Sukses

Tingkatkan Skor Kredit Anda dengan 5 Trik Ini

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki skor kredit yang baik penting untuk melakukan pinjaman ke depannya. Skor kredit menggambarkan kemampuan Anda untuk membayar utang kredit.

Dengan skor kredit yang baik, akan lebih mudah bagi Anda untuk mendapat pinjaman dengan bunga yang lebih rendah. Artinya, risiko yang Anda tanggung pun lebih kecil. Mengutip Lifehack, 5 trik ini bisa membantu meningkatkan skor kredit Anda.

1. Perbaiki eror yang ada

Sebelum berupaya meningkatkan skor kredit, pastikan informasi pada laporan kredit Anda akurat. Cek kesalahan penulisan, alamat, atau rekening yang bukan milik Ada.

Jika ada informasi yang salah, segera hubungi perusahaan laporan kredit Anda. Lakukan pemeriksaan ini setidaknya setahun sekali untuk menghindari masalah berkepanjangan.

2 dari 3 halaman

2. Katakan tidak pada kartu kredit baru

Ironisnya, semakin tinggi kartu kredit Anda, semakin banyak pula penawaran kartu kredit yang datang. Ini bukan berarti Anda harus memiliki belasan kartu kredit. Batasi diri Anda pada 1 sampai 4 kartu kredit saja.

Jika Anda memiliki lebih dari 4, fokus untuk mengurangi beberapa yang tidak Anda gunakan. Banyak perusahaan dan toko akan meyakinkan Anda untuk membuka kartu kredit baru dengan bonus tunai yang menarik. Jangan jatuh dalam jebakan ini.

3. Buat pembayaran otomatis

Siapapun pasti pernah lupa membayar tagihan mereka. Salah satu cara untuk menghindari terlambat bayar tagihan adalah dengan mengatur pembayaran otomatis untuk tagihan Anda. 

Saat ini, sebagian besar bank memiliki fitur “pembayaran tagihan” yang memungkinkan Anda mengatur pembayaran secara berulang. Tinjau riwayat tagihan kredit Anda dan tuliskan tanggal jatuh tempo tagihan pada selembar kertas terpisah.

Pastikan Anda memiliki pemahaman yang baik tentang arus kas Anda untuk mengetahui berapa banyak uang yang tersisa setiap bulan. Gunakan jumlah yang tersisa untuk melakukan pembayaran kartu kredit tambahan.

3 dari 3 halaman

4. Sesuaikan tanggal tagihan

Siklus pembayaran tiap orang berbeda-beda. Maka itu, sesuaikan tanggal jatuh tempo tagihan dengan tanggal yang memudahkan Anda. Jika tagihan Anda jatuh tempo sebelum tanggal gajian Anda, ubah tenggat pembayaran Anda.

Terkadang, mengubah tanggal jatuh tempo bisa begitu rumit atau bahkan tidak memungkinkan. Dalam kasus ini, pertimbangkan menggunakan kartu kredit Anda untuk membayar tagihan.

5. Jangan gunakan kartu kredit secara berlebih

Pastikan pemanfaatan kartu kredit Anda di bawah 30 persen. Menggunakan kredit lebih dari ini meninggalkan kesan bahwa Anda mengalami kesulitan finansial.

Jangan bergantung pada kartu kredit Anda untuk melakukan perbelanjaan sehari-hari dan beralih ke kartu debit. Anda cenderung tidak akan melakukan impulsif dan hanya membeli barang yang mampu Anda beli.

Meningkatkan skor kredit tidak akan bisa dilakukan dalam semalam. Namun apabila Anda rutin menerapkan trik ini dan menanamkan kebiasaan finansial yang baik, mendapatkan skor kredit yang bagus tidaklah sulit. (Felicia Margaretha)

 

Artikel Selanjutnya
Ini Tanda Kartu Kreditmu Sudah Aman dan Terjamin
Artikel Selanjutnya
Mau Beli Perabotan Rumah Tangga? Ada Baiknya Anda Catat Hal Ini