Sukses

Darmawan Junaidi Ditunjuk Jadi Dirut Bank Mandiri

Pemegang saham Bank Mandiri juga merestui Alexandra Askandar menjadi Wakil Direktur Utama.

Liputan6.com, Jakarta - Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB) PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) memutuskan utuk menunjuk Darmawan Junaidi menjadi Direktur Utama Bank Mandiri. Posisi Darmawan Junaidi menggantikan Royke Tumilaar yang diangkat menjadi Direktur Utama BNI pada September lalu.

"Pemegang saham memutuskan untuk mengangkat Darmawan Junaidi menjadi direktur utama," kata Corporate Secretary Bank Mandiri Rully Setiawan dalam konferensi pers selepas RUPSLB, Rabu (21/10/2020).

Selain itu, pemegang saham juga merestui Alexandra Askandar menjadi Wakil Direktur Utama Bank Mandiri, sedangkan Sigit Prastowo akan menjabat Direktur Keuangan dan Strategi. Alexandra sebelumnya adalah Direktur Corporate Banking Bank Mandiri dan Sigit sebelumnya pernah menjabat Direktur Keuangan di BNI.

Selain tiga posisi tersebut, RUPS LB Bank Mandiri juga menyetujui pengangkatan Rohan Hafas menjadi Direktur Hubungan Kelembagaan, dan Susana Indah Kris Indriati menjadi Direktur Corporate Banking. Adapun posisi Direktur Operations akan dijabat oleh Tony Eko Boy Subari.

Rully Setiawan mengatakan, penunjukkan bankir internal untuk mengisi pucuk pimpinan Bank Mandiri merupakan bentuk kepercayaan pemegang saham kepada sistem pengembang sumber daya manusia di Bank Mandiri dalam pembentukan talenta terbaik untuk dapat membawa Bank Mandiri menjadi institusi keuangan terbaik di Tanah Air.

“Dengan komposisi direksi ini, kami optimis jajaran direksi akan semakin solid dan kompak dalam membawa Bank Mandiri mengarungi kondisi perekonomian di tengah pandemi covid-19," jelas Rully.

Dengan demikian, susunan direksi Bank Mandiri menjadi sebagai berikut:

- Direktur Utama Darmawan Junaidi

- Wakil Direktur Utama Alexandra Askandar

- Direktur Manajemen Risiko Ahmad Siddik Badruddin

- Direktur Information Technology Rico Usthavia Frans

- Direktur Kepatuhan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Agus Dwi Handaya

- Direktur Commercial Banking Riduan

- Direktur Treasury dan International Banking Panji Irawan

- Direktur Jaringan dan Retail Banking Aquarius Rudianto

- Direktur Hubungan Kelembagaan Rohan Hafas

- Direktur Corporate Banking Susana Indah Kris Indriati

- Direktur Operations Tony Eko Boy Subari

- Direktur Keuangan dan Strategi Sigit Prastowo.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gelar RUPSLB, Darmawan Junaidi Bakal Jadi Dirut Bank Mandiri?

Sebelumnya, PT Bank Mandiri (Persero) akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) hari ini, Rabu (21/10/2020). Rencananya RUPSLB ini akan digelar pukul 14.30 WIB di Auditorium Plaza Mandiri, Jakarta.

Mengutip keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), salah satu agenda RUPSLB Mandiri kali ini ialah perubahan susunan perseroan, dimana akan ada tokoh yang mengisi posisi Direktur Utama (Dirut) yang sempat kosong beberapa waktu.

"Hari ini digelar RUPS, agendanya pergantian direksi Bank Mandiri," ujar Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga saat dihubungi.

Beberapa waktu, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo pernah menyebutkan 3 calon Dirut Mandiri baik dari internal perusahaan maupun eksternal.

"Ada lah, beberapa, sedang disaring," ujar pria yang akrab disapa Tiko di Kompleks Parlemen, Kamis (1/10/2020) lalu.

Salah satu nama yang diduga kuat bakal mengisi jabatan ini ialah Darmawan Junaidi yang saat ini menjabat sebagai Direktur Treasury, International Banking and Special Asset Management sejak 2017.

Karier Darmawan di Bank Mandiri terbilang cukup panjang. Dirinya lebih banyak ditugaskan di bidang treasury sejak merger Bank Mandiri tahun 1999 hingga menjadi Group Head Treasury di tahun 2016.

Selain di Bank Mandiri, Darmawan juga pernah menjadi Direktur Keuangan PT Semen Indonesia periode 2016-2017, bahkan sebagai Plt. Direktur Utama di periode Mei-Agustus 2017.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.