Sukses

Pendaftaran CPNS 2019 Dibuka di Angka Cantik, Pukul 11.11 Malam

Liputan6.com, Jakarta - Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengabarkan, bahwa proses pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 di portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) sscasn.bkn.go.id  baru akan dibuka Senin (11/11/2019) malam pukul 23.11 WIB.

"Pertimbangannya ini lebih ke angka cantik, dan angka 11.11 adalah angka menarik untuk membuat semua orang aware. Ini yang kami coba tawarkan kepada masyarakat," ungkap Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen di Gedung BKN, Jakarta, Senin (11/11/2019).

Pendaftaran daring diagendakan akan dibuka sampai 24 November 2019, yang dilanjutkan dengan pengumuman hasil seleksi administrasi pada 16 Desember. Masa sanggah terhadap hasil seleksi administrasi dibuka 16 19 Desember, kemudian dilanjutkan dengan pengumuman masa sanggah pada 26 Desember. 

Dalam pengumuman resmi yang dikeluarkan BKN, instansi mengimbau kepada masyarakat agar terlebih dahulu membaca dan memahami segala ketentuan pendaftaran yang tertuang pada portal SSCASN. 

Jika pelamar menemui masalah atau kurang memahami penjelasan yamg tersedia, silakan buka kanal Frequently Asked Question (FAQ) dalam portal yang menyediakan jawaban atas persoalan yang umumnya menjadi kendala pelamar. 

Pada portal SSCASN juga ditayangkan daftar formasi CPNS yang mencakup nama instansi, jabatan, lokasi, pendidikan, jenlis formasi, dan jumlah formasi. Hal itu termuat pada kolom Iayanan informasi yang terletak di kanan atas halaman pertama portal. 

 

2 dari 4 halaman

Buku Petunjuk Pendaftaran

Pelamar juga dapat memahami alur pendaftaran dan tata cara registrasi di portal SSCASN dengan mengunduh Buku Petunjuk Pendaftaran CPNS 2019 pada kolom Alur di portal.

Selain Iayanan FAQ, portal SSCASN juga menyediakan Iayanan helpdesk daring yang dapat dijadikan sebagai media pengaduan. Selain itu, mulai 11 November 2019, BKN membuka Iayanan helpdesk luring (offline) di Kantor Pusat BKN, Jalan Mayjend Sutoyo No. 12 Jakarta Timur dan Kantor Regional BKN yang akan memberikan solusi jika kendala pelamar tidak terselesaikan melalui penjelasan FAQ dan helpdesk daring.

3 dari 4 halaman

Hore, Portal Pendaftaran CPNS 2019 Sudah Bisa Diakses

Pemerintah membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada hari ini. Badan Kepegawaian Negara (BKN) memastikan jika portal pendaftaran CPNS sudah bisa diakses pada pagi hari.

Namun demikian, untuk pendaftaran CPNS sendiri baru resmi dibuka pada pukul 23.11 WIB, malam hari.

"Pagi ini portal SSCASN sudah bisa dibuka ya, silahkan dicoba. Namun pendaftaran akan dimulai tetap pukul 11.11 nanti malam," ujar BKN dikutip dalam keterangan di Jakarta, Senin (11/11/2019).

Meski belum bisa melakukan pendaftaran, para pelamar CPNS bisa mengetahui informasi terkait CPNS 2019 melalui situs tersebut. Dengan demikian, para pelamar bisa mempersiapkan secara lebih matang untuk mengikuti seleksi CPNS tahun ini.

"Sudah banyak loh info yang bisa dipelajari di portal," kata BKN.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Waspada, Penipuan Pengangkatan CPNS Via WhatsApp Ramai Beredar
Artikel Selanjutnya
Jumlah Pelamar CPNS 2019 Tembus 5,05 Juta Orang