Sukses

Begini Cara Aman dan Nyaman Liburan dengan Kapal Laut

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak moda transportasi yang bisa dijadikan pilihan untuk travelling, mulai dari bus, kereta api, pesawat, mobil pribadi, hingga kapal laut.

Dari semua transportasi tersebut, tentunya memiliki keunggulan masing-masing, tergantung kebutuhan dan keinginan penggunanya.

Namun, transportasi apa pun yang akan digunakan, memperhatikan hal-hal yang dibutuhkan agar perjalanan aman dan nyaman sangatlah penting. Sehingga Anda bisa menikmati liburan seperti yang diharapkan.

Seperti halnya bila Anda memilih kapal laut untuk perjalanan liburan. Dengan menggunakan kapal laut, Anda bisa menikmati indahnya lautan yang menyegarkan pikiran dari aktivitas sehari-hari. Tapi, tentu saja ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan agar perjalanan Anda lancar.

Nah, jika Anda memilih kapal laut untuk pergi berlibur, berikut tips aman dan nyamantravelling dengan kapal laut, seperti dikutip dari Cermati.com, dan jadikan liburan Anda semakin menyenangkan.

1. Tentukan Kapan Anda akan Travelling

Aturlah perjalanan Anda dengan membuat jadwal keberangkatan dan kepulangan dengan tepat. Hal ini agar Anda bisa lebih menikmati liburan tanpa terkendala masalah sedikitnya waktu yang bisa Anda habiskan.

Pesanlah tiket keberangkatan dan kepulangan dari jauh-jauh hari untuk menghindari habisnya tiket. Jangan sampai Anda bisa pergi berlibur tapi kesulitan mendapatkan tiket kapal laut untuk pulang. Sebab, tidak semua rute yang kapal lautnya beroperasi setiap hari. (Baca Juga: 7 Cara Tepat Packing Barang, Agar Mudik atau Travelling Makin Nyaman)

2 dari 6 halaman

2. Siapkan Perlengkapan dan Kebutuhan Pribadi

Perlu untuk Anda sadari, menggunakan kapal laut akan memakan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan transportasi lainnya.

Sebagai contoh, perjalanan menggunakan bus dari Jakarta ke Surabaya ditempuh dengan waktu sekitar 14-15 jam saja, namun jika menggunakan kapal laut bisa membutuhkan waktu sekitar 24 jam bahkan hingga berhari-hari tergantung rute kapal yang sedang beroperasi.

Untuk itu, persiapkan berbagai perlengkapan dan kebutuhan pribadi sebaik mungkin, seperti pakaian ganti, perlengkapan mandi, dan sebagainya. Karena tidak ada toko di dalam kapal. Jangan sampai Anda kebingungan saat membutuhkan perlengkapan itu karena tidak menyediakan sebelumnya.

3. Bawa Obatan-obatan dan Makanan Tahan Lama

Nah, yang juga jangan sampai terlewatkan adalah membawa obat-obatan yang diperlukan jika memang sedang dalam menjalani pengobatan, maupun sekadar obat anti mabuk mengingat perjalanan yang ditempuh cukup lama.

Selain itu, bawalah makanan tahan lama karena tentunya Anda tidak bisa memanaskan makanan tersebut sebelum dimakan, bukan? Sehingga dibutuhkan makanan yang praktis karena siap santap tanpa repot. Karena jika membeli makanan di dalam kapal, tentu Anda harus merogoh kocek lebih karena harganya yang tentunya lebih mahal ketimbang membawanya bekal sendiri.

3 dari 6 halaman

4. Cari Lokasi Duduk yang Nyaman di Kapal

Mengingat Anda akan melakukan perjalanan jauh, secara otomatis harus dipastikan bahwa Anda nyaman berada di kapal laut tersebut.

Salah satu yang perlu Anda terapkan adalah dengan mencari tempat duduk yang lokasinya membuat Anda nyaman selama perjalanan, misalkan di bagian tengah kapal atau di lokasi yang sirkulasi udaranya baik.

