Sukses

Jadi Imigran, 14 Orang Ini Kini Sukses Jadi Miliarder

Imigran berikut ini merupakan orang-orang yang sukses memutuskan untuk berkarier di Amerika Serikat. Siapa saja imigran tersebut?

Liputan6.com, Jakarta - Pindah ke negara besar dan hidup di negara orang tentu bukan perkara mudah. Segala risiko mulai dari perbedaan kultur, bahasa, hingga tempat tinggal merupakan tantangan sendiri bagi seseorang atau imigran yang pindah ke negara baru. Meskipun demikian, beberapa orang memandang menaklukan suatu negara merupakan suatu tantangan yang menarik. 

Tak terkecuali negara adidaya seperti halnya Amerika Serikat (AS). Dipandang sulit dan berat, beberapa imigran ini berhasil membuktikan untuk hidup di negeri orang dan sukses menggaet predikat miliarder dunia saat ini. Dilansir dari Business Insider, Sabtu (5/5/2018) berikut 14 imigran dunia yang kini sukses besar menjadi miliarder dunia setelah datang ke AS:

1. Celine Dion

Penyanyi asal Kanada yang menyanyikan soundtrack My Heart Will Go On di film Titanic ini berhasil membuktikan menjadi imigran tidaklah selalu berujung buruk. Memenangkan banyak penghargaan dunia seperti Grammy dan Academy Award, Celine Dion berhasil menjadi salah satu jutawan dunia saat ini. 

Harta Kekayaan: USD 400 juta atau Rp 5,57 triliun (asumsi kurs Rp 13.946 per dolar AS).

Asal Negara: Canada

2. Bharat Desai

Lahir di Kenya dan dibesarkan di India, Desai datang ke AS untuk bekerja di Tata Consultancy Services. Kemudian ia dan istrinya mulai membangun firma konsultan milik mereka sendiri. Desai sukses tercatat sebagai salah satu imigran yang jadi miliarder dunia saat ini.  

Harta kekayaan: USD 1,2 miliar atau sekitar Rp 16,73 triliun

Asal Negara: Kenya

3. Eren Ozmen

Ia berasal dari Turki, dan datang ke Amerika Serikat (AS) untuk mengejar pendidikan lebih tinggi di Universitas Nevada.Ia pun memperoleh kekayaan dengan menjalankan perusahaan Sierra Nevada Corp bersama suaminya, perusahaan kedirgantaraan swasta yang klien-nyaantara lain NASA hingga US Air Force.

Harta kekayaan: USD 1,46 miliar atau sekitar Rp 20,36 triliun

Asal negara: Turki

4. Kavitark Ram Shriram

Sebagai mantan eksekutif perusahaan Netscape, Shriam juga peroleh kekayaan dari investasi awal di Google. Adapun nama perusahaanmodal venturanya, Sherpalo berasal dari tempat kelahiran dan rumahnya yang digabungkan dari kata Sherpa dan Palo Alto.

Harta kekayaan: USD 2,1 miliar atau Rp 29,28 triliun

Asal negara: India

5. Jorge Perez

Jorge Perez merupakan teman Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Meski teman, ia juga kritik kebijakan Trump soal dindingperbatasan dengan Meksiko. Perez pernah tinggal di Argentina dan Kolombia, hingga akhirnya pindah ke Miami.

Ia mendapatkan kekayaan berasal dari usaha properti. Ia membangun unit perumahan yang terjangkau dan mewah di Amerika Serikat, Meksiko, dan Amerika Selatan.

Harta kekayaan: USD 3 miliar atau sekitar Rp 41,83 triliun

Asal negara: Argentina

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

6. Do Won dan Jin Sook Chang

6. Do Won dan Jin Sook Chang

Apakah Anda dan pasangan memiliki USD 11 ribu dan pendidikan sekolah menengah atas? Itulah yang dimiliki pasangan Changs ketika memulai bangun ritel pakaian Forever 21 usai tiba di Los Angeles lebih dari 30 tahun lalu. Meskipun ada gugatan hak cipta,industri fashion telah memperlakukan pasangan tersebut dengan sangat baik.

