Sukses

8 Minuman Anggur Termahal di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa negara di dunia menganggap minuman sampanye merupakan hidangan akhir pekan atau biasanya diminum untuk merayakan sesuatu keberhasilan.

Ada beberapa merek dan jenis anggur yang memiliki harga sangat mahal. Tak hanya itu, ada juga beberapa tempat minuman anggur alias botol anggur yang juga dijual mahal.

Dikutip dari The Richest, Rabu (14/8/2019), beberapa minuman anggu ini ada yang berusia hingga ratusan tahun.

Berikut daftarnya:

1. Taste of Diamond (2013)

Anggur ini dibuat oleh Alexander Amosu bahan yang terkandung dalam minuman ini berupa Pinot Noir, Pinot Meunier, dan Grand Cru Chardonnay. Minuman ini menjadi mahal bukan karena kandungannya tetapi karena botolnya yang terbuat dari emas 18 karat dan berlian putih 19 karat.

Harga botolnya sendiri sekitar USD 200 atau setara Rp 2,8 juta (1 USD = Rp 14.223) Harga keseluruhan alias botol dengan isinya mencapai USD 1,8 juta atau Rp 25,6 miliar.

2. Screaming Eagle Cabernet Sauvignon (1992)

Minuman ini berisi enam liter dan hanya dijual dengan harga tinggi karena dijual di Lelang Napa Valley Wine. Hasil dari lelang tersebut dikirimkan ke badan amal dan harga botolnya sendiri berkisar USD 10.000 atau Rp 142 juta. Harga keseluruhan sebesar USD 500 ribu setara Rp 7,1 miliar.

3. Jeroboam of Chateau Mouton-Rothschild (1945)

Ada lebih dari 70 ribu botol anggur ini diperjual belikan tetapi hanya 24 botol yang dianggap. Minuman ini diproduksi tak lama setelah berakhirnya Perang Dunia II yang membawa era baru perubahan dalam masyarakat.

Kandungan di dalamnya terdapat tembakau dan buah krim yang memberikan rasa serta tekstur. Anggur ini dihargai sebesar Rp 4,4 miliar. 

2 dari 2 halaman

4. Cheval Blanc (1947)

Total 110 ribu botol diproduksi pada tahun 1947 dan dinobatkan sebagai anggur paling enak yang pernah diproduksi pada abad ke-20. Hal tersebut merupakan upaya keberanian untuk membuat sesuatu yang luar biasa. Makanya botol tua ini meraup harga setinggi Rp 4,3 miliar.

5. Armand De Brignac Rose (2013)

Botol ini dihargai dengan sangat mahal yaitu Rp 4 miliar karena ukurannya yang besar yaitu dapat menampung 30 liter anggur. Botolnya sendiri memiliki berat lebih dari seratus pound. Minuman ini bisa dapat dibeli di Las Vegas dan dibuat dengan jumlah terbatas.

Sebanyak delapan pekerja yang ikut berkontribusi dalam pembuatan botolnya sendiri.

6. Shipwrecked 1907 Heidsieck

Anggur ini ditemukan di dasar laut selama sekitar 30 tahun lamanya setelah kapal Swedia ditenggelamkan oleh German U-boat dan ditemukan pada tahun 1997.

Beruntungnya botol tersebut disimpan dalam kondisi bersih karena suhu dan tekanan air. Rasa yang membuat akhirnya anggur ini dihargai dengan mahal yaitu seharga Rp 4 miliar.

7. Chateau Lafite (1869)

Beberapa botol anggur ini dijual pada pelelangan di Hong Kong dengan harga Rp 3,2 miliar per botol. Anggur ini dihargai karena merupakan botol pertama yang dibuat oleh Baron James de Rothschild dengan rasa ceri.

8. Chateau Margaux (1787)

Botol ini beri harga sebesar Rp 2.2 miliar tetapi pemiliknya, Thomas Jefferson mengasuransikan seharga Rp 3,1 miliar. Anggur tersebut dihargai semahal itu karena tidak lagi ada di pasaran atau bahkan sulit untuk dicapai.

Reporter : Chrismonica

Loading
Artikel Selanjutnya
Inovasi Mahasiswa di Pekanbaru, Taruh Gelas dan Minuman Tercampur Otomatis
Artikel Selanjutnya
4 Minuman yang Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Obat