Sukses

5 Film yang Bisa Jadi Inspirasi Entrepreneur

Menonton film bisa menjadi salah satu cara terbaik mencari inspirasi.

Liputan6.com, Jakarta Motivasi untuk memulai bisnis bisa datang dari mana saja. Anda bisa mendapatkannya dari dorongan keluarga, pelatihan kewirausahaan, membaca buku, bahkan dari film-film yang memotivasi.

Bagi sebagian orang, film tidak hanya dijadikan sebagai sarana hiburan semata, film juga bisa menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi mereka yang ingin memulai bisnis sendiri.

Tidak ada yang tidak suka menonton film, sebagian orang pasti suka menonton film. Film seringkali mencerminkan kehidupan seseorang, tetapi tidak jarang kehidupan meniru apa yang terdapat di dalam film.

Dikutip dari laman TunaiKita, berikut ini ulasan mengenai film yang mungkin akan memotivasi Anda yang baru merintis bisnis. 

Film Motivasi untuk Para Entrepreneur

1. Wall Street 

 

Film motivasi pertama yang bisa menjadi pilihan Anda untuk mengisi waktu luang yaitu Wall Street. Wall Street diluncurkan pada tahun 1987.

Film ini sangat berhubungan dengan kalian yang baru akan merintis bisnis. Film ini bertema seputar dunia saham dan cocok untuk Anda yang ingin memulai bisnis.

Lema Wall Street sendiri populer dikenal dari nama jalan sepanjang delapan blok di distrik finansial bernama yang sama di New York, Amerika Serikat.

Di distrik inilah berdiri New York Stock Exchange, pasar saham terbesar di A.S, serta beberapa pasar lainnya seperti NASDAQ, New York Mercantile Exchange (pasar berbasis komoditas), dan lain-lain. Film ini bercerita tentang sepak terjang pemain di area Wall Street.

Di era 80-an, Amerika memang dilanda demam merger dan akuisisi yang kalap. Para pemegang kapital raksasa seperti selalu kehausan untuk beraksi mencaplok perusahaan, menggabungkan perusahan, lalu melikuidasi atau menjualnya demi keuntungan cepat.

Di era 80-an ini A.S. juga mengalami kejatuhan besar pasar saham pada 1987. Di masa inilah latar belakang film ini dibuat. Jadi, film ini bisa memotivasi dan menginspirasi Anda dalam dunia bisnis. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Moneyball

Film motivasi yang satu ini bercerita tentang seorang mantan pemain baseball bernama Billy Beane dan sekarang menjadi pelatih tim baseball Oakland.

Dalam cerita ini, tim baseball yang dilatih oleh Billy Beane tersebut sedang mengalami masalah besar dan hampir bangkrut.

Billy beane pun pergi untuk mencari pekerjaan lain dengan harapan mendapat gaji yang lebih tinggi, sayangnya ia tak kunjung mendapatkannya.

Suatu hari Billy bertemu dengan Peter Brand, ia mulai berbincang atas apa yang dialaminya dan akhirnya Peter mau menjadi asisten. Kemudian mereka mencari beberapa orang untuk menjadi pemain dan mereka mendapatkannya. 

Namun, masalah tak hanya itu saja, setelah memiliki tim inti mereka justru mengalami banyak sekali kekalahan berturut-turut.

Sampai akhirnya mereka berlatih dengan sangat keras dan keberuntungan pun datang. Billy dan timnya memenangkan 20 pertandingan berturut turut.

Pesan moral yang bisa diambil dari film ini agar Anda tidak mudah menyerah dan terus berusaha hingga tujuanmu tercapai.

 

3 dari 5 halaman

3. Catch Me If You Can

Film yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio dan Tom Hanks ini sangat menginspirasi siapa saja yang ingin memulai karier atau bisnis.

Tema film ini juga tidak jauh dari dunia pekerjaan. Namun, perbedaan yang dimiliki dibandingkan dengan film box office lainnya adalah banyak penggalan implisit yang harus dipelajari secara mendalam dari adegan demi adegannya. 

Film ini mengisahkan tentang kehidupan Frank Abagnale Jr. Frank memiliki sebuah moto, yaitu “People believe what you tell them”. Selain intrik, ada berbagai permasalahan dan tantangan yang harus dihadapi oleh Frank.

