Sukses

Keuntungan Saat Miliki 2 Kartu Kredit Sekaligus

Liputan6.com, Jakarta Meski kartu kredit memberikan banyak kemudahan dan keuntungan, nyatanya masih banyak orang yang takut untuk memilikinya. Hal ini tak lepas dari iming-iming utang yang muncul dari kartu kredit.

Daripada terlanjur terjerumus utang, lebih baik sama sekali tidak punya kartu kredit. Sebenarnya cukup masuk akal, tetapi sayang rasanya bila tidak menggunakan kartu sakti yang satu ini.

Apalagi di era modern seperti sekarang yang semuanya serba praktis. Jangankan transaksi, makan saja pun sudah sangat praktis.

Yakin masih mau menolak kehadiran kartu kredit? Berikut ini bukti punya kartu kredit lebih dari satu lebih menguntungkan, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Tidak Pernah Ketinggalan Mendapatkan Barang Diskon

Bagi yang suka berbelanja, sangat disayangkan bila harus melewatkan berbagai diskon menarik. Selain mendapatkan diskon utama yang diberikan oleh toko atau merchant, ada lagi diskon tambahan dari kartu kredit.

Total diskon yang didapatkan pun tidak main-main karena jumlahnya bisa mencapai 70 persen sekaligus. Coba bayangkan berapa banyak rupiah yang berhasil dihemat kalau belanja menggunakan kartu kredit.

Itu masih satu kali belanja saja. Jika Anda belanjanya rutin untuk kebutuhan sehari-hari, tentu akan sangat menghemat pengeluaran, bukan?

Diskon ini bisa didapatkan dari merchant atau toko yang bekerja sama dengan bank penerbit kartu kredit. Jadi, bagi yang suka belanja, cobalah mencari kartu kredit yang ditujukan khusus untuk berbelanja.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 5 halaman

2. Makan Enak dengan Harga Murah

Bagi yang hobi kuliner, silakan manfaatkan kartu kredit untuk menggeluti hobi itu. Anda bisa berburu kuliner terbaru dengan harga yang cukup terjangkau. Tapi dengan syarat, semua tagihan harus dibayarkan menggunakan kartu kredit.

Beberapa bank sering menawarkan promo makan dengan harga murah yang pastinya tidak bikin kantong jebol. Biasanya promo yang ditawarkan beragam, mulai buy one get one hingga pembelian dengan poin reward.

Sama seperti belanja, diskon kuliner ini juga diberikan untuk transaksi di restoran atau kafe tertentu saja. Jadi Anda harus banyak mencari informasi untuk menikmati promo yang sedang berlangsung.

3. Rencana Traveling Mudah Terwujud

Travelling memang menghabiskan banyak uang. Anda perlu menabung sekian bulan atau tahun dulu agar uangnya bisa terkumpul. Tapi sekarang, ada kartu kredit yang siap menutup sebagian biaya travelling, misalnya tiket pesawat atau penginapan.

Pemenuhan biaya ini tentunya bukan berupa uang tunai, melainkan potongan harga dengan persentase tertentu. Kalau dihitung-hitung sebenarnya cukup lumayan, apalagi bila travelling ke luar negeri. 

Meskipun ada kartu kredit, tapi Anda tetap harus menyiapkan uang tunai juga, misalnya untuk biaya asuransi perjalanan, mengurus paspor, visa dan sebagainya. Dengan demikian, rencana travelling tidak melulu hanya tinggal kenangan. 

3 dari 5 halaman

4. Banyak Program ‘Reward’ Menarik

Inilah keuntungan yang bisa didapatkan dengan cuma-cuma saat bertransaksi menggunakan kartu kredit. Semakin banyak transaksi yang dilakukan, makin besar juga kesempatan menikmati reward yang diberikan bank penerbit. 

Reward yang diberikan sangatlah bervariasi, bisa berupa voucher belanja, diskon, dan lain sebagainya. Hanya saja, program reward ini memiliki batasan waktu sehingga klaimnya harus sesuai dengan batas waktu yang sudah ditentukan.

