Sukses

Pertamina Salurkan Rp 3,5 Triliun untuk UMKM Lewat Program Kemitraan

Pertamina SMEXPO dipersembahkan khusus untuk memberikan kesempatan kepada para UMKM binaan Pertamina agar bisa memutar roda bisnisnya.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) akan menyelenggarakan PertaminaSMEXPO 2020 dengan tema “Digitalisasi Usaha Kecil, Bikin Bangga Indonesia”, pada tanggal 9-11 September 2020 secara virtual.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan, Pertamina SMEXPO 2020 merupakan pameran virtual terbesar khusus untuk 1.226 produk UMKM unggulan di Indonesia.

“Kita akan mempersembahkan 1.226 produk UMKM unggulan yang merupakan hasil kurasi pihak-pihak yang ahli dibidangnya. Selain itu kita akan mengadakan berbagai kegiatan bentuknya bisnis forum, online coaching, virtual fashion show, entertainment, dan lain sebagainya,” kata Nicke dalam acara Virtual Press Conference SMEXPO, Selasa (8/9/2020).

Ia menjelaskan, Pertamina SMEXPO dipersembahkan khusus untuk memberikan kesempatan kepada para UMKM binaan Pertamina agar bisa memutar roda bisnisnya. Sebagaimana diketahui UMKM yang merupakan salah satu sektor yang penting sekaligus menjadi tulang punggung bagi perekonomian Indonesia.

“Seperti halnya terjadi krisis tahun 1998. UMKM inilah yang menopang perekonomian Indonesia sehingga relatif lebih stabil dengan negara lain,” ujarnya.

Selain itu, Pertamina sebagai sustainable development goals yang merupakan tanggung jawab sosial lingkungan, Pertamina telah membina lebih dari 63 ribu UMKM.

Pertamina telah melakukan penyaluran bagi UMKM dalam bentuk program kemitraan sejak tahun 1993 dengan total Rp 3,5 triliun, angka tersebut cukup besar karena pembinaan UMKM ini adalah tanggung jawab yang di amanahkan kepada Pertamina seperti dalam Undang-undang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pasar Digital untuk UMKM

Lanjut Nicke, Pertamina sudah menyediakan pasar digital untuk UMKM unggulan, sehingga dengan program-program tersebut UMKM binaan Pertamina dapat terus meningkatkan produknya, dan memberikan kemudahan kepada pelanggan untuk bertransaksi dalam membeli produk mereka.

Hal ini sudah menjadi suatu kewajiban bagi Pertamina untuk mendukung kelangsungan hidup UMKM-UMKM binaan Pertamina. Salah satu wujud dari usaha Pertamina untuk memperkuat perekonomian nasional di tengah pandemi covid-19 ini.

“Untuk itu kami ingin mengajak seluruh pihak untuk memberikan perhatian kepada para pelaku UMKm di Indonesia termasuk peserta SMEXPO 2020 ini, karena dibalik UMKM ini terdapat para pekerja terampil beserta seluruh keluarganya bergantung,” ujarnya.

Ia menambahkan, masyarakat bisa mengikuti acara pameran virtual melalui www.pertaminasmexpo.com. Demikian pameran virtual ini salah satu cara bagi pertamina untuk mengedukasi seluruh UMKM binaan Pertamina untuk masuk dan beradaptasi dalam era digitalisasi.

“Sehingga bisa memaksimalkan seluruh potensi yang ada, memperluas jaringan untuk pemasaran produknya, kita harapkan para UMKM ini bisa bertahan di tengah covid-19 ini, kita juga meminta dukungan masyarakat agar dapat berpartisipasi melihat langsung maupun membeli produk dan mengikuti berbagai forum yang disediakan Pertamina ini,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina

  • Usaha mikro kecil menengah atau (UMKM) adalah istilah umum dalam khazanah ekonomi.

    UMKM

Video Terkini