Sukses

6 Cara Pintar Memakai Kartu Kredit di Tengah Masa Pandemi

Liputan6.com, Jakarta Di tengah situasi pandemi yang terjadi saat ini, keberadaan kartu kredit dapat memberikan banyak manfaat bagi Anda. Tak hanya membuat transaksi menjadi lebih nyaman dan praktis, melainkan juga penyelamat keuangan Anda ketika berbelanja dan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Karena kartu kredit selalu memiliki penawaran diskon, poin, cicilan, bebas biaya tahunan kartu hingga perannya sebagai dana darurat. Tak ayal, orang-orang kerap menyebut kartu kredit sebagai kartu sakti.

Namun, dibalik berbagai manfaat yang banyak itu, pengguna kartu kredit dituntut untuk selalu bijak dan cerdas dalam menggunakan kartu kredit. Karena pada dasarnya uang yang dipakai dari kartu kredit bukanlah uang kita dan pemberian cuma-cuma, melainkan milik bank dan penggunaanya memunculkan bunga dan biaya.

Berikut ini beberapa cara pintar memakai kartu kredit di tengah pandemi.

1. Ketahui Kemampuan Bayar Tagihan

Umumnya limit kartu kredit yang diberikan oleh bank melebihi penghasilan yang kita miliki. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui kemampuan Anda membayar tagihan. Jangan sampai tagihan bulan kartu kredit melebihi kemampuan Anda atau mendekati setengah penghasilan Anda. Gunakan kartu kredit sesuai kebutuhan dan hindari gaya hidup mewah.

2. Manfaatkan Cicilan 0%

Supaya tagihan bulanan tetap tercover oleh pendapatan kita, manfaatkan promo, diskon dan cicilan 0% yang ada. Penawaran cicilan 0% inilah menjadi keunggulan dari kartu kredit. Misalnya belanja smartphone senilai Rp12 juta. Jika memilih cicilan 12 bulan, Anda cukup membayar Rp1 juta setiap bulan. Tak perlu khawatir menguras pendapatan bulanan Anda.

Sekarang ini banyak sekali e-commerce dan offline store yang menawarkan program cicilan 0%. Sebisa mungkin hindari mengubah cicilan via bank, karena ini akan membuat Anda terkena bunga, mulai dari bunga promo 0,99% hingga 2,99%. Di balik keringanan bayar, pada beberapa bank penerbit kartu kredit, penggunaan cicilan menjadi salah satu syarat untuk mendapatkan bebas biaya kartu kredit tahunan.

2 dari 3 halaman

3. Belanja Lagi Setelah Tanggal Cetak Tagihan

Jika Anda termasuk pengguna kartu kredit aktif, Anda perlu terbiasa untuk check dan recheck penggunaan. Minimal tahu saldo kartu kreditnya. Cara ini sekaligus untuk menghindari over limit. Jika dianggap sudah melewati batas kemampuan bayar, tahan dulu untuk belanja atau menggunakan kartu. Tunggu hingga tagihan sudah tercetak. Karena penggunaan kartu kredit setelah tagihan tercetak akan memberikan Anda lebih banyak waktu untuk membayar tagihan sampai bulan depan.

4. Bayar Penuh Tagihan Sebelum Jatuh Tempo

Cara penting selanjutnya adalah membayar tagihan kartu kredit sebelum jatuh tempo dan bayar secara penuh. Cara ini akan menghindarkan Anda dari bunga kartu kredit. Supaya tidak terlewatkan, biasakan untuk membayar tagihan kartu kredit di hari kamu menerima gaji atau ketika tagihan sudah dicetak.

Hindari membayar tagihan minimum karena otomatis beban utang semakin tinggi. Sebaiknya bayar minimal setengah dari tagihan, supaya di bulan berikutnya lebih ringan untuk membayar penuh

5. Hindari Tarik Tunai dan Mengcover Utang

Hindari tarik tunai via ATM karena Anda akan terkena biaya admin dan bunga. Terlebih jika Anda tidak mampu bayar tagihan penuh setiap bulannya, karena bunga tarik tunai akan terus berjalan hingga tagihan dibayar penuh. Siasati dengan tarik tunai di merchant yang bebas biaya admin.

Selain itu, hindari juga menggunakan kartu kredit untuk membayar utang. Maksudnya adalah menggunakan kartu kredit untuk pembayaran Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kredit Multiguna (KMG), Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), dan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Jangan sampai gali lubang tutup lubang karena ini akan membuat kamu kesulitan mengelola keuangan.

3 dari 3 halaman

6. Simpan Kartu Kredit di Dompet Digital

Dahulu memiliki beberapa kartu kredit terlihat sangat menyusahkan. Selain pengelolaannya juga untuk penyimpanannya, dompet menjadi semakin tebal karena kumpulan kartu-kartu bank dan kartu lain. Aktivitas terasa kurang nyaman dan tidak praktis. Namun, sekarang sudah berbeda.

Sejak ada dompet digital dari dan untuk Indonesia DANA, Anda bisa menyimpan kartu-kartu kredit maupun debit di satu aplikasi. Tidak lagi harus mengeluarkan kartu dari dompet, cukup buka aplikasi DANA dan pilih metode pembayaran kartu bank, Anda sudah bisa melakukan transaksi. Mulai dari belanja online, di merchant yang memiliki QRIS hingga pembayaran tagihan bulanan rumah tangga yang ada di aplikasi DANA. Transaksi lebih praktis dan bersih tanpa ada kontak fisik, semua tinggal Scan QR Code dari dompet digital DANA. Selain itu, Anda bisa langsung membayar tagihan kartu kredit dengan menggunakan Saldo DANA maupun kartu debit yang sudah tersimpan di DANA.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by DANA Indonesia (@dana.id) on

Menariknya lagi, selalu ada promo dan diskon yang bisa membantu Anda menghemat pengeluaran bulanan. Memulai dengan simpan kartu kredit di DANA saja sudah dapat bonus voucher mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 65.000 untuk kartu kredit bank tertentu,-. Belum berhenti di situ, bayar tagihan kartu kredit melalui DANA juga mendapatkan diskon 20%.

 

Yuk, #BikinJadiBiasa bertransaksi dengan bersih dan simpel di DANA. Informasi lebih lengkap mengenai promo kartu bank di DANA, Anda bisa klik di sini.

Itulah beberapa cara pintar memakai kartu kredit di tengah masa pandemi. Pergunakan dengan bijaksana agar bisa mendapatkan manfaat yang sebenar-benarnya dari keberadaan kartu kredit.

 

(*)

BERANI BERUBAH: Ketika Bisnis dan Beramal Bersatu