Sukses

Ini Dia Musisi Indonesia yang Sukses di Luar Negeri, Siapa Saja?

Berikut musisi-musisi Indonesia yang sukses di luar negeri.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai bangsa Indonesia, tentunya kita harus bangga dengan hadirnya bermacam-macam genre musik yang ada. Mulai dari musik dangdut, rock, jazz, blues, pop, sampai musik EDM (Electronic Dance Music) yang sedang digandrungi milenial.

Banyaknya masyarakat Indonesia yang suka musik dari berbagai kalangan, sehingga memiliki selera musik yang berbeda-beda.

Musik diibaratkan bagai sayur tanpa garam, tanpa adanya musik hari-hari menjadi terasa kurang bergairah. Tahukah Anda? Musik dapat menjadi mood ketika merasa down, lo!

Dikala sedang sedih atau bahagia, musik mampu menyesuaikan situasi hati. Nah, dari orang-orang hebat inilah musik indah nan syahdu tercipta. Musisi-musisi Indonesia yang berhasil mengisi hari-hari Anda dengan karyanya yang luar biasa.

Bahkan tidak hanya dinikmati di Indonesia saja, para musisi ini juga berhasil sukses dengan karyanya sendiri di luar negeri. Siapa saja mereka? Dikutip dari TunaiKita, berikut musisi-musisi Indonesia yang sukses di luar negeri.

Musisi yang Sukses Di Luar Negeri

Kesuksesan yang diraih para musisi Indonesia ini ternyata membawa mereka mendulang sukses sampai ke luar negeri, lo. Karena talenta dan karya-karya indah yang tercipta.

Sudah pasti kita sebagai bangsa Indonesia patut bangga terhadap musisi-musisi ini. Kira-kira adakah musisi favorit Anda? Simak, yuk!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Anggun C. Sasmi

Penyanyi wanita Indonesia kelahiran 29 April 1974 merupakan penyanyi sekaligus pencipta lagu. Karyanya tidak hanya dinikmati masyarakat Indonesia saja, lo. Bahkan, sampai go internasional.

Penyanyi berusia 44 tahun ini mengawali kariernya pada tahun 1994. Anggun meninggalkan Indonesia untuk mewujudkan mimpinya untuk go internasional. Dengan bantuan Erick Benzi, seorang produser asal Prancis, ia berhasil merekam album internasional pertamanya bertajuk Snow on the Sahara (1997). Album tersebut dirilis di 33 negara di seluruh dunia, termasuk Amerika Serikat yang merupakan kiblat musik dunia. Sejak saat itulah Anggun mulai meraih kesuksesannya. Ia bahkan sudah menghasilkan sebanyak tujuh album studio dan satu album soundtrack untuk film Denmark yang berjudul Open Hearts (2002).

Anggun juga telah berkolaborasi dengan banyak musisi dunia, seperti Julio Iglesias, Peter Gabriel, Pras Michel (The Fugees), II Divo, David Foster dan Melanie C (Spice Girls).

Selain sukses menjadi penyanyi, Anggun juga didaulat menjadi salah satu juri untuk Asia’s Got Talent, ajang pencarian bakat yang diikuti oleh peserta dari 27 negara di Benua Asia.

Kesuksesannya sebagai penyanyi membawanya meraih berbagai penghargaan bergengsi di beberapa negara Eropa, di antaranya anugerah prestisius “Chevalier des Arts et Letters” yang didapat dari pemerintah Prancis dan “World’s Best Selling Indonesian Artist” dari World Music Awards.

Anggun juga menjadi wanita Indonesia pertama yang diabadikan dalam patung lilin oleh Museum Madame Tussauds di Bangkok, Thailand.

Anggun saat ini menetap dan sudah menjadi warga negara Prancis. Meskipun begitu, Anggun tidak melupakan negara asalnya, yaitu Indonesia.

3 dari 6 halaman

2. Agnez Mo

Agnes Monica Muljoto, merupakan penyanyi wanita asal Indonesia lainnya yang berhasil go internasional. Agnez Mo memulai kariernya di industri hiburan pada usia enam tahun sebagai seorang penyanyi cilik.

Selain menjadi penyanyi, wanita berusia 32 tahun ini juga sukses di dunia akting, lo! Aktingnya tidak diragukan lagi, ia membintangi beberapa judul sinetron, salah satunya yang paling terkenal, yakni Pernikahan Dini (2001).