Harta kekayaan: USD 3,2 miliar atau Rp 44,62 triliun

Asal negara: Korea Selatan

7. Peggy dan Andrew Cherng

Sebelum menjadi tempat makan di pusat perbelanjaan, Panda Express merupakan restoran China kecil di California yangdikerjakan Andre bersama ayahnya.

Ketika ditawari lokasi di dalam area pusat perbelanjaan Los Angeles, Peggy yang seorang insinyur dan Andrew memanfaatkan peluang itu. Akhirnya usaha itu berhasil dalam 30 tahun dan ciptakan kekayaan USD 3 miliar.Panda Express termasuk restoran China paling sukses di dunia.

Harta kekayaan: USD 3,3 miliar atau Rp 46,02 triliun

Asal negara: Burma (Peggy) dan China (Andrew)

8. Shahid Khan

Shahid Khan, pemilik NFL Jacksonville Jaguars diperkirakan memiliki kekayaan USD 7,3 miliar. Dilahirkan dari orangtua kelas menengahdi Lahore, Pakistan, Khan peroleh kekayaan dengan memasok manufaktur mobil Flex-N-Gate dan mengembangkan bagian truk.

Harta kekayaan: USD 7,3 miliar atau Rp 101,82 triliun

Asal negara: Pakistan

9. Patrick Soon-Shiong

Menjadi dokter pada usia 23 tahun, kini ia tinggal di Los Angeles. Ia memiliki saham minoritas di klub basket NBA LA Lakers.Soon-Shiong juga berasal dari keluarga imigran, ketika orangtuanya meninggalakn China ke Afrika Selatan saat perang dunia II.

Harta kekayaan: USD 7,7 miliar atau Rp 107,40 triliun

Asal negara: Afrika Selatan

10. George Soros

Manajer hedge fund paling terkenal di dunia. Ia melarikan diri dari Hongaria ke Inggris selama perang dingin.Soros akhirnya menetap di New York, dan terkenal karena filantropi serta dukungannya untuk politik liberal.

Harta kekayaan: USD 8 miliar atau Rp 111,61 triliun

Asal negara: Hongaria

 

3 dari 3 halaman

11. Jan Koum

11. Jan Koum

Salah satu pendiri aplikasi pesan singkat Whatsapp ini bersama ibunya meninggalkan Ukraina tak lama setelah Uni Soviet bubar.Ia datang ke California. Ia bekerja membersihkan lantai untuk memenuhi kebutuhan hidup. Ia juga kuliah di San Jose State University.Menurut Forbes, ketika Facebook membeli WhatsApp senilai USD 22 miliar, Koum menandatangani kesepakatan di pintu gedung tempatia biasa mendapatkan kupon makanan.

Harta kekayaan: USD 9,1 miliar atau Rp 126,93 triliun

Asal negara: Ukraina

12. Pierra Omidyar

Omidyar lahir di Prancis yang merupakan keturunan Iran. Ia datang ke Amerika Serikat bersama orangtuanya saat berusia enam tahun.Ia mendirikan rumah lelang online eBay pada 1995. Omidyar telah memperluas portofolionya dalam beberapa tahun terakhir dan investasidi berbagai media antara lain The Intercept.

Harta kekayaan: USD 10,9 miliar atau Rp 152,03 triliun

Asal negara: Prancis

13. Elon Musk

Musk merupakan salah satu pendiri PayPal. Ia menciptakan kekayaan berasal dari sektor teknologi dan mendorong pembuatan mobil listrik,perjalanan ruang angkasa dan kecerdasan buatan.

Harta kekayaan: USD 19 miliar atau Rp 264,99 triliun

Asal negara: Afrika Selatan

14. Sergey Brin

Brin dan orangtuanya melarikan diri dari Uni Soviet ketika berusia enam tahun. Di Universitas Stanford, ia dan temannya Larry Pagemengembangkan Google.

Harta kekayaan: USD 47,6 miliar atau Rp 663,74 triliun

Asal negara: Rusia

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder

  • imigran