Jika Anda menontonnya dengan teliti, sebenarnya ada banyak pelajaran yang bisa dipetik untuk kehidupan dalam film tersebut, lo!

4 dari 5 halaman

4. The Social Network

Film motivasi yang satu ini menyajikan perjalanan di balik layar bagaimana Mark Zuckerberg membuat Facebook dan cerita-cerita kurang menyenangkan dalam usahanya merintis media sosial yang kini menjadi sangat populer tersebut.

Ada cuplikan film yang menyatakan, “Anda tidak dapat mempunyai 500 juta teman tanpa mempunyai beberapa musuh.”

Poin ini sangat ditekankan dalam film, dimana dikisahkan Zuckerberg menjalani banyak tuntutan hukum dan rintangan dalam pendanaan.

Untuk melalui itu semua, Zuckerberg bersikap fleksibel dalam mengembangkan Facebook agar sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pengguna. Dia juga mengalami pelajaran yang menyakitkan tentang pentingnya memiliki kontrak yang mengikat.

Film ini menawarkan beberapa insight penting bagi calon pengusaha, termasuk bahwa ini bukan tentang siapa yang memiliki ide, akan tetapi tentang siapa yang bisa mengeksekusinya.

5 dari 5 halaman

5. The Founder

The Founder merupakan film biografi yang menceritakan perjalanan bisnis McDonald. Film ini digarap oleh John Lee Hancock dan diproduseri oleh Don Handfield, Karen Lunder, Jeremy Renner, dan Aaron Ryder.

Film ini menceritakan kisah nyata Ray Kroc yang berhasil membangun bisnis franchise McDonald sampai ke lingkup nasional. Namun, kesuksesannya harus dibumbui oleh drama oleh penemu awal Mc Donald yaitu Mac dan Dick. 

Film ini merupakan rilisan tahun 2017, cerita ini diawali dengan kisah Ray Kroc yang merupakan salesman mesin pembuat milkshake.

Kala itu, dirinya bisa dibilang tidak sukses dalam bisnisnya karena sering mendapatkan penolakan ketika menawarkan produknya tersebut. Tapi, Ray Kroc merupakan sosok entrepreneur sejati dan memiliki visi dan pandangan yang luas. Setiap ingin tidur, ia selalu mendengarkan rekaman motivasi agar dapat bangkit.

Suatu saat, Kroc mendapatkan pesanan sejumlah 6 mesin milkshake ke restoran burger bernama McDonald di Belleville.

Saat sampai di tempat, Kroc terkejut dengan toko yang dimiliki dua bersaudara Mac dan Dick.

Saat itu, terlihat restoran McDonald ramai oleh pengunjung, ia pun penasaran dan ternyata layanan untuk menyediakan makanan dari Mc Donald hanya membutuhkan 30 detik, padahal saat itu rata-rata restoran menyediakan makanan membutuhkan waktu 30 menit.

Akhirnya, bertemulah Krock dengan pemilik McDonald saat itu, Mac dan Dick. Mereka menceritakan bahwa sistem dapur mereka atur sendiri untuk mendapatkan efisiensi dalam proses produksi dan hasilnya memuaskan.

Kemudian, Kroc pun mengajak Mac dan Dick untuk mengembangkan franchise (waralaba) McDonald. Namun, si Mac dan Dick yang punya pikiran sempit menolak itu dengan alasan kualitas kontrol yang tidak terjamin. Dan ia mencoba membujuk mereka lagi dan mengucapkan kata sebagai entrepreneur sejati.

Film The Founder merupakan kisah nyata dari Ray Kroc yang berhasil membangun McDonald berkembang seperti sekarang.

Sisi positif yang dapat diambil dari film ini yaitu Sobat lebih tahu wawasan dan sejarah tentang McDonald. Apalagi kalian yang ingin membuat startup pasti kalian membutuhkan pelajaran dari film ini.

Isi Akhir Pekan dengan Film-Film yang Menginspirasi

Ilmu pengetahuan bisa didapatkan dari mana saja. Salah satunya, dengan menonton film. Nah, semoga rekomendasi film-film yang kami berikan dapat menginspirasi dan memotivasi Anda dalam menjalankan semua tujuan yang ingin dicapai. Semoga membantu!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.