan ini adalah bagian dari pada perbaikan daripada ekonomi nasional dan berharap bisa jadi daya ungkit baru untuk tumbuhnya pertumbuhan ekonomi yang sehat," kata dia dalam pernyataan pers di Istana, Rabu (23/12).

Selain itu, Mendag Muhammad Lutfi juga akan memastikan bahwa arus barang berjalan dengan baik. Sehingga bisa menjadi bagian untuk kepercayaan kepada masyarakat agar segera memulihkan daya beli.

"Dan ini merupakan agenda agenda utama yang saya laksanakan pada waktu yang singkat ini," ujarnya.

Sebelumnya, Mendag Lutfi, berjanji untuk bekerja secara optimal untuk perbaikan ekonomi nasional di masa mendatang. Alasannya, melihat kondisi perekonomian global yang tengah menghadapi kondisi sulit akibat dampak pandemi Covid-19.

Maka dari itu, Kementerian Perdagangan harus dapat menjalankan fungsinya dengan baik agar dapat memberikan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

"Saya berjanji akan bekerja sekuat mungkin, sepandai mungkin, secakap mungkin untuk memastikan perekonomian indonesia akan lebih baik di masa yang akan datang," tuturnya di Istana Negara Jakarta, Selasa (22/12/2020).

"Seperti kita ketahui bahwa ekonomi dunia berada pada situasi yang sangat sulit, beliau (Jokowi) mempercayakan saya untuk memimpin Kementerian Perdagangan. Kementerian ini adalah sesuatu lembaga yang mekanismenya adalah memastikan bahwa arus barang berjalan dengan baik, kegiatan ekonomi berjalan dengan baik agar kesejahteraan dapat tercipta bagi rakyat Indonesia," papar dia.

2 dari 3 halaman

Muhammad Lutfi Ibaratkan Jabatan Menteri Perdagangan Seperti Wasit Tinju

Muhammad Lutfi mengibaratkan penunjukan dirinya sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) seperti wasit tinju. Dia pun berjanji akan menjadi wasit tinju yang adil selama memimpin Kementerian Perdagangan. 

"Pada saat yang bersamaan saya akan berjanji karena Menteri Perdagangan itu kalau dianalogikan sama seperti wasit bertinju. Di mana pembeli dan penjualnya adalah petinjunya dan rakyat indonesia adalah penontonnya," ujar dia di Istana Negara, Selasa (22/12/2020).

Dia mengatakan, saat seorang wasit dalam hal ini Menteri Perdagangan tidak melakukan tugas sesuai dengan hal semestinya maka masyarakat selaku penonton dan pedagang selaku petinju akan merasa dicurangi. "Oleh karena itu, saya akan berjanji menjadi transparan," jelas dia.

Mantan Dubes RI untuk Amerika Serikat ini juga berjanji akan memperbaiki kinerja Kementerian Perdagangan.

Diantaranya harus bekerja secara lebih efisien. "Ini untuk menyejahterakan bangsa dan negara," ucap dia mengakhiri.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi, resmi memberi amanah Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan yang baru. Rencananya pelantikan akan berlangsung Rabu, 23 Desember 2020 besok.

Muhammad Lutfi sempat mengisi posisi menteri perdagangan pada zaman Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, 14 Februari 2014, menggantikan Gita Wirjawan.

Selain itu, Lutfi juga tercatat sempat menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) periode 16 Mei 2005 - 22 Oktober 2009.

Rekam jejak Lutfi terbilang kental di ranah ekonomi dan bisnis. Dia juga pernah menjabat sebagai duta besar Indonesia untuk Jepang pada 2010 dan Amerika Serikat pada 14 September 2020.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Ini