Sukses

Di Hari Kemerdekaan RI ke-75 Tahun, BI dan Kemenkeu Terbitkan Uang Baru

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan merilis uang baru pada 17 Agustus 2020. Penerbitan uang rupiah baru ini untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI yang ke-75 tahun.

Rencana penerbitan uang baru ini akan dilakukan secara virtual untuk mencegah penyebaran covid-19. Peluncuran rupiah edisi khusus ini akan dilakukan langsung oleh Gubernur BI Perry Wajiyo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

“Betul Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia akan meluncurkan uang baru,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Rahayu Puspasari kepada Liputan6.com, Minggu (16/8/2020).

Penerbitan uang baru ini bukan hal yang baru. Uang Rupiah Khusus dikeluarkan untuk memperingati peristiwa atau tujuan tertentu dan memiliki nominal yang berbeda dari nilai jualnya. Artinya, uang ini bisa lebih mahal dari nominal yang tertera.

Uang Rupiah Khusus dikeluarkan dengan kemasan yang menarik dan unik sehingga sering dijadikan cendera mata.

Sebelum edisi khusus 75 Tahun Indonesia merdeka ini, Bank Indonesia telah beberapa kali juga menerbitkan uang rupiah khusus.

Beberapa contohnya adalah uang edisi khusus Seri 25 Tahun Kemerdekaan Indonesia, Seri perjuangan Angkatan 45, Seri Save The Children, Seri Cagar Alam, dan seri lainnya.

Uang baru untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-75 tahun ini akan menjadi Uang Rupiah Khusus terbaru yang diterbitkan oeh Ban kIndonesia.

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020