Sukses

Rutin Makan Ini, Dijamin Stamina Tubuh Akan Terjaga

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi cuaca yang tidak menentu patut diwaspadai karena dapat menurunkan daya tahan tubuh dan mengakibatkan timbulnya berbagai gangguan kesehatan, seperti flu, batuk, demam, dan sakit kepala.

Namun, Anda bisa melakukan banyak cara untuk mencegah timbulnya penyakit. Salah satunya dengan menjaga pola tidur agar stamina tubuh tetap terjaga dengan baik.

Pencegahan dari luar saja tidak cukup karena pencegahan dari dalam juga dibutuhkan. Caranya mudah saja, yaitu dengan memerhatikan asupan gizi dalam tubuh.

Nah, dengan rutin mengonsumsi makanan berikut ini, stamina atau daya tahan tubuh Anda akan terjaga. Apa saja itu? Simak ulasan berikut ini, seperti dikutip dari Cermati.com.

2 dari 10 halaman

1. Pepaya

Buah pepaya kaya akan kandungan vitamin C, vitamin A, vitamin B, asam folat, dan potasium yang bagus untuk menjaga kesehatan tubuh serta kulit. Sementara itu, untuk melancarkan pencernaan, ada enzim papain yang sekaligus berguna sebagai anti-inflamasi.

Konsumsi buah pepaya sebelum menyantap sarapan di pagi hari, akan membuat pencernaan Anda sehat. Sebab, sisa makanan pada hari sebelumnya segera dibuang sebelum Anda melakukan aktivitas rutin seperti bekerja dan lainnya pencernaan bersih.

3 dari 10 halaman

2. Apel

Siapa yang tidak suka buah apel? Selain memiliki cita rasa lezat, buah apel kaya akan antioksidan, flavanoid, dan serat yang baik untuk program diet sehat.

Kandungan antioksidan pada apel dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko terjadinya penyakit, seperti kanker, hipertensi, jantung, dan diabetes.

Konsumsilah satu biji apel setiap hari untuk merasakan manfaatnya. Anda bisa makan apel bersama kulitnya, asalkan apel sudah dicuci dengan bersih.

4 dari 10 halaman

3. Sayur-sayuran Hijau

Jangankan anak kecil, tak sedikit orang dewasa juga tidak suka mengonsumsi sayur-sayuran. Padahal sayuran hijau, seperti bayam dan brokoli kaya akan nutrisi yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

Selain nutrisi, bayam dan brokoli juga mengandung vitamin C yang cukup banyak. Mengingat sayuran hijau memberikan banyak manfaat, sebaiknya konsumsi setiap hari. Ubah pola masak agar anak tidak bosan.

5 dari 10 halaman

4. Bawang Putih

Aroma tidak sedap bawang putih berasal dari senyawa allicin yang berguna untuk menghancurkan bibit-bibit penyebab terjadinya infeksi. Selain itu, bumbu dapur berbau tajam ini juga ampuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, dan mengatasi pengerasan pada arteri.

Masukkan irisan bawang putih ke dalam masakan Anda setiap hari. Minum air putih yang cukup untuk menghilangkan bau mulut yang tidak sedap akibat konsumsi bawang putih.

6 dari 10 halaman

5. Ekstrak Jahe

Rempah yang satu ini sering dimanfaatkan sebagai obat penghilang mual dan masuk angin. Khasiat jahe semakin bertambah ketika penelitian menemukan adanya kandungan betakaroten dan capsaicin. Kedua kandungan ini bagus untuk menambah daya tahan tubuh, mengatasi sakit jantung, diabetes, dan obesitas.

Cara mengonsumsinya sangat mudah. Campurkan irisan jahe ke dalam tumisan sayur, bubur kacang hijau, atau olah menjadi minuman bandrek untuk menghangatkan tubuh.

7 dari 10 halaman

6. Kacang Almond

Tidak hanya vitamin C, kandungan vitamin E yang terdapat pada kacang almond juga baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Menariknya, vitamin E ini dapat larut secara sempurna ke dalam tubuh manusia.

Untuk mengonsumsi kacang almond, Anda tidak perlu mengolahnya sendiri. Makanan yang banyak dijual di supermarket sudah banyak dicampur dengan potongan kacang almond, seperti cokelat dan es krim.

8 dari 10 halaman

7. Jeruk

Khasiat buah jeruk tidak perlu diragukan lagi. Tidak hanya baik untuk meningkatkan sistem imun, kandungan vitamin C di dalam buah jeruk juga bagus untuk menambah produksi sel darah putih. Dengan demikian, tubuh dapat terhindar dari berbagai jenis infeksi.

Anda tidak perlu mengolah buah jeruk menjadi segelas jus. Khasiatnya bisa diperoleh secara otomatis hanya dengan menyantapnya begitu saja.

9 dari 10 halaman

8. Cabai

Bumbu dapur ini memang memiliki cita rasa pedas. Namun, senyawa capsaicin di dalamnya tidak boleh dianggap remeh karena dapat meningkatkan metabolisme dan berfungsi sebagai anti peradangan serta anti inflamasi.

Campurkan cabai merah pada olahan sambal atau iris lalu taburkan pada sayur. Buang biji yang ada di dalamnya agar rasa pedasnya tidak terlalu menggigit di lidah.

10 dari 10 halaman

9. Daging ayam

Mau digoreng, diopor, atau dijadikan sup, daging ayam selalu menjadi makanan favorit banyak orang. Selain memiliki cita rasa yang lezat, sepotong daging ayam juga dapat menambah sistem imun, sehingga baik dikonsumsi dalam jangka panjang.

Vitamin B-6 dalam daging ayam berfungsi untuk membantu mempercepat produksi sel darah merah. Kandungan vitamin ini sangat baik untuk Anda yang mengidap penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah.

Sajikan dalam Hidangan yang Berbeda agar Tak Bosan

Itulah jenis makanan yang baik untuk menjaga dan meningkatkan stamina tubuh. Makanan di atas dapat dikonsumsi setiap hari untuk memenuhi asupan gizi dalam tubuh.

Untuk makanan yang dimasak atau diolah terlebih dahulu, coba sajikan dengan hidangan yang berbeda agar cita rasanya tidak membosankan di mulut.