Pada 2010, Agnez Mo didaulat menjadi Host dalam dalam acara red carpet American Music Awards di Los Angeles, Amerika Serikat. Pada tahun itu juga, Agnez menjadi salah satu juri ajang pencarian bakat Indonesian Idol.

Seiring dengan melesatnya puncak popularitasnya, Agnez Mo merilis beberapa album internasional dan berkolaborasi dengan beberapa musisi dunia, diantaranya Christian Chavez, Michael Bolton, Timbaland, hingga Chris Brown.

4 dari 6 halaman

3. Rich Brian

Di usianya yang masih 19 tahun, Rich Brian sudah masuk dalam daftar “30 Under 30 Asia 2018” dalam bidang hiburan dan olahraga di majalah Forbes. Untuk Anda yang belum tahu, Rich Brian merupakan seorang rapper sekaligus produser dan penulis lagu yang Swag.

Rich Brian yang mempunyai nama asli Brian Imanuel Soemarno, merupakan pemuda kelahiran Jakarta dan memulai debutnya sebagai rapper pada 2014, dengan lagu berjudul "Dat $tick" yang diunggah ke akun YouTubenya pada Februari 2016.

Rich Brian yang lahir dan besar di Jakarta, memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang sangat baik. Ia melatih kemampuan bahasa Inggrisnya secara otodidak dengan menonton video-video YouTube, dan mendengarkan lagu-lagu rap dunia.

Di usianya yang masih sangat muda, Brian berhasil menciptakan lagu, diantaranya berjudul "Dat $tick", "Who Dat Be", "Watch Out", "Chaos", "Glow Like That", dan "Crisis ft 21 Savage".

Pada 2017, Brian masuk nominasi dan memenangkan penghargaan Breakthrough Artist of The Year pada Indonesian Choice Award.

Rich Brian juga sudah berkolaborasi dengan musisi dunia sekelas Skrillex, Zhu, bahkan diundang oleh Pharell Williams.

5 dari 6 halaman

4. Joey Alexander

Pianis asal Indonesia ini berhasil tampil di panggung utama acara penghargaan Grammy di Staples Center, Los Angeles, Amerika Serikat bersama puluhan musisi terkenal lainnya.

Joey yang kini berusia 15 tahun, sudah mencatat rekor melalui lagu berjudul "Giant Steps" dan album yang bertajuk My Favorite Things.

Joey yang bernama asli Josiah Alexander Sila ini, menjadi musisi termuda yang masuk nominasi penghargaan Grammy untuk kategori Best Improvised Jazz Solo dan Best Jazz Instrumental Album pada tahun 2016.

Joey pernah tampil di hadapan Herbie Hancock dan Bill Clinton, lo! Ia juga menjadi musisi Indonesia pertama yang masuk dalam Billboard 200 di Amerika Serikat, dengan album debutnya My Favorite Things, berhasil mencapai peringkat 174 pada 30 Mei 2015.

Patut dijadikan inspirasi karena di usianya yang sangat muda, Joey sudah mencapai kesuksesan karier sampai ke luar negeri!

6 dari 6 halaman

5. Sandhy Sandoro

Merupakan penyanyi yang lahir di Jakarta, Indonesia. Namanya mulai dikenal sejak memenangkan kontes internasional dari Young Pop Singer di New Wave, Jurmala, Latvia pada tahun 2009.

Berbeda dengan para musisi Indonesia yang mendunia lainnya yang mengawali karier dari panggung ke panggung. Sandhy memulai karier dengan mengamen di Jerman untuk meringankan biaya hidupnya.

Karena publik banyak yang tertarik dengan suaranya yang merdu, ia selanjutnya mulai bernyanyi di bar, metro, dan juga stasiun.

Tidak hanya di Indonesia, nama Sandhy Sandoro juga akrab di telinga masyarakat Berlin atau Jerman, dan menjadi salah satu dari sekian banyak penyanyi Indonesia yang mendunia.

Bisa Dijadikan Inspirasi untuk Mengejar Mimpi

Nah, kegigihan dan kerja keras yang para musisi-musisi Indonesia lakukan untuk mengejar mimpinya, patut kita apresiasi dan bisa dijadikan contoh dalam menggapai mimpi. Tidak ada yang tidak mungkin kok, selama memiliki kemauan dan terus berusaha untuk mengejarnya.

Semoga ulasan yang di atas dapat menginspirasi dan memotivasi. Jangan lupa untuk mendengarkan lagu Indonesia, dan terus dukung karya musisi-musisi Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.