Satu hal lagi, poin reward berlaku dalam satu tahun saja. Setelah itu, poin akan expired atau kadaluarsa. Seringlah mengecek masa berlaku poin untuk memaksimalkan fungsinya nanti.

5. Punya Peluang Dapatkan Doorprize Menarik

Pada waktu tertentu, bank juga sering bagi-bagi doorprize menarik kepada nasabah. Hadiah kejutan ini pun tentu sangat beragam, tergantung kebijakan masing-masing bank.

Sebagai nasabah, Anda berhak mendapatkan nomor undian untuk mendapatkan doorprize ini. Sangat menguntungkan, bukan? Coba bayangkan kalau tidak punya kartu kredit atau tidak terdaftar sebagai nasabah aktif, maka Anda tidak akan bisa mendapatkan penawaran menarik ini. 

Maka dari itu, gunakan kartu kredit sesering mungkin untuk memperbesar peluang guna mendapatkan doorprize menarik. Tapi kontrol penggunaan untuk mencegah menumpuknya tagihan kartu kredit. 

4 dari 5 halaman

6. Bisa Mendapatkan Manfaat Bervariasi

Selain mempermudah saat travelling, kartu kredit juga membuat kuliner ataupun shopping jadi lebih mudah dan praktis, juga hemat. Urusan diskon, Anda tidak perlu khawatir karena bank sudah menetapkan persentase masing-masing untuk semua jenis kebutuhan Anda.

Manfaat inilah yang tidak bisa didapatkan dari kartu pembayaran yang lain. Bayangkan kalau Anda punya dua kartu kredit, maka manfaat yang didapatkan akan lebih bervariasi lagi.

Agar tagihan tidak membengkak, coba atur penggunaan kartu berdasarkan fungsi utamanya masing-masing. Jika satu kartu kredit khusus untuk travelling, satunya bisa untuk belanja kebutuhan sehari-hari.

7. Penyelamat saat Keadaan Genting

Sekarang kamu tidak perlu khawatir apabila isi rekening tabunganmu kosong. Ada kartu kredit yang siap menutup sebagian biaya yang diperlukan, terutama untuk peristiwa genting seperti kecelakaan atau sakit. 

Penggunaan kartu kredit untuk keadaan genting memang tidak disarankan. Tetapi kalau memang perlu, maka kartu sakti ini bisa jadi penyelamat. Alhasil, Anda tidak keteteran saat hendak mencari dana tambahan.

5 dari 5 halaman

8. Punya Limit Kredit yang Lebih Besar

Limit kartu kredit yang satu terbatas? Jangan khawatir karena masih ada kartu kredit kedua yang limitnya bisa dimanfaatkan. Kalau masih ada kartu kredit yang lain, maka Anda juga bisa menggunakan limitnya untuk bertransaksi.

Sejatinya, hal ini memang akan menambah pengeluaran. Tapi selagi kondisi keuangan cukup untuk membayar semua tagihan, kenapa enggak? Sah-sah saja kalau Anda punya banyak kartu kredit. 

9. Punya Fasilitas Kartu Cadangan

Bank juga menyediakan fasilitas kartu kredit cadangan yang bisa digunakan oleh orang lain, seperti suami, istri, atau anak. Menariknya lagi, Anda bisa mengatur limit dan memantau penggunaan kartu kredit cadangan untuk menghindari membengkaknya tagihan.

Kartu kredit cadangan bisa diperoleh langsung dari bank. Untuk mendapatkannya, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan pihak bank. 

Kartu Kredit sebagai Penyelamat dalam Hidup

Kartu kredit tidak selamanya membawa bencana bagi hidup ANda. Asal digunakan dengan bijak, maka kartu kredit bisa jadi penyelamat hidup yang dapat membuat kondisi finansial Anda semakin terkontrol. Jadi, jangan pernah takut atau anti untuk punya kartu kredit, ya? Karena Anda bisa mendapatkan banyak manfaat yang mengutungkan jika bijak menggunakannya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Ini Pentingnya Kartu Kredit untuk Kembangkan Bisnis Online!
Artikel Selanjutnya
Tahukah, Melakukan Ini di Akhir Pekan Bikin Sulit Sukses