Sukses

3 Cara Membuat Otak Kembali Menjadi Positif

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda menyadarinya atau tidak, pengalaman negatif sering memengaruhi keputusan. Otak Anda belajar dari situasi yang sulit dan kenangan yang menyakitkan, dan pengalaman-pengalaman ini disegel ke dalam otak.

Otak secara alami ingin melakukan apa pun yang dapat melindungi Anda dengan menghindari terulangnya pengalaman negatif. Namun, terus fokus pada hal negatif dapat menghalangi kemampuan kita untuk menemukan hal positif dan menjalani hidup yang bahagia.

Sukses didasarkan pada mengenali dan mengejar peluang ketika mereka menampilkan diri dan sering membutuhkan keteguhan batin untuk mengambil kesempatan.

Semakin Anda memancarkan sikap positif, semakin baik peluang menemukan kesuksesan dan kebahagiaan. Hal yang dibutuhkan hanyalah sedikit pelatihan dan fokus, dan Anda dapat mengembalikan otak ke arah yang positif.

Dikutip dari Laruno.id, berikut tiga cara untuk menghidupkan kembali otak menjadi positif:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Bebaskan Hal Negatif dari batin

Jika Anda membiarkan diri selalu memikirkan hal-hal negatif, maka kebiasaan skeptis dalam menjalankan hidup akan memengaruhi keputusan Anda.

Anda secara otomatis mengundurkan diri ke siklus keraguan dan ketidakpercayaan. Sulit untuk membangun kesuksesan ketika Anda melangkah ke posisi negatif.

Langkah pertama adalah membiarkan hal negatif pergi. Kendalikan pikiran dan arahkan ke arah positif.

Anda dapat mulai melakukan ini dengan secara sengaja dan sering memusatkan pikiran Anda pada hal-hal yang membuat Anda bahagia.

Salah satu tip sederhana adalah menenangkan pikiran Anda ketika Anda merasa lelah, stres atau terganggu.

Memperlambat segalanya, ambil napas dalam-dalam dan kosongkan pikiran Anda dari pikiran negatif, fokus untuk mengisi paru-paru Anda dengan udara. Sekarang Anda siap untuk reboot positif.

3 dari 4 halaman

2. Melatih otak Anda untuk membalik negatif menjadi positif

Bahkan setelah bertahun-tahun tanpa sadar memusatkan perhatian pada hal-hal negatif, adalah mungkin untuk melatih kembali otak Anda untuk melihat dan fokus pada hal yang positif.

Langkah pertama adalah menyadari pola berpikir Anda. Mulai lebih memperhatikan aliran pikiran Anda. Apakah otak Anda sibuk dengan fokus pada hasil negatif? Apakah Anda terjebak dalam lingkaran pemikiran sinis?

Sadari bahwa pemikiran negatif tidak akan mendukung Anda dalam menciptakan kesuksesan jangka panjang. Anda membutuhkan pikiran yang seimbang ketika Anda memutuskan peluang mana yang terbaik untuk diambil.

Salah satu cara sederhana untuk mulai melakukan ini adalah dengan memindai tiga hal positif setiap hari. Buat tiga daftar hal baik yang terjadi pada Anda dan renungkan apa yang menyebabkannya terjadi.

Berfokuslah pada kemenangan kecil yang Anda miliki setiap hari dan gunakan itu untuk memberdayakan dan memotivasi diri sendiri.

4 dari 4 halaman

3. Ciptakan siklus sukacita

Ketika Anda baik kepada orang lain, ketika Anda terlibat dalam tindakan kebaikan dan membuat orang lain merasa baik, Anda meningkatkan kebahagiaan diri Anda sendiri. Bahkan tindakan kecil yang membuat orang lain tersenyum dapat membawa sukacita bagi Anda. Melakukan sesuatu yang baik juga merupakan cara ampuh untuk menghentikan lingkaran negatif.

Anda akan menemukan bahwa meluangkan waktu sejenak untuk melakukan bantuan kecil seperti membelikan seseorang secangkir kopi atau membantu orang asing dapat memberi Anda sedikit dorongan, itu seperti kebahagiaan instan. Gunakan perasaan positif itu untuk menyalurkan pemikiran Anda ke dalam pola positif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.