Sukses

Kanwil DJP Jaktim Gandeng Artis Pemeran Milea Ajak Masyarakat Lapor SPT

Liputan6.com, Jakarta - Kantor wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jakarta Timur mengadakan kegiatan "Testimoni dan Talkshow bersama Public Figure di Lingkungan Kanwil DJP Jakarta Timur," kegiatan itu dilaksanakan di Jakarta Golf Club, Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Dalam kegiatan ini, public figure yang hadir yakni Sissy Pricilia, Rifat Sungkar, Vanesha Prescilla, Yusuf Mansur, Ely Sugigi, Anto Hoed (Suami Melly Goeslaw), Roy Marten, Andy Arsyil, Mansyur S dan Angga Chandra. Selain itu juga dihadiri oleh jajaran eselon kanwil DJP Jakarta Timur.

Kepala Kanwil DJP Jakarta Timur Arfan, mengatakan tujuannya mengundang public figur supaya bisa mengajak masyarakat untuk mengingatkan agar melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak, yang akan berakhir 31 Maret 2020.

"Teman-teman public figur yang hadir ini sudah membayar pajak, yang kami inginkan public figur itu punya pengikut yang banyak, tugas kami memang mensosialisasikan, namun kami perlu bantuan public figur, kami yakin pesan yang disampaikan akan terasa," kata Arfan.

Selain itu, ia meyakini kalau public figur itu memiliki kekuatan yang besar agar bisa mengajak masyarakat bayar pajak. "Ayo Segera melaporkan SPT, karena public figur sekali bergaum kuat sekali," ujarnya.

Selain itu, dalam kesempatan yang sama beberapa public figur menyampaikan testimoninya setelah bayar pajak atau melaporkan SPT. Salah satunya aktor senior di Indonesia, Roy Marten, mengungkapkan dirinya selalu giat membayar pajak sebelum jatuh tempo. Roy juga mengatakan banyak rekan public figur lainnya yang belum tahu cara membayar pajak, sehingga membuat kesan bahwa mereka tidak ingin bayar pajak..

"Saya senang hari ini bisa hadir, namun ada beberapa jenis artis wajib pajak, pertama, punya nama besar tapi penghasilannya sudah turun, kedua, artis yang baru meledak (naik daun) tapi belum kena pajak, ketiga, ada yang honornya tinggi yang sudah bayar pajak, ada juga yang berpenghasilan tinggi bukannya mau bayar pajak, tapi sudah merasa dipotong pajak," jelas Roy.

 

2 dari 3 halaman

Artis Bayar Pajak

Roy pun mengatakan bahwa kehidupan public figure itu boros, ketika mendapatkan bayaran dari hasil bekerja dalam dunia entertainment, banyak yang mengira sudah dipotong pajak, tapi nyatanya belum, sehingga membuat public figur itu bingung.

"Para artis ini biasanya hidupnya boros kalau boleh mislanya penghasilan saya dipotong 8 persen ya gak apa-apa, mending dipotong di depan," ujarnya.

Sekali lagi, Roy menegaskan bahwa jima ada public figure yang belum bayar bukan berarti tidak mau bayar, tapi ga tau caranya. Ia pun mengungkapkan ucapan terimakasihnya kepada pihak Perpajakan yang tak henti-hentinya mengingatkan agar semuanya rajin bayar pajak.

Selanjutnya, YouTuber Angga Candra, juga menyampaikan testimoninya setelah bayar pajak. Dirinya mengaku sebelum ia berpikir untuk membayar pajak, ia merasa takut dengan kata "Pajak".

"Kemarin saya dapat undangan dari pajak, saya kaget, ternyata banyak oranv takut terhadap pajak, bahwa pajak dinilai sosok yang menakutkan. Cuman temen-temen mencoba meyakinkan, kalau pajak itu tidak menakutkan sama sekali, dan awalnya aku tangkep kesannya pajak itu ribet," kata YouTuber dengan 3,4 subscriber itu.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

  • SPT adalah surat yang isinya tentang pemberitahuan pelaporan perhitungan pajak.
    SPT
  • Pajak adalah pungutan yang diwajib dibayarkan oleh penduduk sebagai sumbangan wajib kepada negara atau pemerintah.
    Pajak
  • Milea
  • Artis