Sukses

Mau Liburan tapi Tetap Irit? Lakukan 6 Trik Ini

Mau tahu apa saja yang harus dilakukan untuk mengirit pengeluaran saat liburan?

Liputan6.com, Jakarta - Liburan selalu identik dengan menghamburkan dan menghabiskan uang dalam tabungan. Namun sebenarnya, hal itu tidak harus terjadi. Anda dapat tetap berlibur dengan tidak menghabiskan uang ditabungan, bahkan juga dapat menabung dari sisa uang saat berlibur.

Liburan tidak harus mahal, Anda hanya perlu melakukan sedikit perencanaan dan perhitungan yang lebih matang lagi. Mau tahu apa saja yang harus Anda lakukan untuk menekan pengeluaran saat liburan?

Dilansir pada laman BHG, berikut adalah 6 hal yang harus kamu lakukan:

1. Berpikirlah untuk hemat

Meskipun Anda sudah menargetkan jumlah pengeluaran saat liburan, namun jangan habiskan seluruh uang ini. Anda harus berpikir untuk lebih berhemat lagi dari jumlah pengeluaran tersebut.

Sebelum pergi liburan, Anda dapat membeli beberapa perbekalan makanan dari supermarket untuk menghemat pengeluaran daripada Anda harus membeli di negara atau kota tujuan berlibur.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Berliburlah ke destinasi yang sesuai bujet minim Anda

Sebelum merencanakan berlibur, sebaiknya Anda mencari destinasi yang tidak memperlukan banyak uang. Anda dapat melakukan pencarian ini di situs web seperti Tripadvisor, Skyscanner, dan beberapa situs agen perjalan.

Jangan terlalu cepat puas dengan harga pertama yang Anda temukan, carilah sebanyak-banyaknya Agar Anda dapat melakukan perbandingan.

Usahakanlah untuk berlibur tidak di waktu yang bertepatan dengan musim liburan tiba, semakin fleksibel waktu liburan Anda maka semakin banyak pula uang yang bisa ditabung.

3. Berjalan kakilah

Cara terbaik untuk menjelajahi kota baru yaitu dengan berjalan kaki. Selain menyehatkan, hal ini juga dapat membantu Anda untuk lebih banyak menghemat pengeluaran saat liburan.

Berjalan kaki juga merupakan cara terbaik untuk Anda dapat berinteraksi dengan penduduk setempat dan mengetahui lebih banyak destinasi lokal yang murah di daerah tersebut.

 

3 dari 4 halaman

4. Pikirkan kembali makanan Anda

Salah satu cara terbaik untuk mengurangi biaya liburan adalah dengan lebih pintar lagi dalam mengatur pengeluaran Anda untuk makanan.

Jika Anda menginap di hotel, maka lebih baik sebelum Anda melancong usahakan untuk sarapan terlebih dahulu di hotel. Namun jika biaya penginapan belum termasuk sarapan, untuk itu Anda lebih baik pergi ke supermarket atau warung makanan lokal yang ada di daerah tersebut dibandingkan harus makan di restoran.

Hindari makan di restoran atau tempat makan yang berada di tempat wisata, karena biasanya mereka akan menjual makanannya dengan harga yang lebih tinggi.

 

4 dari 4 halaman

5. Gunakan uang Anda sebaik mungkin

Usahakan sebelum berlibur, ada baiknya Anda mengambil uang secukupnya dari ATM dan usahakan untuk tidak menggunakan kartu kredit selama Anda berlibur.

Jika Anda ingin berlibur ke luar negeri, sebaiknya Anda lebih sering mengamati nilai tukar mata uang yang ingin ditukarkan, dan menukarkan uang Anda.

6. Jangan terlalu banyak membawa barang

Jika Anda ingin berlibur sebaiknya bawalah barang secukupnya. Selain untuk mempermudah, hal ini juga akan membuat Anda lebih irit jika berlibur dengan menggunakan pesawat karena Anda tidak perlu membayar bagasi yang terlalu mahal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini