Sukses

Awal Maret, Harga Daging Ayam dan Sapi Stabil

Gairah penjualan harga daging ayam dan sapi masih stabil.

Liputan6.com, Jakarta - Harga daging ayam dan sapi belum akan pengaruhi belanja mingguan para konsumen. Lantaran hingga awal pekan ini, daging ayam dan sapi masih stabil.

Untuk daging ayam, harga berkisar di angka Rp 40 ribu per kilogram dan harga daging sapi masih dibanderol Rp 137 ribu per kilogram.

Pak Didi (40), pedagang daging ayam di Pasar Mandiri, Kelapa Gading mengatakan harga daging cenderung stabil, tergantung jenisnya.

Didi menuturkan, untuk harga ayam dada dan paha dibanderol seharga Rp 40 ribu hingga Rp 45 ribu per kilogram tergantung jenis ayamnya. Untuk kepala ayam Rp 10 ribu per kilogram, sedangkan untuk ceker dan kulit Rp 17 ribu per kilogramnya.

"Tergantung kalau dada, paha itu Rp 40 ribuan per kilonya, kalau kepala murah ya Rp 10 ribu, ceker dan kulit juga murah biasanya pada cari itu juga. Jenis ayam juga beda, ada yang 1,2 ada yang 1,3 kilogram (per satu ekor),"ungkap Didi saat berbincang dengan Liputan6.com, Senin (4/3/2019).

Untuk daging sapi, harga dipastikan tidak naik dan tidak dapat diprediksi waktu kenaikan harga.

Mulyadi (49) mengatakan, saat ini dia menjual daging has dalamnya seharga Rp 135 ribu per kilogram. Selain itu, untuk iga dan tetalan harganya juga tetap stabil di angka Rp 90 ribu dan Rp 55 ribu.

"Dari beberapa bulan lalu harga daging enggak naik. Pendapatan juga enggak naik. Stabil saja, enggak tahu sampai kapan," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Sayur Naik di Pasar Mandiri Kelapa Gading Kecuali Tomat

Awal Maret ini, harga tomat turun Rp 2.000, dari Rp 12 ribu menjadi Rp 10 ribu per kilogram di Pasar Mandiri, Kelapa Gading, Jakarta. Penurunan harga ini disebabkan oleh masa panen tomat.

Pedagang sayur, Maryam (47) menyatakan hanya tomat yang mengalami penurunan harga. Selebihnya harga sayuran naik Rp 3.000 hingga Rp 5.000.

"Harga tomat turun sekarang jadi Rp 10 ribu, kalau cabai itu naik rata-rata Rp 5.000 lah, ya cabai rawit merah, rawit hijau, keriting. Bawang putih juga naik," ungkapnya kepada Liputan6.com, Senin 4 Maret 2019.

Harga cabai memang tidak dapat diprediksi. Sekarang, cabai rawit merah naik dari Rp 25 ribu menjadi Rp 30 ribu per kilogram dan cabai rawit hijau naik dari Rp 20 ribu hingga Rp 25 ribu per kilogram. Untuk cabai merah keriting, harga tetap stabil di angka Rp 25 ribu per kilogram.

Rita (44) juga mengatakan hal yang sama. Untuk bawang, khususnya, dia mengatakan harganya tidak berubah dari minggu lalu namun memang terjadi kenaikan harga.

"Sebenarnya sudah naiknya dari minggu kemarin sih. Dua minggu ini Rp 35 ribu, bawang ini," ungkapnya.

Minggu lalu, bawang putih cutting dan bawang merah mengalami kenaikan dengan selisih yang sama, masing-masing naik dari Rp 30 ribu menjadi Rp 35 ribu per kilogram.

Berbeda dengan harga tomat, untuk sayuran lainnya seperti kentang dan wortel, harga terpantau stabil di angka masing-masing Rp 12 ribu hingga Rp 14 ribu per kilogram.  

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.