Sukses

Erick Thohir: Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Bakal Serap Banyak Tenaga Kerja

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan pihaknya akan mengikuti instruksi Presiden Joko Widodo untuk terus menggarap Proyek Strategis Nasional (PSN) meskipun pandemi Corona masih berlangsung.

Hal itu dinilai dapat mendorong perekonomian nasional sekaligus tetap menjadi wadah bagi para pekerja mencari nafkah di situasi serba sulit seperti saat ini.

Dalam konteks ini, Erick menyinggung kelanjutkan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang target penyelesaiannya tetap dipatok pada September 2022 mendatang.

"Kami harus optimistis. Negara dalam kondisi yang terus memikirkan pembukaan lapangan kerja. Tadi Pak Presiden sudah setuju disambungkan Jakarta-Bandung-Surabaya supaya lebih visibel, dan ini pasti menyerap tenaga kerja yang luar biasa," ujar Erick dalam sebuah diskusi, sebagaimana ditulis Selasa (2/6/2020).

Bahkan, Menteri BUMN bilang Presiden sudah setuju untuk memperpanjang jalur kereta cepat tersebut hingga ke Surabaya.

"Sesuai arahan Presiden, agar lebih ekonomis untuk didorong kelanjutan proyek tidak hanya berhenti di Bandung, tapi sampai Surabaya," paparnya.

 

2 dari 2 halaman

Ambil Kesempatan

Selain itu, Erick juga bilang, Indonesia harus mengambil kesempatan terkait rencana beberapa negara seperti Jepang dan Amerika Serikat yang hendak merelokasi pabriknya dari China agar iklim investasi di Indonesia kembali bergairah.

"Menlu dan kepala BKPM dan Menko (Perekonomian) harus lebih agresif untuk membawa mereka ke Indonesia," tambahnya.