Sukses

Buruan Sontek, Strategi Selesaikan Pekerjaan ala Bill Gates hingga Zuckerberg

Liputan6.com, Jakarta - Kalau ingin menyelesaikan pekerjaan tanpa distraksi atau gangguan, kita bisa belajar dari kebiasaan orang sukses di dunia.

Biasanya, setiap tokoh sukses di dunia memiliki cara tersendiri untuk bisa menyelesaikan pekerjaan secara cepat. Jika terdapat tugas, mereka bisa mengerjakannya dalam waktu cepat tanpa mengabaikan segi kualitas.

Lantas, apa saja strateginya? Berikut ini strategi menyelesaikan pekerjaan dari orang sukses di dunia dikutip dari Swara Tunaiku yang bisa ditiru.

1. Sundar Pichai: ritual pagi yang bisa ditiru

CEO Google ini sangat menikmati ritual pagi. Yakni, dengan membaca berita, menyantap omelet, sambil kebiasaan menyeruput secangkir teh. Memang terlihat tidak ada yang spesial dari kebiasaan ini. Namun, sangat bermanfaat baginya untuk mempersiapkan diri sebelum memulai rutinitas.

Saat diwawancarai Recode, ia mengatakan, “Saya bukanlah seorang morning person, jadi saya membutuhkan waktu untuk membaca koran ditemani teh untuk membuat saya bangun dan siap".

Jika tertarik dan penasaran, kamu bisa meniru rutinitas ini. Untuk menyiapkan diri, kamu perlu memulai rutinitas pagi dengan hal yang paling disukai. Bisa dengan menyeruput segelas kopi, jogging, atau meditasi. Pilih yang sesuai dan bisa membangkitkan semangat.

2 dari 5 halaman

2. Mark Zuckerberg: menyederhanakan pilihan

Semua orang selalu dihadapkan pada pelbagai pilihan, baik yang sederhana sampai yang sulit. Ternyata, hal seperti ini bisa menyebabkan kelelahan mental. Masalah ini pun begitu diperhatikan oleh CEO Facebook. Mark Zuckerberg memiliki kebiasaan mengeliminasi pilihan yang tidak penting agar bisa menghemat tenaga.

Sebagai contoh, ia suka memakai pakaian yang sama sehingga terlihat tidak pernah ganti baju. Dalam berbagai kesempatan, ia memakai seragam berupa kaos berwarna abu-abu yang dipadukan dengan jeans. Dengan cara ini, kamu bisa memakai energi yang tersisa untuk mengambil keputusan penting. Bahkan setiap pagi, kamu tak perlu kebingungan untuk memilih baju lagi.

3 dari 5 halaman

3. Beyonce: tak mengumbar tujuan pada orang lain

Jika ingin mencapai suatu tujuan, kamu perlu membicarakan semua tujuan yang dimiliki kepada orang lain. Usut punya usut, cara ini ternyata keliru. Kamu justru akan dijauhkan dari kesuksesan ketika mengumbar tujuan dan cita-cita. Motivasi untuk meraih cita-cita akan menurun karena otak merasa sudah meraih tujuan tersebut.

Dibandingkan mengumbar cita-cita kepada orang lain, lebih baik mencontek gaya Beyonce. Ia sukses merilis album penuh yang meledak di pasaran pada 2016 tanpa banyak bicara. Lebih baik banyak berkarya daripada banyak bicara, bukan?

4 dari 5 halaman

4. Elon Musk dan Bill Gates: menerapkan jadwal yang ketat

Saking banyaknya pekerjaan, terkadang merasa waktu 24 jam yang bergulir sama sekali tidak cukup. Jika sedang mengalami masalah seperti ini, kamu bisa meniru tips dari Elon Musk dan Bill Gates. Meski sibuk luar biasa, mereka dapat menyelesaikan tugas dalam hitungan lima menit. Caranya dengan menerapkan jadwal yang ketat.

Profesor Kimia dari Cornell University yaitu Dr Brian Crane menyetujui pendapat ini. Ia mengungkapkan, Anda bisa lebih produktif dan bisa menyelesaikan banyak pekerjaan setiap hari dengan menyusun jadwal yang terstruktur. Sangat laik untuk dicoba.

5 dari 5 halaman

5. Oprah: tanyakan pada diri sendiri saat akan menunda pekerjaan

Oprah mengakui menunda pekerjaan itu tidak terlalu buruk. Akan tetapi, harus memiliki satu cara untuk menghapus kebiasaan menunda pekerjaan. Anda bisa meniru cara Oprah yaitu dengan bertanya pada diri sendiri.

Saat akan menunda pekerjaan, coba tanyakan pada diri, “Apa hal terburuk yang akan terjadi, dan mengapa saya takut menghadapinya?”.

Faktanya, kamu cenderung menunda pekerjaan ketika memiliki suatu alasan. Jika bisa memeriksa, mengidentifikasi, dan sanggup melawan alasan itu, kamu bisa lebih maju dan berhenti menunda pekerjaan.

Ini dia beberapa tips dari orang sukses agar bisa melawan kebiasaan menunda pekerjaan. Silakan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Artikel Selanjutnya
Kenapa Perempuan Harus Mandiri dalam Hal Keuangan?
Artikel Selanjutnya
Biar Nyaman Bekerja, Ini 5 Jurus Dekat dengan Teman Sekantor