5. Pastikan Anda Paham Perihal Safety Tips

Awak kabin di kapal laut tentu akan memberikan tips keselamatan (safety tips) perjalanan bagi penumpang. Oleh karena itu, perhatikanlah mereka agar Anda mengetahui informasi penting perihal keselamatan dalam perjalanan menggunakan transportasi kapal laut, misalnya lokasi pelampung dan terlebih lagi jalur evakuasi. Sehingga Anda benar-benar menikmati perjalanan liburan dengan kapal laut ini.

4 dari 6 halaman

6. Jangan Mengonsumsi Makanan Pemicu Mabuk

Dalam perjalanan menggunakan kapal laut, sangat sering ditemukan orang-orang yang mabuk laut selama perjalanan. Mungkin Anda salah satunya.

Rasa mabuk perjalanan bisa dipicu oleh makanan pedas dan makanan siap saji lainnya yang dijual di dalam kapal. Oleh sebab itu, daripada Anda muntah di kapal lebih baik Anda menghindarinya.

Hindari mengonsumsi makanan yang memicu mabuk laut, seperti makanan dari olahan susu, daging mreah, ayam, ikan dan sejenisnya, lalu keju, alkohol, dan makanan yang banyak mengandung minyak. Sebaiknya Anda mengonsumsi makanan yang banyak mengandung buah dan sayuran selama perjalanan dengan kapal laut.

7. Pakailah Topi, Sunblock, dan Sunglass

Meski berada di kapal, tentu paparan sinar matahari bisa mengenai kulit dan mata. Untuk itu, pakailah pelindung kulit dari sinar ultra violet (UV).

Gunakanlah kacamata khusus matahari (sunglass) guna melindungi mata dari sinar UV. Selain itu, memakai topi juga akan membuat nyaman kepala Anda saat menikmati suasana dan berjalan-jalan di bagian luar kapal.

5 dari 6 halaman

8. Jaga Barang Bawaan dengan Baik

Di kapal laut, tentunya banyak sekali penumpang yang sama sekali tidak Anda kenal. Oleh sebab itu, jagalah barang bawaan Anda dengan baik untuk menghindari hal-hal buruk yang tidak diinginkan.

Kalau bukan Anda sendiri yang menjaga, siapa lagi? Sebab pihak kapal laut tidak bertanggung jawab atas segala bentuk kehilangan yang terjadi di kapal tersebut. Oleh karena itu, bertanggungjawablah pada diri Anda sendiri.

9. Beristirahatlah yang Cukup

Beristirahat yang cukup selama perjalanan dengan kapal laut sangat penting bagi tubuh. Sehingga Anda tidak mudah jatuh sakit, seperti masuk angin, pusing, atau kelalahan yang amat sangat, mengingat perjalanan yang cukup lama dan berada di tengah laut. Tentu kondisi cuacanya jauh berbeda bila dibandingkan dengan daratan.

 

6 dari 6 halaman

10. Bawalah Pengalih Perhatian agar Tak Jenuh

Rasa bosan pastinya akan hadir saat Anda melakukan perjalanan menggunakan kapal laut karena jarak yang ditempuh cukup lama. Oleh sebab itu, pastikan bahwa Anda membawa benda yang bisa membuat Anda keluar dari kebosanan selama perjalanan dengan kapal laut ini. Karena sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhkan pemandangan hamparan lautan yang luas seolah tak berbatas.

Nikmati Travelling dengan Kapal Laut yang Menyenangkan

Menikmati travelling tidak melulu pada saat sesampainya di destinasi wisata. Akan tetapi, Anda juga bisa menikmati perjalanan menuju tempat liburan dengan menggunakan kapal laut.

Namun tetap saja perhatikan hal-hal yang dibutuhkan dan diperlukan untuk menikmati perjalanan kapal laut Anda. Sehingga travelling Anda semakin menyenangkan, aman, dan nyaman.

Wawancara Dirut LRT Jakarta
Loading
Artikel Selanjutnya
Mau Tahu Cara Dongkrak Citra Website? Simak Tips Jitu Ini
Artikel Selanjutnya
7 Tips Aman Solo Travelling agar Makin Seru dan Asyik