Sukses

4 Tanda Anda Belum Siap Beli Rumah

Namun membeli rumah tak mudah. Banyak yang harus disiapkan terutama dana. Alasannya, harga rumah yang merupakan kebutuhan pokok tidak murah.

Liputan6.com, Jakarta - Membeli rumah merupakan keputusan yang sangat besar dalam hidup. Membeli rumah bisa untuk tempat tinggal maupun untuk investasi.

Namun membeli rumah tak mudah. Banyak yang harus disiapkan terutama dana. Alasannya, harga rumah yang merupakan kebutuhan pokok tidak murah. 

Jika Anda memiliki utang atau tidak memiliki dana darurat, mungkin Anda sebenarnya belum mampu membelinya saat ini.

Membeli rumah merupakan komitmen jangka panjang dan membutuhkan kekuatan finansial yang besar lebih dari sekedar mendapat gaji.

Berikut ini tanda Anda sebenarnya belum siap untuk membeli rumah:

 

1. Tidak memiliki dana darurat

Jika Anda pernah merasakan kemunduran finansial yang tidak terduga, maka saat itulah tabungan darurat dibutuhkan.

Sebaliknya jika Anda tidak memiliki tabungan darurat atau persiapan keuangan untuk hal-hal yang tidak terduga, bisa jadi Anda belum siap untuk bertangung jawab atas kepemilikan rumah.

2. Merencanakan pengeluaran besar dalam waktu dekat

Penting untuk mempertimbangkan anggaran perumahan dalam konteks tujuan masa depan. Jika Anda tidak memiliki rencana pengeluaran besar lainnya selain membeli rumah, maka bisa jadi Anda sudah siap memiliki rumah.

Tapi bila sebaliknya, Anda mungkin tidak siap menanggung tanggung jawab kepemilikan rumah dan tanggung jawab lainnya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Sedang terlilit utang

Tidak masalah memiliki hutang asal dalam jumlah yang sedikit. Jika Anda memiliki hutang yang banyak, bisa jadi menghambat Anda untuk membeli rumah. Sebab ketika Anda mengajukan hipotek, Anda akan ditanya mengenai semua hutang-hutang.

5. Tidak menyisihkan sisa uang

Walaupun Anda memiliki dana darurat, tetap saja Anda harus menyisihkan uang untuk tujuan lain yang di luar dugaan. Jika Anda tidak dapat menyisihkan, maka pertimbangkan untuk menunda pembelian rumah sampai finansial Anda lebih stabil.

Reporter: Chrismonica

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.