Sukses

Gandeng Telkom, Jababeka Dorong Kompetensi Kerja Bagi Millenial

Indonesia memiliki 5 juta pengangguran dengan persentase terbesar disumbang oleh lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia memiliki 5 juta pengangguran dengan persentase terbesar disumbang oleh lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jumlah pengangguran itu diperkirakan akan meningkat pada 2020 akibat dampak virus corona.

Menurut Badan Pusat Statistik, penyebab terbesar dari munculnya angka pengangguran tersebut dikarenakan keterampilan yang dimiliki tak sesuai kebutuhan.

Melihat fenomena tersebut, Jababeka Group dan Telkom Indonesia berkolaborasi membuat sebuah program pengembangan kompetensi dan penyaluran kerja bagi milenial. Program ini diperuntukan baik bagi milenial yang mencari kerja, pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja, atau pun pekerja yang butuh peningkatan kompetensi.

Dengan hadirnya program tersebut, diharapkan mampu menciptakan alumni yang terampil dan relevan dengan kebutuhan industri sehingga mampu menekan angka pengangguran di Indonesia.

Keseriusan program ini dibuktikan lewat penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara Jababeka Group dan Telkom. Pasca penandatanganan MoU ini, Jababeka Group-Telkom akan menjalankan 3 program, yaitu Online Class Training, Offline Training, dan Property for Millennial Pra Kerja: Dapat Kerja Dapat Rumah.

Program pengembangan kompetensi akan dikemas melalui bootcamp. Kemudian, Jababeka Group dan Telkom akan membantu menyalurkan para alumni ke perusahaan Telkom dan 1.700 perusahaan yang berada di Kota Jababeka saat ini.

Selama pendidikan, peserta tak dikenakan biaya, namun ada sharing agreement. Artinya, setelah peserta mendapat kerja, dan memiliki pendapatan, mereka bisa mencicil pendidikan yang telah didapat. Bahkan nanti ada opsi untuk bisa melanjutkan pendidikan formal juga, yaitu di pendidikan S1 di President University ataupun Telkom University.

"Bagi mereka yang daftar program ini kita seleksi dulu. Dan saat dia dapat kerja dari pelatihan ini dan berpenghasilan, mereka juga bisa menyewa atau mencicil properti yang dimiliki Jababeka," ungkap Alfa Putra Kurnia selaku CEO Arkademy dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (26/5/2020).

Ia menambahkan, untuk standarisasi dan distribusi ke market akan dilakukan Pijar Mahir, mulai dari produksi video, penyiapan kurikulum dan silabus, sampai ke feedback-nya melalui www.pijarmahir.com.Sementara kebutuhan instruktur akan dibantu oleh Learning Center Jababeka Group, yaitu Akademi Komunitas Presiden, President University (PU), President Development Center (PDC), dan Jababeka Learning Center (JLC).

“Tim ini termasuk juga untuk penyelenggaraan offline training atau bootcamp. Output dari semua ini apa? Ready to work graduates, kelas karyawan PU, dan Jababeka Property,” urai Alfa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Era Digital

Direktur Digital Business Telkom Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi mengaku antusias untuk menjalankan kerja sama ini. Karena kerja sama Jababeka-Telkom sangat penting untuk kedua perusahaan bisa bertahan di masa COVID-19. Di mana perlahan-lahan behavior consumer berubah akibat wabah COVID-19.

Ada dua perubahan perilaku dari empat perubahan yang harus diantisipasi oleh Telkom karena Telkom merupakan bisnis yang bergerak di ranah digital, yaitu stay at home lifestyle dan go virtual.

“Semua orang saat ini mulai terbiasa beraktivitas di rumah, mulai dari bekerja, belajar dan tidak perlu ketemu tatap muka, semua sudah bisa selesai melalui virtual. Lebih efisien dan bisa saving cost,” urai Faizal.

Bahkan, kata Faizal, diperkirakan gaya hidup tersebut akan berlanjut setelah wabah selesai. Oleh karenanya, proyeksi bisnis yang ingin dicapai Telkom di 2021-2024 harus dikebut setahun lebih cepat untuk mengantisipasi perubahan perilaku masyarakat yang lain.

"Dengan penandatangan ini, kami berharap di tahap awal, terkait konten-konten skill yang diproduksi bisa memperkaya Pijar Mahir, salah satu platform yang dipakai Pra Kerja. Konten yang dibutuhkan pemerintah ada 3 tahap, yaitu skill level satu, dua dan tiga. Sejauh ini yang sudah dikurasi tim Pra Kerja baru tahap satu, yaitu konten low skill atau kemampuan dasar. Sedangkan untuk konten level dua dan tiga masih menunggu pemerintah mengurasi kembali,” terang Faizal.

“Saya pun sudah melihat konten yang dibuat di Jababeka, yaitu AKP, PU, JLC dan PDC. Dengan konten yang dibuat 4 institusi yang dihasilkan program ini, semoga saat masuk konten level kedua dan ketiga, Pijar Mahir akan bisa menyediakannya," tambahnya.

3 dari 3 halaman

Cara Bertahan di Tengah Pandemi

Hal senada juga disampaikan oleh Direktur PT Jababeka Tbk Sutedja Sidarta Darmono. Ia mengakui bahwa peningkatan kompetensi merupakan kunci penting agar seseorang bisa bertahan dalam masa COVID-19.

Hal itu pula telah menjadi fokus dari Jababeka Group agar kemampuan pekerja bisa terus relevan dengan kebutuhan industri yang begitu dinamis.

"Dalam sisi Jababeka, kami ingin membuat Silicon Valley di Indonesia. Kita bisa membawa itu ke Cikarang. Kalau kita belajar dari Amerika Serikat, kita akan bergerak ke industri 4.0 dan 5.0. Dalam kondisi seperti sekarang, pengembangan industri 4.0 harus lebih dipercepat. Untuk itu perlu peningkatan sumber daya manusia, sebab jika mereka tidak mengikuti perkembangan teknologi, mereka akan kesulitan. Untuk itu, Jababeka siap mendukung tempat dan konten yang dibutuhkan bagi pelatihan ini," urainya.

Sementara Chairman and Founder Jababeka Group dan President University Setyono Djuandi Darmono berharap kerjasama ini bisa secepatnya terlaksana dan mampu memberi dampak besar kepada masyarakat. Karena pemerintah sangat membutuhkan kerja sama berbagai pihak untuk menangani corona.

Ia menilai bahwa antara Jababeka dengan Telkom memiliki dua kelebihan yang kalau disinergikan tak hanya akan meningkatkan skill bagi milenial, tapi juga pemecahan masalah pengangguran yang sedang dihadapi negara Indonesia.

“Banyak hal di Indonesia yang kalau kita bisa kembangkan akan menjadi mahal. Contohnya, kami banyak bergerak di bidang properti, tapi kalau tidak ditunjang dengan infrastruktur, maka nilainya tidak bisa besar. Oleh karenanya, saya optimis kerjasama ini bisa memberi kemajuan luar biasa, salah satunya membantu menekan angka pengangguran,” ungkap Darmono.

“Kami akan membuka pendaftaran di minggu keempat bulan Juni di websitewww.arkademy.com/jababeka. Untuk proses seleksinya akan ditangani oleh tim arkademy,” tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.