Sukses

800 Ribu Orang Sudah Melamar Lowongan Kerja BUMN

Liputan6.com, Jakarta - Pelamar lowongan perusahaan BUMN semakin banjir peminat. Terkini, peminatnya sudah menembus 800 ribu orang, padahal 10 hari yang lalu yang mendaftar hanya 145 ribu orang.

"Ada 800 ribuan pelamar. " ujar Ketua Forum Human Capital Indonesia Herdy Rosadi Harman kepada Liputan6.com, Rabu (20/3/2019).

Para pelamar tersebut harus berkompetensi demi meraih 11 ribu jabatan yang tersedia di 110 perusahaan BUMN. Tes tahap pertama pun sudah dimulai dengan cara online.

Setelah selesai tes online, maka peserta dapat memilih maksimal sampai tiga BUMN. Pemilihan dapat dilakukan sebelum mengikuti tes kedua.

"Setelah dia lulus di tahap pertama. Ini lagi tes masing-masing, begitu mendaftar mereka dikirim soal. Nanti diumumin siapa yang lulus masuk ke tes kedua, diawali dengan memilih maksimum tiga," jelas Herdy.

Herdy memprediksi BUMN-BUMN yang besar akan menjadi sasaran utama para pelamar, meski ia tidak merinci nama BUMN tersebut. Dia pun yakin tidak akan ada penundaan seleksi yang dilakukan BUMN, pasalnya telah ada perpanjangan waktu hingga tanggal 24 Maret.

"Di kita sebenarnya sudah diperpanjang hingga tanggal 24 nanti. Setelah tes kedua itu sebenarnya kan diserahkan tes lanjutan ke BUMN masing-masing, jadi so far mestinya enggak sampai berlarut-larut," pungkasnya.

2 dari 2 halaman

Pendaftaran 11.000 Lowongan Kerja BUMN Diperpanjang hingga 24 Maret 2019

Kabar baik terkait lowongan kerja di BUMN. Usai resmi dibuka pada 9 Maret 2019, waktu pendaftaran Program Perekrutan Bersama BUMN yang sebelumnya berakhir Minggu, 17 Maret, akan diperpanjang hingga 24 Maret 2019.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Forum Human Capital Indonesia, Herdy Rosadi Harman, pada Liputan6.com, Minggu, 17 Maret 2019. "Karena antusias yang cukup tinggi, mau kita umumkan perpanjang masa pendaftarannya hingga 24 Maret 2019," ujar dia.

Sampai siang ini jumlah pendaftar sudah mencapai 704.758 dan dikabarkan akan terus bertambah.

Kementerian BUMN melalui Forum Human Capital Indonesia (FHCI) mengundang putra putri terbaik Indonesia untuk bergabung menjadi keluarga besar BUMN melalui Program Perekrutan Bersama BUMN.

Program ini menyediakan 11.000 posisi lowongan kerja BUMN di 110 BUMN. Selain itu, program ini diluncurkan didasari pada program prioritas Nawacita Presiden Joko Widodo (Jokowi) yaitu meningkatkan produktivitas dan daya saing di pasar internasional sehingga Bangsa Indonesia bisa maju dan bangkit bersama bangsa-bangsa Asia lainnya.

Program perekrutan bersama BUMN dilakukan secara terbuka dan memberikan peluang yang sama bagi semua kalangan lulusan SLTA/SMK, Vokasi, S1-S2, talenta disabilitas, dan rekrut khusus putra/putri dari KTI (Kawasan Indonesia Timur).

Loading
Artikel Selanjutnya
Ada Lowongan Kerja Terbaru di PLN, Cek Persyaratannya di Sini!
Artikel Selanjutnya
Bertemu 2.500 Mahasiswa Universitas Riau, Menteri Rini Banggakan Kinerja BUMN