Sukses

BRI Siap Terbitkan Global Bond Senilai Rp 20 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) berencana menerbitkan surat utang global (global bond) pada tahun ini ‎sebesar Rp 20 triliun. Penerbitan ini untuk refinancing atas obligasi-obligasi yang telah diterbitkan BRI dan akan jatuh tempo.

Direktur Utama BRI Suprajarto mengatakan, pada tahun ini utang BRI yang jatuh tempo sebesar Rp 17 ‎triliun. Untuk menutupi tagihan tersebut BRI akan menerbitkan global bond sebesar Rp 20 triliun.

"Ini untuk cover bond yang jatuh tempo," kata Suprajarto, di Kantor Pusat BRI, Jakarta, Rabu (30/1/2019).

Suprajarto melanjutkan, BRI juga akan mencari dana untuk disalurkan ke proyek berwawa‎san ramah lingkungan. "Greenbond untuk pembiayaan green acceptable," tuturnya.

BRI juga berencana mengakuisisi sebuah perusahaan asuransi umum. Saat ini pihaknya masih melakukan kajian untuk mendapat yang terbaik.

"Asuransi umum kita memang sudah akan menuju ke sana, mudah-mudahan mendapatkan terbaik, kita masih dalam kajian," tandasnya.

2 dari 3 halaman

BRI Raih Laba Rp 32,4 Triliun pada 2018

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) mengantungi laba bersih Rp 32,4 triliun sepanjang 2018. Angka tersebut naik 11,6 persen dibanding laba 2017 yang tercatat Rp 29 triliun.

"Laba BRI tumbuh menjadi Rp 32,4 triliun. Itu naik 11,5 persen year on year,"‎ kata Direktur Utama BRI Suprajarto, di Kantor pusat BRI, Jakarta, Rabu (30/1/2019). 

Pendorong pencapaian ‎laba tersebut didukung oleh penyaluran kredit sektor Usah Mikro Kecil Menengah (UMKM). Untuk diketahui, hingga akhir 2018 tercatat penyaluran kredit UMKM BRImencapai Rp 645,7 triliun.

Porsi penyaluran kredit UMKM di BRI mencapai 75,6 persen dati total kredit yang telah disalurkan sepanjang 2018.

Dia melanjutkan, pendorong pencapaian laba juga didorong oleh efisiensi. Hal ini tercermin dari penurunan Biaya Operasional Pendapatan Operasional ( BOPO) di Desember 2018 sebesar 70 persen lebih kecil dibanding BOPO 2017 yang tercatat 70,7 persen.

"Pendorong profitabilitas BRI juga karena perseroan mampu meningkatkan efisiensi tercermin penutupan BOPO triwulan IV 2018 di angka 70 persen," tandasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Menyedihkan, Usaha Bertahan Hidup Penduduk Venezuela

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
BRI Kucurkan Kredit Rp 843 Triliun Sepanjang 2018
Artikel Selanjutnya
Bidik Pertumbuhan Double Digit, BRI Terus Kembangkan Fitur CMS