Sukses

Tinjau Mal, Anies Harap Transaksi Nontunai Jadi Kebiasaan Baru

Masa transisi new normal covid-19 terkait pembukaan mal bisa sekaligus kesempatan untuk menerapkan teknologi secara optimal.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan masa transisi new normal covid-19 terkait pembukaan mal bisa sekaligus kesempatan untuk menerapkan teknologi secara optimal.

“Krisis kesehatan dan ekonomi itu sisi beratnya tapi ada sisi opportunity-nya muncul lompatan teknologi, sekarang dipaksa dipakai, bahkan rapat-rapat sudah konferensi secara online,” kata Anies dalam peninjauan Mal Kasablanka, di Jakarta, Selasa (16/6/2020).

Ia pun menyampaikan bahwa saat melakukan peninjauan di Mal Kasablanka Jakarta Selatan, protokol kesehatan yang diterapkan sangat ketat, begitupun dengan aktivitas jual beli sudah dilakukan secara cashless, pesan makanan atauu minuman pun sudah menggunakan QR code.

“Mudah-mudahan Jakarta bisa jadi contoh buat wilayah lain.  Saya pas masuk harus scan dan transaksi cashless dan harapannya memunculkan kebiasaan baru, pelajaran yang menarik untuk kita,” ujarnya.

Lanjutnya, pembukaan mal setahap demi setahap terkait pengendalian covid-19 di DKI Jakarta berjalan dengan baik, ia pun menginginkan agar wabah pandemi covid-19 ini segera berakhir dan terkendali, supaya masyarakat bisa beraktivitas seperti biasanya.

“Kami di DKI bahwa kita bergerak relatif awal untuk memastikan  memutus rantai covid-19 itu bisa dilakukan, jadi sejak 16 Maret sekolah tutup kantor tutup, setelah kami tetapkan PSBB bulan April maka pusat perbelanjaan pun istirahat, ini bukan sesuatu yang sederhana tapi punya dampak pada kehidupan banyak orang,” jelasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kegiatan Ekonomi

Karena pihaknya sadar, jika interaksi terhenti maka otomatis interaksi ekonomi juga berkurang, sehingga menyebabkan kegiatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat terganggu.  Oleh karena itulah, pemerintah mulai kembali membuka kegiatan ekonomi, salah satunya mal.

“Maka sekarang di Jakarta kondisinya semakin baik, dan insyallah bisa mencapai situasi aman, sehat, dan produktif, kita akan menuju ke sana. Sekarang masih di fase transisi sejak tanggal 4 juni kemarin, kita meneruskan PSBB masa transisi hingga bulan Juni ini sambil kita memantau,” pungkasnya.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.