Sukses

AirAsia Buka 2 Rute Baru ke Belitung

Liputan6.com, Jakarta AirAsia terus melanjutkan ekspansinya dengan mengumumkan peluncuran dua rute terbarunya yang menghubungkan Jakarta (CGK) dan Kuala Lumpur (KUL), Malaysia dengan Tanjung Pandan (TJQ), Belitung.

Penerbangan Jakarta - Belitung dengan frekuensi 7 kali seminggu akan beroperasi mulai 1 Oktober 2019, sementara rute Kuala Lumpur - Belitung akan terbang 4 kali dalam seminggu mulai 2 Oktober 2019. Kedua rute tersebut akan dilayani oleh AirAsia Indonesia (kode penerbangan QZ) menggunakan pesawat Airbus A320 berkapasitas 180 kursi.

Direktur Utama AirAsia Indonesia Dendy Kurniawan mengatakan, ekspansi ini merupakan wujud langkah strategis AirAsia dalam mendukung Belitung sebagai destinasi pariwisata unggulan tanah air.

"Luasnya jaringan rute AirAsia secara grup memungkinkan pelanggan kami dari berbagai destinasi untuk melanjutkan penerbangannya ke Negeri Laskar Pelangi yang potensi wisatanya sungguh luar biasa melalui Kuala Lumpur," kata Dendy kepada wartawan, Senin (19/8/2019).

Dendy menegaskan, Belitung merupakan sebuah pulau dengan keindahan alam yang memukau, terletak di lepas pantai timur Sumatera, Indonesia. Dengan dikelilingi oleh lebih dari 100 pulau kecil, Belitung memiliki pantai-pantai eksotis dengan pasir putih dan bebatuan besar. Belitung juga populer sebagai lokasi dari film berjudul Laskar Pelangi di tahun 2008 silam.

"Sementara itu, penerbangan langsung Jakarta - Belitung AirAsia menambah portfolio konektivitas domestik kami yang terus berkembang. Tiket domestik kami juga sudah termasuk bagasi gratis 15 kg, sehingga menjelajahi keindahan alam Indonesia tentunya kini tidak hanya hemat namun juga menyenangkan," lanjut Dendy.

 

2 dari 4 halaman

Promo Harga Tiket

Untuk merayakan pembukaan rute terbaru ini, AirAsia menawarkan harga promo penerbangan Jakarta ke Belitung mulai dari Rp294.000, serta penerbangan Belitung ke Kuala Lumpur mulai dari Rp299.000.

Promo ini hanya berlaku untuk pembelian melalui situs airasia.com atau mobile app AirAsia mulai 19 - 25 Agustus 2019 untuk periode penerbangan Belitung - Jakarta 1 Oktober 2019 sampai 28 Maret 2020, sedangkan Belitung - Kuala Lumpur 2 Oktober 2019 sampai 28 Maret 2020.

Dijelaskan Dendy, Belitung menawarkan keindahan alamnya yang istimewa, di mana kita bisa menikmati pemandangan birunya laut dengan halusnya pasir putih Pantai Tanjung Kelayang yang termasuk destinasi prioritas “10 Bali Baru”, Pantai Tanjung Tinggi, serta Danau Kaolin.

Selain itu, para pelancong juga dapat menjelajah tujuan wisata unik lainnya yang ditawarkan seperti Goa Kelayang, Kelapa Kampit Open Pit, Pulau Kepayang Turtle Conservation dan Air Terjun Gurok Beraye.

"Peluncuran kedua rute terbaru ini melanjutkan tren ekspansi yang tengah dilakukan AirAsia di Indonesia, di mana sejak awal tahun ini AirAsia telah membuka rute penerbangan langsung dari Jakarta ke Lombok, Semarang, dan Sorong, dari Bali ke Lombok dan Labuan Bajo, lalu dari Lombok ke Yogyakarta Kulon Progo dan Perth, Australia, serta dari Surabaya ke Kertajati, Majalengka," pungkasnya.

3 dari 4 halaman

Soal Harga Tiket Pesawat, Pengusaha Ingin AirAsia Kembali Bersaing

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menyarankan Pemerintah Indonesia dapat membuka keran persaingan usaha pada industri penerbangan udara. Ini dilakukan selain untuk menekan harga tiket pesawat, juga memberikan alternatif pilihan bagi masyarakat.

Ketua Umum Apindo, Hariyadi Sukamdani mengatakan, selama ini maskapai di Indonesia hanya ada dua kelompok besar yaitu Garuda Indonesia dan Lion Air. Sedangkan persiangan harga yang diberikan pada dua kelompok ini pun tidak berbeda jauh.

"Ini gak bisa dianggap sepele karena masalah serius. pemerintah sudah kita beri tau. Salah satunya jalan menghadirkan kompetisi baru pemain yang diberikan porsi harus lebih besar untuk ngambil pasar besar," katanya saat ditemui di Jakarta, Selasa (23/7/2019).

Hariyadi menilai ada salah satu maskapai asing yang cukup potensial untuk bersaing dengan 2 kelompok besar tersebut.

Hanya saja, beberapa rute penerbangan yang diberikan terhadap maskapai itu masih sangat minim. Padahal, dari segi harga bisa bersaing.

"Salah satu calon adalah AirAsia. Penerbangan sebenernya adalah persaingan sempurna. Karena itu sudah terukur semua. Harga tiket pesawat berapa, tiket berapa," katanya.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Menikmati Pesona Raja Ampat yang Eksotik Tanpa Bikin Kantong Jebol
Artikel Selanjutnya
Kemenhub Dapat Tambahan Anggaran Rp 441,5 Miliar di 2020