Sukses

Daftar Maskapai dan Negara dengan Penerbangan Termurah di Dunia, RI Termasuk?

Liputan6.com, Jakarta - Bagi yang kerap berlalu lalang memakai pesawat terbang, sepertinya perlu mengetahui hal ini. Situs web perencanaan perjalanan Rome2rio, melansir harga tiket kelas ekonomi untuk menentukan biaya rata-rata per kilometer dari penerbangan maskapai di seluruh dunia bertajuk Peringkat Penerbangan Global 2018. Data ini mengacu pada perjalanan periode Januari dan Februari. 

Hasilnya menunjukkan jika terdapat 50 maskapai penerbangan termurah, untuk rute internasional dan domestik. Serta negara-negara di mana penerbangan termurah tersebut ditawarkan bila dihitung secara jarak.

Melansir laman www.travelandleisure.com, Tigerair Australia menjadi maskapai termurah di dunia. Tarif yang ditawarkan hanya US$ 0,06 per kilometer. Posisi kedua diikuti AirAsia X (US$ 0,07), Indonesia AirAsia (US$ 0,08), Jetstar (US$ 0,09), dan Etihad (US$ 0,10) melengkapi lima besar.

Selain itu, maskapai Citilink Indonesia, WOW Air, Oman Air, Lion Mentari Airline dan Ryanair juga menawarkan tarif US$ 0,10 per kilometer.

Namun khusus di AS, tidak ada maskapai AS yang masuk dalam 50 maskapai penerbangan termurah. Maskapai negara ini menawarkan tarif sebesar US$ 0,14.

Bila mengacu pada rute perjalanan internasional, penelitian ini menemukan bahwa maskapai Asia memiliki penerbangan biaya terendah. Maskapai termurah adalah AirAsiaX, diikuti Air India Express, Indonesia AirAsia, Primera Air, dan IndiGo Airlines.

Beberapa maskapai penerbangan dengan harga terendah berikutnya dalam kategori internasional termasuk maskapai besar seperti Etihad, Qantas, dan maskapai penerbangan murah seperti WOW Air dan Ryanair.

Sementara untuk rute perjalanan domestik, maskapai penerbangan termurah menurut kilometer adalah Tigerair Australia, Jetstar, Indonesia AirAsia, JetSMART, dan Indonesia AirAsia Extra.

Sementara negara-negara dengan tarif tiket pesawat rata-rata termurah berdasarkan jarak, adalah Chili, Indonesia, Turki, India, Bulgaria, Thailand, dan Afrika Selatan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Ancam Penerbangan, 71 Pilot Laporkan Penemuan Balon Udara
Artikel Selanjutnya
Pencabutan Larangan Terbang ke Eropa Jadi Kado Lebaran Sektor Penerbangan RI