Sukses

Kemenhub: Jumlah Penumpang Pesawat Terus Naik, Meski Belum Normal

Kemenhub menyatakan saat masuk new normal jumlah penumpang penerbangan terus naik.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan setelah memasuki masa transisi new normal pandemi covid-19, trafik penumpang pesawat di Indonesia secara umum mengalami peningkatan hingga 80 persen.

“Kita memonitor sudah mulai naik 80 persen trafiknya naik, harapan kita bisa menaikkan agar signifikan. Walaupun ada penekanan di sektor transportasi karena adanya covid-19, khususnya dunia internasional yang bertujuan untuk menekan penyebaran covid-19,” kata Direktur Keamanan Penerbangan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, Mohammad Alwi, dalam webinar The Habibie Center, Rabu (15/7/2020).

Lanjut Alwi, ia pun menyebutkan dampak pandemi covid-19 ini menyebabkan penurunan jumlah penumpang baik domestik maupun internasional. Yang tentunya berpengaruh terhadap pendapatan negara dan pendapatan maskapai itu sendiri.

Meskipun saat ini trafik penerbangan sudah mulai merangkak naik secara bertahap, namun tetap saja masih ada masalah yang ditimbulkan. Salah satunya jumlah penerbangan yang telah disiapkan oleh berbagai maskapai tidak seimbang dengan jumlah penumpang.

“Maskapai yang punya 200 pesawat yang diterbangkan hanya 20 persen. Karena bukan hanya pesawatnya sudah siap beroperasi tapi penumpangnya yang masih sepi,” ujarnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sosialisasi

Oleh karena itu, Kemenhub sebagai regulator selalu berusaha untuk mensosialisasikan dan menginformasikan kepada masyarakat, bahwa moda transportasi pesawat lebih aman dibanding transportasi lainnya.

“Pesawat merupakan moda yang lebih aman daripada moda transportasi lain,” ujarnya.

Demikian, ia menegaskan kembali dengan banyaknya dampak yang ditimbulkan covid-19 terhadap sektor penerbangan, juga berpengaruh kepada aktivitas sektor lainnya yang juga menurun. Seperti sektor pariwisata, perindustrian, perdagangan dan lainnya.

“Namun sekarang sudah mulai nampak peningkatan,  diharapkan ada peningkatan yang signifikan yang bisa dicapai seperti tahun-tahun berikutnya,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.