Sukses

Mau Tahu Perbedaan Emas Online dan Fisik? Ini Penjelasannya!

Liputan6.com, Jakarta Kalau kamu adalah salah satu trader yang menikmati dampak kenaikan emas belakangan ini, jangan keburu lengah. Masih banyak hal-hal yang harus kamu pelajari untuk benar-benar bisa menguasai trading emas.

Dikutip dari Swara Tunaiku, sebaiknya kamu hati-hati dan tidak asal melakukan trading emas. Sukses trading memiliki trik khusus.

Kamu mesti memperhatikan berbagai faktor yang membuat trading emas bisa untung atau rugi. Berikut adalah tipsnya!

1. Biasakan Mengecek Tren Harga Pasar

Kalau rajin mengecek tren harga pasar, kamu bisa melakukan analisis secara fundamental dan mengetahui siklus market emas. Berita fundamentaal sendiri punya peran untuk menggerakkan harga. Kalo bisa menganalisis secara fundamental, berarti kamu bisa memprediksi naik turunnya harga pasar.

2. Gunakan Indikator yang Tepat

Selain analisis, kamu juga membutuhkan indikator yang tepat supaya prediksi tidak meleset. Selanjutnya, kamu harus bisa menganalisis harga pasar.

Salah satu solusinya adalah menggunakan Stochastic Oscilator untuk mengecek status overbought dan oversold. Dengan ini, kamu bisa mengetahui besarnya harga penutupan setiap periode.

2 dari 4 halaman

3. Perhatikan Manajemen Uang

Memiliki manajemen uang yang bagus, bakal membuat kamu bisa terhindar dari risiko. Walaupun sudah sepenuhnya yakin dengan analisis trading emas, jangan mengambil lot yang terlalu besar.

Semakin besar lot yang diambil, semakin besar risiko yang kamu dapat. Kalau peduli terhadap manajemen uang, pastinya kamu tidak akan mengalami kerugian.

4. Amati Pola Formasi dan Chart

Berikutnya, kamu harus mengamati pola formasi dan chart. Ini juga masih menjadi bagian dari analisis teknikal. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, analisis fundamental dan teknikal punya peran penting terhadap trading emas. Karena dari sini juga kamu bisa mencari tahu tentang tren harga.

3 dari 4 halaman

5. Perhatikan Volume Trading Emas

Untuk mengetahui naik atau turunnya harga emas, kamu harus memperhatikan volume trading atau harga reli. Selain itu, dengan memperhatikan volume, kamu juga bisa mulai menyusun strategi trading emas yang tepat.

Saat volume sedang turun, bakal ada penurunan harga reli dalam waktu dekat. Begitu juga sebaliknya, jika volume menunjukkan kenaikan, harga reli akan mengalami kenaikan harga yang cukup besar.

Kemudian, bagaimana jika volume meningkat tetapi harga emas turun? Hal ini bisa menyebabkan penurunan harga emas, maka tetaplah berhati-hati.

6. Rutin Memantau Sentiment Investor Besar

Kamu perlu tahu bahwa investor besar memiliki pengaruh besar dalam volume trading. Karena memiliki posisi yang krusial, maka setiap keputusan dan langkah yang mereka ambil bakal memberi dampak pada trading emas.

Apakah kemudian akan terjadi bearish atau bullish? Semua bisa diprediksi dngan melihat sentiment investor besar. Sebab, dari berita-berita fundamental ini kamu bisa memprediksi market emas.

4 dari 4 halaman

7. Sabar Menunggu Breakout

Kamu butuh kesabaran cukup tinggi saat melakukan trading emas. Sebetulnya, sudah tidak sabar ingin log in dan entry harga. Namun, kamu tidak boleh gegabah dan harus sabar saat mengonfirmasi breakout. Jangan sampai kamu mengalami kerugian karena terjebak false breakout.

Sudah siapkah kamu menjadi seorang trader? Dalam melakukan trading emas kamu harus bisa fleksibel dan kompetitif, karena dunia investasi selalu berkembang. Semoga beruntung!

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tips Membangkitkan Bisnis yang Sedang Lesu
Artikel Selanjutnya
Perlukah Daftarkan Merek Dagang? Simak Pertimbangan Ini