Sukses

3 Cara Ampuh Tingkatkan Produktivitas Hanya Bermodal Ponsel

Liputan6.com, Jakarta - Di zaman serba teknologi seperti sekarang ini, hampir semua orang memiliki yang namanya ponsel. Bahkan, ponsel kini sudah menjadi kebutuhan primer yang terbukti orang rela putar balik kendaraan karena ponsel tertinggal di rumah.

Dari berbagai macam fungsinya, bahkan ponsel pun bisa memberikan dampak negatif. Tapi dampak positif dari ponsel pun juga tak kalah jauh lebih besar bila bisa memanfaatkannya dengan baik, salah satunya untuk meningkatkan produktivitas seseorang.

Lalu, bagaimana cara memanfaatkan ponsel dengan maksimal? Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut cara meningkatkan produktivitas hanya dengan ponsel.

1. Tetapkan Hal Apa Saja yang Harus Diakukan

Anda harus menetapkan hal apa saja yang harus diselesaikan pada waktu tertentu. Buatlah daftar mengenai pekerjaan apa saja yang menjadi tanggung jawab Anda. Salinlah daftar tersebut pada note ponsel Anda.

Hal ini akan membuat lebih efektif dan efisien karena Anda tidak perlu membuang-buang waktu mencari kertas dan pulpen untuk menulis rencana kerja Anda. Lagipula, Anda tentu membawa ponsel ke mana pun pergi, bukan?

Dengan cara ini, Anda akan lebih mudah memastikan pekerjaan-pekerjaan yang Anda susun lebih terstruktur. Hindari menyepelekan pekerjaan apapun bahkan yang paling mudah sekalipun. Sebab akan menyebabkan menurunnya produktivitas kerja karena mengulur-ulur waktu untuk mengerjakan sesuatu.

Tak jarang, kebiasaan itu membuat melaksanakan tanggung jawabnya sebelum menit-menit terakhir deadline menyerangnya. Mulai sekarang, belajarlah untuk lebih tepat waktu tanpa memberikan alasan apapun saat Anda tidak bekerja sesuai dengan target yang telah Anda tetapkan. (Baca Juga: Miliki Disiplin Kerja dengan 5 Strategi Ini)

 

* Update Terkini Asian Games 2018. Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini

2 dari 3 halaman

2. Pasang Alarm pada Note

Setelah menetapkan pekerjaan apa saja yang menjadi tanggung jawab Anda sesuai dengan urutan, kini saatnya Anda memasang waktu untuk masing-masing pekerjaan tersebut. Tetapkan jam berapa sebuah pekerjaan harus Anda lakukan dan harus sudah selesai.

Dengan memasang alarm (pengingat) di setiap waktu yang ditetapkan, Anda akan selalu diingatkan mengenai berapa banyak waktu lagi yang Anda miliki untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan. Dengan begitu, Anda bisa lebih menghemat tenaga karena tidak harus mengingatnya secara manual dan tidak harus terus menerus melihat jam untuk mengerjakan pekerjaan selanjutnya karena ada alarm yang akan mengingatkan Anda.

Buatlah nada dering sesuai dengan kesukaan Anda namun tetap perhatikan kenyamanan orang di sekitar Anda. Atau bisa menggunakan mode getar pada ponsel Anda.

3 dari 3 halaman

3. Disiplin dalam Menjalankan Tugas

Disiplin sangat penting bagi semua orang, khususnya bagi para pekerja. Kedisiplinan yang dimiliki oleh setiap pekerja sangat berpengaruh pada tingkat produktivitasnya dalam bekerja. Oleh sebab itu, belajarlah untuk datang tepat waktu ke kantor, tepat waktu dalam menyelesaikan tugas dan lain sebagainya.

Disiplin juga mencerminkan bahwa seseorang konsisten dalam menjalankan sesuatu. Contohnya adalah memasang alarm dan note pada ponsel sebagai pengingat dalam bekerja. Taatilah aturan yang sudah Anda buat sebelumnya mengenai alarm dan note tersebut serta berusahalah untuk tetap menjalankannya tanpa pengecualian. (Baca Juga: Tips Mengurangi Kebiasaan ‘Workaholic’)

Tingatkan Produktivitas dan Raih Sukses

Kunci meraih kesuksesan adalah produktivitas, dan kunci dari meningkatkan produktivitas adalah disiplin. Maka, disiplinlah dalam menjalankan setiap tugas Anda.

Jika Anda sudah memasang alarm untuk bangun pada pukul 5 pagi, maka bangunlah ketika alarm itu sudah berdering. Bukan malah mematikan alarm lalu tidur kembali. Itu adalah contoh sederhananya yang biasa terjadi di kehidupan sehari-hari.

Jadwal yang sudah capek-capek Anda rancang sudah seharusnya Anda patuhi. Saat merancang jadwal tersebut, tentu Anda melakukan banyak pertimbangan agar jadwal yang dihasilkan bisa lebih terstruktur, bukan? Gunakan ponsel Anda dengan bijak agar Anda semakin merasakan keuntungan memiliki fasilitas teknologi ini.

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tips Jawab Pertanyaan Motivasi Kerja Saat Wawancara
Artikel Selanjutnya
Mau Kaya Saat Muda? Buruan Tiru 4 Tips Ini