Sukses

Mengenal KlikMRO, Situs Jual Beli Lokal Khusus Barang Industri

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan teknologi memberikan cakrawala baru bagi mereka yang persisten ingin maju. Sudah ada perpustakaan online, ojek online, dan yang tak kalah menarik jual barang industri secara online.

Situs e-commerce KlikMRO, yang didirikan Kawan Lama Grup, mempermudah penjualan perkakas bagi pelanggan di berbagai daerah. Kehadiran mereka terutama membantu pelaku industri untuk memenuhi kebutuhan peralatan atau perlengkapannya. 

Namun, pelanggan mereka tidak sebatas CV atau pabrik. Situs ini turut melayani berbagai segmen, termasuk ke pemerintah dan reseller.

"Saat ini kami konsen di oil & gas, mining, kemudian di manufacture, services: hotel, restoran, dan penerbangan. Lebih ke industrial," jelas Christianto Hermawan, Head of Marketing KlikMRO.com, saat berkunjung ke kantor Liputan6.com di Gondangdia, Senin (28/8/2018).

Sejauh ini, KlikMRO telah mengirim barang sampai ke Papua. Di luar sekadar jual-beli, klikMRO.com turun mengambil peran sebagai konsultan bagi perusahaan yang membeli.

"Banyak di Indonesia, terutama Jakarta, banyak hotel-hotel baru, dan manajemennya pribadi bukan grup, jadi kami bantu turut sharing pada mereka tentang manajemen hotel dan segala macam," jelas Christianto.

Dari segi penjualan, harga di KlikMRO.com tidak terlalu berbeda dengan pasaran. Saat ini mereka menjual dari lebih dari 800 brand, dan memiliki 700 ribu jenis perkakas industri, target mereka adalah 1 juta barang pada penutupan tahun.

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

2 dari 2 halaman

Visi ke Depan

Christian menjelaskan, kedepannya KlikMRO ingin menyewakan barang-barang investasi. Tujuannya agar tidak ada lagi produk investasi yang terbengkalai setelah proyek berakhir.

Lebih lanjut, KlikMRO ingin menyediakan platform untuk memudahkan ahli di tiap daerah agar bertemu dengan pemegang proyek yang tengah menghadapi masalah. Sehingga, perusahaan tidak perlu repot mengirim orang dari jauh.

KlikMRO juga ingin memperkuat industri lokal agar lebih banyak produsen perkakas lokal dan mengedukasi UKM.

Christianto pun mengungkapkan untuk melindungi produktivitas barang dalam negeri dari penetrasi impor. Saat ini, 90 persen barang di klikMRO.com masih impor, dan mereka berambisi mengubah hal tersebut.