Sukses

Jaga Daya Ingat dan Kinerja Otak dengan Cara Sederhana ini

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang tentu menginginkan kinerja otak yang baik. Hal ini berkaitan dengan kecepatan otak Anda untuk menerima stimulus hingga mengambil keputusan dan kemampuan daya ingat.

Bukan hanya mengenai kemampuan menghitung, namun juga kemampuan untuk menganalisa, sehingga keputusan yang diambil tidak disesali di kemudian hari. Baik bagi pelajar maupun pekerja, kinerja otak yang cepat sangat diperlukan.

Oleh sebab itulah pelajar dihadapkan dengan tugas-tugas yang diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir mereka. Akan tetapi, bagi Anda yang sudah bekerja dan tidak lagi mendapatkan tugas-tugas seperti yang Anda dapatkan di bangku sekolah, yang memaksa Anda untuk membentuk pola pikir yang baik, ada cara sederhana yang dapat Anda lakukan.

Bagaimana caranya? Berikut cara sederhana dan efektif untuk menjaga daya ingat dan meningkatkan kinerja otak seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Biasakan Membaca Setiap Hari

Tidak harus yang bertema berat, tapi membaca buku-buku yang ringan pun juga bisa mengasah kinerja otak Anda tetap baik asalkan dilakukan setiap hari. Selain dapat menambah wawasan, membaca juga sangat berdampak baik bagi kemampuan otak Anda dalam menganalisa kalimat.

Tidak jarang ditemukan kesalahpahaman pada sebuah bait kalimat. Akan tetapi, jika Anda sudah terbiasa membaca, maka Anda akan dengan mudah menemukan makna dari sebuah wacana. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui masalah apa yang sebenarnya terjadi.

Maka, mulailah untuk membiasakan diri membaca setiap harinya. Tidak harus menghabiskan satu buku setiap hari, tapi setidaknya lakukan dengan konsisten. Anda juga tidak harus membaca buku mengenai kebutuhan Anda di kantor, tetapi juga dapat membaca buku motivasi yang bisa digunakan sebagai pengingat kala terjatuh supaya tidak menjadi sosok yang mudah menyerah.

2 dari 3 halaman

2. Lakukan Permainan yang Membutuhkan Peran Otak

Jika Anda adalah seorang gamer, maka Anda adalah orang yang beruntung karena hobi Anda secara tidak langsung melatih kemampuan otak Anda. Biasakanlah melakukan permainan edukasi yang bisa menumbuhkan rasa penasaran pada diri Anda, sehingga tertarik untuk menyelesaikannya.

Dengan bermain game, Anda juga dilatih dalam hal kemampuan memahami dan menghapal karena sejatinya setiap game memiliki peraturan berbeda yang harus dipahami sebelum memainkannya. Tapi, jangan sampai Anda lupa waktu dan mengabaikan aktivitas sehari-hari hanya karena bermain game.

Bukan hanya game, ada banyak permainan yang membutuhkan peran otak cukup besar. Anda juga bisa bermain puzzle, atau mengisi teka-teki silang, dan masih banyak lagi.

3. Lakukan Yoga atau Perenungan

Anda bisa mencoba untuk melakukan olahraga meditasi seperti yoga. Olahraga ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam berkonsentrasi. Hal ini sangat dianjurkan bagi Anda yang memiliki rutinitas yang sangat padat, sehingga dalam pikiran Anda banyak sekali masalah yang disimpan.

Dengan meditasi, Anda akan dibantu untuk sejenak melupakan pekerjaan yang menumpuk tersebut dan dibantu untuk santai. Lakukanlah meditasi dengan rutin agar Anda bisa mendapatkan hasilnya dengan maksimal.

Setelah terlatih, maka Anda akan mendapatkan efek yang baik pada kemampuan Anda memprioritaskan sesuatu. Banyak orang yang masih sangat lemah jika diberikan beban untuk menyusun skala prioritas. Karena pada dasarnya Anda sudah terlatih untuk berpikir realistis, maka akan sangat mudah untuk Anda menempatkan prioritas akan suatu hal.

3 dari 3 halaman

4. Konsumsi Makanan yang Mengandung Nutrisi Otak

Anda juga dapat meningkatkan kemampuan otak Anda dengan memberikan asupan nutrisi pada otak. Anda dapat mengonsumsi ikan salmon yang sangat membantu kinjera otak.

Selain ikan salmon, Anda juga dapat mengonsumsi aneka kacang-kacangan dan buah-buahan kering. Makanan ini juga terbukti dapat menutrisi otak Anda agar bisa berpikir cekatan.

5. Jangan Tidur Larut Malam

Tidur terlalu larut malam sah-sah saja bila itu memang sangat diperlukan dan dilakukan hanya sesekali waktu saja. Tapi jangan jadikan kebiasaan tidur larut malam terlebih lagi begadang sebagai kebiasaan sehari-hari Anda. Karena ini akan sangat memengaruhi kinerja otak.

Lebih baik, tidur cukup dan badan segar setelah bangun pagi, ditambah lagi kinerja otak juga bagus. Sebab saat kurang tidur, maka konsentrasi juga menjadi berkurang dan otak menjadi lemah.

Lakukan Tips-Tips Itu dan Miliki Kinerja Otak yang Baik

Ketika kemampuan berpikir Anda meningkat, tentu Anda bisa menyelesaikan masalah di atas tingkat yang biasa Anda alami. Lengkapilah nutrisi otak Anda disertai dengan latihan seperti membaca dan meditasi. Semakin baik kemampuan berpikir Anda, maka semakin banyak juga hal yang bisa Anda selesaikan.

Dua Sejoli Pacaran di Atas Motor yang Melaju
Loading
Artikel Selanjutnya
Sebelum Pilih Kartu Kredit, Ini yang Harus Dipahami
Artikel Selanjutnya
7 Cara Membatalkan Niat Karyawan yang Ingin Resign