Sukses

Wajib Tahu! Pengeluaran Sepele ini Bikin Liburan Hemat

Liputan6.com, Jakarta - Hidup tentu tidak melulu soal bekerja, bekerja, dan bekerja. Beberapa kali dalam setahun, hendaknya Anda menyisihkan sebagian waktu dan dana yang tersedia untuk keperluan berlibur

Dengan berlibur, ada banyak hal positif yang bisa Anda dapatkan. Selain untuk melepas penat setelah sekian lama bekerja, hubungan Anda dengan keluarga maupun kerabat tentu akan menjadi lebih erat saat melakukan liburan bersama.

Meski begitu, kebanyakan orang seringkali menomor-sekiankan kebutuhan refreshing tersebut. Alasannya? Tentu apalagi kalau bukan masalah keuangan yang pasti banyak terkuras saat memutuskan untuk berwisata.

Faktanya, jika terencana dengan baik, berlibur tidak selalu menghabiskan isi tabungan Anda secara signifikan. Ada banyak siasat yang bisa Anda lakukan agar bisa mengurangi pengeluaran saat akan pergi berlibur.

Beberapa opsi bahkan terlihat sepele, namun efektif dalam menurunkan expense yang mungkin Anda gelontorkan. Sudahkah Anda tahu? Ternyata pengeluaran sepele ini bikin liburan jadi hemat, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Cari Tiket Pesawat dan Hotel di ‘Travel Fair’

Beberapa kali dalam setahun, banyak maskapai resmi di Indonesia yang mengadakan ajang travel fair. Saat mengunjungi acara ini, Anda pasti akan mendapatkan beragam penawaran tiket pesawat dengan harga miring.

Tak jarang, di acara travel fair, potongan harga yang bisa Anda dapatkan mencapai 70 persen dari harga normal. Tentu sangat disayangkan jika Anda melewatkan kesempatan berharga ini, karena dari event tersebut, Anda dapat meminimalisir budget untuk berlibur dengan cukup besar.

Namun, karena biasanya tidak berlangsung lama, Anda harapnya telah menyiapkan tabungan khusus yang bisa digunakan saat ada kegiatan travel fair. Pastikan juga untuk merencanakan masa berlibur Anda jauh-jauh hari agar tidak kebingungan saat akan memesan tiket maskapai.

2 dari 3 halaman

2. Cari Referensi Agen Travel Sebanyak Mungkin

Agar nominal bujet dapat menjadi lebih kecil, Anda perlu untuk mencari informasi tentang penyedia jasa travelling sebanyak mungkin. Kemudian bandingkan harga paket liburan yang ditawarkan oleh para agen wisata tersebut.

Dengan melakukan perbandingan tersebut, Anda dapat mengetahui agen wisata manakah yang menawarkan harga paling bersahabat meski tujuan wisatanya sama. Setelah itu, Anda dapat memutuskan pilihan yang sesuai dengan kebutuhan serta keinginan berlibur Anda. 

Namun, pastikan juga dengan harga yang lebih rendah tersebut, fasilitas yang Anda dapatkan saat sedang berwisata masih memadai. Bila perlu, tanyakan secara detil hal-hal apa saja yang akan disediakan oleh travel agent pada paket liburan dengan harga tersebut.

Pastinya, Anda perlu memahami dengan baik fasilitas seperti kualitas kendaraan tempat menginap dan konsumsi yang diberikan, serta biaya-biaya apa saja yang tidak termasuk dalam program paket wisata tersebut.

Jika memang merasa banyak kekurangan dari harga paket yang murah, Anda bisa mencari referensi wisata dari agen perjalanan lainnya. Intinya, jangan sampai karena tergiur dengan tawaran wisata dengan harga miring, Anda mengesampingkan kenyamanan saat sedang berlibur.

Jika hal itu dilakukan, pikiran Anda bisa menjadi lebih sumpek karena fasilitas yang didapatkan saat ingin bersuka ria tidak sesuai harapan.

3. Pertimbangkan Penawaran dari Penyedia Layanan ‘Booking Online’

Mencari informasi pelayanan wisata tidak hanya dapat Anda cari dari agen perjalanan konvensional. Maraknya perkembangan teknologi serta ketatnya persaingan bisnis digital, membuat para penyedia layanan booking online bakal memberikan penawaran paket wisata yang menguntungkan bagi para pelanggannya.

Tak perlu paket wisata lengkap yang harus Anda cari di situs booking online. Pahami penawaran serta promosi dari masing-masing situs booking yang ada dan cari yang paling sesuai dengan keinginan Anda.

Anda dapat membandingkan banyak hal dari layanan booking online, seperti perbedaan promosi harga tiket pesawat yang tersedia serta penawaran tarif menginap di berbagai hotel. Anda bahkan bisa mendapatkan tawaran voucher ataupun diskon pada tempat wisata yang ingin Anda tuju melalui situs-situs tersebut.

Tips tambahan saat akan melakukan pemesanan tiket pesawat, hindari mengambil jadwal penerbangan diwaktu prime time. Alasannya tentu di jam tersebut, harga tiket pesawat menjadi lebih mahal.

Usahakan untuk melihat jadwal penerbangan di jam yang kurang disukai, seperti penerbangan diatas jam 23.00 agar tiket bisa Anda beli dengan harga lebih terjangkau.

3 dari 3 halaman

4. Manfaatkan Kartu Kredit Secara Maksimal

Sekarang ini banyak sekali bahkan hampir semua yang berhubungan dengan travelling atau bahkan perjalan dinas, transaksi menggunakan kartu kredit merupakan yang paling mudah dan efektif.

Bahkan banyak sekali penawaran promo dari penerbit kartu kredit sendiri maupu merchant yang bekerja sama dengan jenis kartu kredit. Sebaiknya, manfaatkan kartu kredit Anda secara maksimal sehingga semakin menghemat biaya travelling Anda.

Berlibur Tidak Selalu Menguras Keuangan

Kegiatan refreshing memang seringkali membuat pengeluaran Anda menjadi sangat tinggi. Namun, jika Anda dapat memanfaatkan kesempatan yang ada, menekan budget liburan tentu bukan menjadi masalah. Oleh karena itu, cari penawaran kebutuhan berlibur Anda di banyak sumber berbeda agar pengeluaran yang harus dikeluarkan semakin mengecil.

Loading
Artikel Selanjutnya
Ingin Tahu Kondisi Keuangan? Evaluasi dengan Daftar Ini
Artikel Selanjutnya
Harbolnas Kembali Digelar, Simak Dulu Tips Belanja Online Ini