Sukses

6 Kiat Sukses Biar Tak jadi Pengangguran Usai Lulus Kuliah

Liputan6.com, Jakarta - Seusai wisuda, tentu Anda berharap bisa langsung dapat pekerjaan. Namun, kenyataannya di luar sana, mencari kerja bukanlah hal yang gampang, walau dengan modal gelar sarjana sekali pun. Oleh karena itu, Anda butuh kiat khusus, agar nantinya tak nganggur setelah menggunakan toga.

Lakukan 6 kiat jitu di bawah ini, agar nantinya pekerjaan langsung menanti Anda setelah wisuda. Ini dia ulasannya dari Swara Tunaiku!

1. Bangun Jaringan dari Semasa Kuliah 

Tak bisa disangkal, bahwa link atau jaringan yang dimiliki, bisa mengantarkan Anda pada pekerjaan yang diinginkan. Makanya, saat masih menuntut ilmu di bangku perkuliahan, bangun jaringan Anda seluas mungkin.

Binalah hubungan yang baik dengan dosen, teman, serta relasi di tempat magang. Siapa tahu, salah satu dari mereka bisa memudahkan Anda mencari kerja kelak. 

2. Aktif Mengikuti Organisasi 

Percayalah, pengalaman Anda dalam mengikuti organisasi akan sangat dibutuhkan dalam dunia kerja.

Kebanyakan perusahaan mencari karyawan yang telah terasah kemampuan memimpinnya, komunikasinya, koordinasinya, serta kerja samanya dengan orang lain.

Kemampuan seperti ini tentu saja bisa Anda dapatkan, dengan mengikuti ragam organisasi yang ada di kampus Anda. 

Agar nantinya bisa terlibat aktif di organisasi tersebut dan bukan jadi silent member saja, pastikan Anda mengikuti organisasi yang sesuai dengan minat.

Misalnya, jika Anda tertarik dengan dunia jurnalistik, Anda bisa mengikuti organisasi yang bergerak dalam penerbitan surat kabar kampus. Dengan begini, dot skill Anda jadi bisa terasah dan hobi yang dimiliki pun jadi bisa tersalurkan. 

2 dari 4 halaman

3. Aktif dalam Mengikuti Program Magang

Pengalaman kerja merupakan aset yang sangat dihargai oleh banyak perusahaan. Lalu, bagaimana bisa Anda mendapatkan pengalaman kerja, jika Anda bahkan belum tamat kuliah? Pengalaman kerja bisa Anda dapatkan lewat mengikuti program magang.

Jika performa ditampilkan bagus, bukan tak mungkin perusahaan tempat magang bersedia merekrut Anda jadi karyawan tetapnya.  

4. Serius dalam Mengikuti Setiap Materi Perkuliahan 

Walau banyak yang meremehkan teori yang diajarkan di bangku perkuliahan, bukan berarti Anda pun jadi berleha-leha dan tak serius dalam mengikuti perkuliahan.

Bukan hanya IPK bagus yang mungkin didapatkan, tetapi pengetahuan dan keterampilan Anda di bidang yang dipelajari juga akan mumpuni. Alhasil, jika ada tes masuk yang diberikan, Anda bisa dengan mudah melaluinya.

3 dari 4 halaman

5. Kumpulkan Portofolio Sebanyak Mungkin saat Kuliah

Jika ingin langsung mendapat pekerjaan seusai wisuda, maka biasakanlah untuk mengumpulkan portofolio sebanyak mungkin semasa kuliah. Portofolio ini merupakan kumpulan karya yang selama ini telah Anda ciptakan atau buat semasa kuliah.

Misalnya, bagi yang tertarik bekerja di bidang media, berikan portofolio berupa tulisan yang pernah dimuat di surat kabar atau situs berita. 

6. Jangan Tolak Pekerjaan yang Tak Sesuai Jurusan Kuliah 

Kebanyakan lulusan baru tak mau melamar pekerjaan yang tak sejalan dengan bidangnya. Alhasil, mereka melewatkan begitu saja kesempatan kerja yang tersedia.

Tak masalah jika sekiranya di awal, pekerjaan Anda tak sesuai dengan harapan. Namun, seiring berjalannya waktu, jenjang karier akan terus naik, kemampuan akan terasah dan Anda akan terus mendapatkan pengalaman baru.  

Jika tak ingin menambah banyak jumlah pengangguran di Indonesia seusai wisuda nanti, maka pastikan diri Anda siap memasuki dunia kerja sebelum wisuda.

Persiapan untuk bekerja bukannya dilakukan setelah wisuda, namun saat Anda masih duduk di bangku kuliah.

Bangun jaringan yang luas, serta aktif dalam organisasi merupakan beberapa kunci untuk tak nganggur setelah wisuda nanti.  

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Agent of Change, Gadis 16 Tahun Ini Bolos Sekolah demi Climate Change
Artikel Selanjutnya
Jauh dari Kata Mahal, Prewedding Sukses Lewat Tips Cerdas Ini!