Sukses

Cegah Kemacetan, Pemudik Diminta Tidak Hanya Andalkan Jalan Tol

Dengan adanya pilihan jalan diharapkan kepadatan lalulintas arus mudik dapat terurai‎.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengingatkan masyarakat yang hendak mudik, untuk tidak mengandalkan jalan tol ketika terjadi penumpukan kendaraan.

Direktur Lalu Lintas Kemenhub Pandu Yunianto mengatakan, pemudik sebaiknya tidak fokus menggunakan jalan tol, karena pemerintah sudah menyiapkan piihan lain berupa jalan nasional yang saat ini kondisinya sudah diperbaiki.

"Jangan fokus jalan tol, jalan Pantura sudah diperbaiki, jalan Selatan sudah diperbaiki‎," kata Pandu, dalam sebuah diskusi di Kawasan Cikini, Jakarta, Sabtu (2/6/2018).

‎Dengan adanya pilihan jalan diharapkan kepadatan lalulintas arus mudik dapat terurai‎, sehingga dapat menghindari kemacetan panjang pada jalan tol. Karena ada alternatif jalur lain.

"Kita menyiapkan pra sarana jalan nasional dan tol, kemantapan jalan diruas jalur mudik 90 persen. Ini kita upayakan dipertahankansehingga berjalan dengan baik," tuturnya.

Pandu mengungkapkan, saat ini jalan nasional tersebar pada tiga jalur‎ yaitu 1.341kilo meter (km) di Pantai Utara (Pantura) Jawa, 1.200 kilo meter (km) di jalur tengah dan 1.400 km di jalur selatan. Khusus jalur selatan, memiliki daya tarik tersebdiri, karena terdapat tujuan wisata.

"Ini ruas jalan potensial untuk dieksplor. Di selatan sangat menarik ruasnya, baik ada destinasi wisata, mudik jadi asik," tandasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prediksi Kenaikan Jumlah Pemudik

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi terjadi peningkatan jumlah pemudik pada semua jenis moda transportasi pada arus  mudik pada Lebaran kali ini.
 
Direktur Lalu Lintas Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Pandu Yunianto, mengatakan khusus pengguna bus akan ada peningkatan sebesar 1,76 persen.
 
"Prediksi arus mudik kali ini, jenis angkutan Bus naik 1,76 persen. (Jumlah pemudik) 8 juta," ungkapnya dalam diskusi di Warung Daun, Jakarta, Sabtu (2/6/2018).
 
Penggunaan sepeda motor juga mengalami peningkatan. Diprediksi akan ada 8,5 juta pemudik yang menggunakan sepeda motor. 
 
Sementara itu menurut Pandu, penggunaan mobil pribadi juga mengalami peningkatan pada momen mudik tahun ini menjadi 3,72 juta.
 
"Untuk moda transportasi lain, udara juga ada peningkatan. Kereta api, alami peningkatan 5 persen. Kapal laut meningkat 2,27 persen," dia menandaskan.
Reporter: Wilfridus Setu Umbu
Sumber: Merdeka.com
 
Tonton Video Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.