Sukses

Bosan Tiap Hari Bekerja? Atasi dengan Cara Ini

Liputan6.com, Jakarta - Menurut jajak pendapat Gallop baru-baru ini, 85 persen pekerja di seluruh dunia membenci pekerjaan mereka. Karyawan yang tidak puas ini digambarkan oleh Gallop sebagai seseorang yang benci secara emosional dari tempat kerja mereka, serta hanya 15 persen yang merasa "terlibat" dengan pekerjaan mereka.

Melansir dari lifehack.org, Minggu (9/8/2020) jika Anda merasa malas untuk bekerja, sekarang dapat mengambil langkah untuk menggantinya dengan strategi yang lebih efektif dan jauh lebih menyenangkan seperti di bawah ini :

1. Buat dialog internal Anda yang Menyenangkan dan Memikat

Jadilah pemandu sorak Anda sendiri, bukan diktator. Gunakan kata-kata positif tentang kemungkinan dan dorongan seperti 'aku bisa', 'aku mau', 'aku inginkan' dan 'aku akan' alih-alih menilai istilah seperti seharusnya dan harus. Sertakan representasi mental atau fisik dari tugas yang berhasil diselesaikan. Bayangkan konsekuensi positif yang terkait dengan penyelesaiannya.

2. Memecah Tugas

Dalam NLP, ini berarti memecah tugas besar yang sering melelahkan menjadi langkah-langkah yang lebih kecil dan lebih mudah dikelola.

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

2 dari 3 halaman

3. Temukan Motivasi Intrinsik Anda

Menemukan pekerjaan yang benar-benar memuaskan kita memang sulit. Ini bisa berarti datang ke realisasi menyakitkan kadang-kadang tentang motivasi dan kompromi masa lalu kita, dan membuat perubahan yang sesuai.

Tetapi melakukan upaya untuk menemukan dan mengembangkan lebih banyak motivasi intrinsik untuk pergi bekerja, seperti pemenuhan pribadi, makna dan semangat, akan berfungsi untuk kita jauh lebih baik daripada tekanan atau harapan eksternal.

Mengembangkan strategi motivasi yang cerdas, efektif, dan positif dapat membantu kita membuat keputusan yang baik dan membuat kebahagiaan kita baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Jika Anda merasa sulit untuk menarik diri dari tempat tidur di pagi hari karena Anda takut pergi bekerja, dan perubahan dalam karir atau tempat kerja belum menjadi pilihan, coba lihat dialog internal Anda dan buat perubahan bagaimana Anda memotivasi diri sendiri.

Reporter: Erna Sulistyowati

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: