Sukses

5 Ide Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Status mahasiswa menandakan kalau kamu sudah menjadi orang dewasa yang sebentar lagi akan terjun ke masyarakat.

Biasanya saat menjadi mahasiswa, kita kerap kali mengandalkan uang yang diberikan oleh orang tua untuk memenuhi kebutuhan sebagai mahasiwa, bukan hanya uang kuliah saja yang diberikan orang tua, tapi juga uang saku, seperti untuk membayar kosan, makan, transportasi, hingga membeli buku kuliah.

Kamu pastinya sudah sering melihat ada beberapa mahasiswa yang melakukan kerja sambilan untuk menambah uang saku. Tapi ketika memutuskan untuk mengambil kerja sambilan, kamu harus meluangkan waktu yang cukup banyak karena jam kerjanya juga tergolong lumayan lama.

Daripada mengambil kerja sambilan, bagaimana jika kamu melakukan bisnis sampingan. Dengan membuka bisnis sampingan, kamu bisa menyesuaikan sendiri jadwal bekerjamu sehingga tidak akan mengganggu jam kuliah.

Dari sekian banyak inspirasi bisnis sampingan yang ada, TunaiKita sudah memilihkan sepuluh bisnis online yang menjanjikan untuk dijalankan mahasiswa sepertimu. Apa saja inspirasinya? Mari kita lihat bersama!

1. Bisnis Pulsa Elektrik

Bisnis yang menjanjikan pertama adalah bisnis pulsa elektrik yang modalnya tidak terlalu besar. Untuk menjalankan bisnis yang menjanjikan ini, cukup memiliki ponsel saja.

Meski untung yang didapat tergolong kecil, tapi jika dikumpulkan dengan rajin, maka dalam satu bulan untung yang didapat juga cukup lumayan.

Ketika berbisnis pulsa elektrik, selalu jalankan metode bayar terlebih dahulu untuk menghindari teman-teman yang sering berutang. Dengan begitu, akan terhindar dari kebangkrutan karena diutangi pulsa oleh teman.

2 dari 3 halaman

2. Bisnis Jasa Pengetikan dan Print

Membuka bisnis jasa pengetikan dan print akan menjadi bisnis yang menjanjikan bagi mahasiswa karena mahasiswa sangat identik dengan tugas kuliah yang harus diketik dan diprint serta dijilid rapi sebelum dikumpulkan.

Jika memiliki peralatan printer yang lengkap, manfaatkanlah untuk membuka jasa pengetikan dan print supaya bisa meraih keuntungan. Tentukan tarif paket dengan harga yang bersaing sehingga bisa menarik minat teman-teman mahasiswa untuk menggunakan jasa pengetikan dan print.

3. Bisnis Les Privat dan Bimbingan Belajar

Bisnis selanjutnya akan mengandalkan ilmu dan kepintaran yang dimiliki. Jika memiliki keahlian di bidang bahasa Inggris, Matematika, Fisika, atau ilmu yang lainnya, maka bukalah les privat atau bimbingan belajar untuk anak SD, SMP, dan SMA.

Lebih bagus lagi kalau membuka les privat atau bimbingan belajar untuk Ujian Nasional atau ujian masuk universitas. Dengan begitu, tidak menutup kemungkinan akan memiliki calon anak didik yang lebih banyak lagi. Jangan lupa untuk membuat modul pelajaran yang menarik dan mudah untuk dipahami.

3 dari 3 halaman

4. Bisnis Reseller

Kemudian ada bisnis reseller yang sangat mudah dijalankan dan tidak membutuhkan modal yang banyak karena akan mendagangkan barang milik orang lain.

Barang yang dijual bisa berupa baju, sepatu, tas, hingga aksesoris. Lalu pasarkan lewat sosial media seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Selain itu, bisa juga menjualnya di e-commerce. Cari distributor yang tidak menetapkan minimal order sehingga bisa memesan barang meski hanya satu atau dua buah saja.

5. Bisnis Jual-Beli Buku Kuliah

Para mahasiswa pasti pernah merasa kesulitan saat akan mencari buku kuliah tertentu? Kendala seperti ini kerap kali dialami mahasiswa, ketika ada dosen yang merekomendasikan mahasiwa untuk membaca buku tertentu, tapi kita kesulitan untuk menemukannya karena buku tersebut termasuk dalam buku langka. Nah, hal ini bisa dijadikan sebagai peluang bisnis rumahan yang menjanjikan.

Supaya bisa mendapatkan buku yang diinginkan, maka carilah supplier buku yang lengkap, baik itu buku baru maupun buku bekas. Jika buku yang dijual tidak laku, maka bisa menjualnya untuk mahasiswa baru di tahun selanjutnya.

Nah, itu dia 5 ide bisnis yang bisa dijalani para mahasiswa untuk menambah uang jajan bulanan tanpa harus mengganggu aktivitas perkuliahan. Semoga membantu!

Loading
Artikel Selanjutnya
Begini Cara Atur Arus Kas Modal Usaha buat Pengusaha
Artikel Selanjutnya
Ingin Sukses, Simak 6 Tips Cerdas Berinvestasi bagi Pemula