Sukses

Menko Airlangga Ajak Warga Gotong Royong Bebaskan Indonesia dari Corona

Menko Airlangga mengajak kepada masyarakat serta seluruh pemerintah daerah untuk saling gotong royong menjadikan suatu daerah menjadi daerah hijau.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto meminta kepada seluruh masyarakat Indonesia agar disiplin terhadap kebijakan yang ditetapkan pemerintah dalam upaya penanganan Covid-19. Sebab dengan kedisiplinan diyakini akan bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Kepada masyarakat kita semua masing-masing perlu disiplin terhadap apa yang diterapkan (oleh pemerintah)," kata dia usai ratas di Jakarta, Rabu (27/5/2020).

Dia mencontohkan dengan sikap disiplin masyarakat terhadap pembatasan sosial berskala bersar (PSBB), dan beberapa kebijakan dalam kondisi new normal kegiatan perekonomian dapat berangsur pulih kembali.

"Kegiatan perekonomian akan berangsur pulih dalam protokol baru sampai kita temukan antivirus vaksin," kata dia.

Mantan Menteri Perindustrian itu juga mengajak kepada masyarakat serta seluruh pemerintah daerah untuk saling gotong royong menjadikan suatu daerah menjadi daerah hijau. Artinya, dapat menurunkan tingkat penyebaran Covid-19.

"Harus gotong royong bersama agar daerah jadi hijau, daerah karena sifat dinamis ada mekanisme buka tutup kami harapkan recovery kondisi produktif dan aman itu," tandas Airlangga Hartarto.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Panduan New Normal

Seperti diketahui, pemerintah telah membuat panduan New Normal, melalui Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang pencegahan dan pengendalian Covid-19 di tempat kerja Perkantoran dan Industri dalam mendukung keberlangsungan usaha pada situasi pandemi.

Panduan pencegahan penularan Covid-19 mulai dari imbauan kepada pihak manajemen untuk senantiasa memantau perkembangan Covid-19 di lingkungannya.

Anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Rahmad Handoyo menyatakan, satu-satunya cara agar bangsa Indonesia bisa memenangkan pertarungan melawan wabah virus Corona (Covid-19) adalah menerapkan sikap disiplin yang tinggi. Menurutnya, panduan new normal pun tidak akan berpengaruh besar jika masyarakat tak patuh.

"Di tengah pandemi seperti saat ini, kita diultimatum, mau menang atau kalah. Kalau mau menang melawan wabah Covid-19 ini, tidak ada pilihan lain, sikap disiplin yang ketat adalah kuncinya. Kalau tidak, wabah Covid-19 ini bisa meledak lagi. Jangan sampai, ramalan WHO yang mengatakan Indonesia bisa menjadi episentrum baru Covid-19, menjadi kenyataan," katanya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini