Sukses

Jadi Dirjen Pajak, Ini Tugas Berat Suryo Utomo

Pengalaman Suryo di Kementerian Keuangan cukup menjadi bekal untuk memimpin institusi pajak ke depan.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Keuangan Sri Mulyani baru saja melantik Suryo Utomo menjadi Direktur Jenderal Pajak. Dalam arahannya, dia mengatakan menjadi Dirjen Pajak adalah tugas berat karena 70 persen penerimaan negara berasal dari pajak.

"Saya memilih kata sangat berat karena 70 persen penerimaan di dalam APBN kita untuk mendukung seluruh aktivitas republik ini adalah berasal dari Direktorat Jenderal Pajak," ujarnya di Kantor Kemenkeu, Jakarta, Jumat (1/11).

Sri Mulyani menilai, pengalaman Suryo di Kementerian Keuangan cukup menjadi bekal untuk memimpin institusi pajak ke depan. "Suatu perjalanan karir yang saya anggap sangat lengkap untuk bisa menyiapkan diri di dalam posisi sebagai Dirjen pajak," jelasnya.

Dia melanjutkan, tugas Direktorat Jenderal Pajak sangat penting, namun perlu untuk diingat bahwa seluruh pemangku kebijakan harus bekerja dengan tema Indonesia maju dan harus dapat maju bersama menghadapi tantangan.

"Indonesia hanya akan bisa maju apabila pejabat-pejabat terutama di dalam jajaran pajak dan bea dan cukai adalah mereka-mereka yang senang tidaknya wajib tapi senang melayani secara ikhlas bagi kegiatan ekonomi Indonesia," jelasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pekerjaan Berat Suryo Utomo

Sri Mulyani mengatakan, pekerjaan berat Suryo Utomo ke depan adalah mampu tetap menjaga momentum penerimaan negara namun tidak boleh merusak iklim bisnis dan investasi. Selain itu, Ditjen Pajak juga harus mampu menjaga penerimaan negara dari sisi ekonomi digital dan e-commerce.

"Karena itu adalah titipan yang diberikan langsung oleh Presiden, kepada pak Suryo dan melalui saya agar Dirjen pajak mampu tetap menjaga momentum penerimaan negara namun tidak boleh merusak iklim bisnis dan investasi suatu kombinasi tujuan yang berat," jelasnya.

"Direktorat Jenderal Pajak harus makin diperkuat kita juga menghadapi tantangan perubahan teknologi di mana ekonomi digital dan e-commerce menjadi sangat penting dan menentukan urusan perpajakan dan penerimaan pajak bagi ekonomi digital dan e-commerce Masih pada tahap formulasi awal," sambungnya.

Suryo juga diharapkan mampu melakukan reformasi di bidang reformasi Sumber Daya Manusia. Sebab, sumber daya manusia yang baik dan berkualitas akan menciptakan pegawai yang penuh integritas.

"Integritas dari ujung atas hingga ujung di hulu dan hilir di bawah semuanya seragam dan perlu kita perlu terus menata organisasi Direktorat Jenderal Pajak dan mengelola data yang begitu kaya," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.