Sukses

Terminal 4 Bandara Soetta Bisa Tampung 45 Juta Penumpang

Perancangan desain terminal 4 Bandara Soetta memakan waktu 12 bulan.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama PT Angkasa Pura II (AP II) Muhammad Awaluddin mengatakan, terminal 4 Bandara Soekarno Hatta (Soetta) bisa menampung hingga 45 juta penumpang per tahun setelah selesai dibangun.

Ini berarti, terminal 4 akan jadi terminal terbesar di bandara seluruh Indonesia.

"Secara umum kapasitas terminal akan dimaksimalkan karena itu lahan terakhir kita. Sehingga kalau ditanya idealnya, kapasitasnya bisa 45 juta penumpang per tahun. Bandingkan terminal 3 saja hanya 25 juta. Dengan luasan yang hampir sama, kapasitasnya hampir 2x lipat. Ini butuh kejelian bagaimana kapasitas itu bisa bikin nyaman," ungkapnya di Tangerang, Rabu (09/10/2019).

Awaluddin melanjutkan, perancangan desain terminal 4 Bandara Soetta memakan waktu 12 bulan. Setelah proses perancangan desain selesai, maka akan masuk tahap lelang tender yang tenggat waktunya mencapai 6 bulan.

"Sehingga kalau 12 bulan design, 6 bulan tender itu, kan, sudah masuk tahun 2021, lalu kita bisa mulai konstruksi. Presiden mintanya 3 tahun, jadi, 2024 diharapkan bisa selesai. Konstruksi juga, kan, ada persiapan seperti demolish gedung, land clearing dan lain sebagainya," tuturnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Finalisasi Rancangan

Saat ini, perancangan desain terminal 4 sedang memasuki tahap finalisasi keputusan pemenang lelang tender desain. Awaluddin menyatakan, paling lambat bulan depan, pemenangnya akan diputuskan.

"Saya harap tidak lewat dari 2019, ya, bulan ini atau paling lambat bulan depan (sudah ada pemenang tender) agar tim bisa langsung bekerja," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini