Sukses

Wajib Tahu! 10 Trik Jitu Borong Buku di Pameran

Liputan6.com, Jakarta - Buku merupakan jendela dunia. Dengan membaca, orang akan mendapatkan wawasan luas. Buku juga akan melatih untuk berempati terhadap sesama jenis. Suatu studi bahkan mendapatkan bukti, orang yang suka membaca buku bisa hidup lebih bahagia.

Jika sudah menjadi hobi, baca buku sebenarnya merupakan aktivitas yang menyenangkan. Anda akan mengetahui banyak hal dan bisa menjadi siapa saja.

Sebenarnya, sekarang ini hampir tidak alasan bagi orang untuk tidak suka baca buku. Ada jutaan buku dari berbagai genre yang sangat menarik untuk dibaca dan dikoleksi. Di setiap mal, hampir selalu ada toko buku besar.

Pameran buku juga sudah menjadi kegiatan yang rutin digelar. Sebagai sebuah festival, ajang pameran sebenarnya bisa Anda manfaatkan untuk mengenalkan keluarga untuk mencintai buku. Anda bisa manfaatkan akhir pekan bermanfaat dan lebih hemat bersama keluarga.

Namun, acara belanja ini bisa berubah menjadi kegiatan yang melelahkan fisik dan batin, jika dilakukan tanpa trik yang tepat. Pasalnya, ada ratusan bahkan ribuan orang yang akan memadati area pameran buku besar pada waktu bersamaan.

Lalu, seperti apa tips berbelanja secara tepat dan nyaman di pameran buku? Perhatikan beberapa tips dari Danaxtra berikut ini.

1. Buat list buku yang hendak dibeli

Agar tidak linglung saat tiba di sana, penting bagi Anda untuk sudah membuat daftar buku yang akan dibeli. Anda harus ingat, ada sangat banyak pecinta buku yang datang ke sana, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Jika Anda tidak punya referensi, siap-siap saja kehabisan buku bagus dengan harga yang bagus.

2 dari 6 halaman

2. Perhatikan denah lokasi

Lokasi penyelenggaraan pameran buku biasanya sangat luas, bisa sampai puluhan ribu meter persegi. Bagi yang tidak terbiasa, tentu akan kesulitan. Karena itu, perhatikan denah lokasi pameran yang biasanya selalu terdapat di dekat pintu masuk pameran. Melalui denah tersebut, pengunjung bisa menentukan lokasi tempat buku yang dicari.

Perhatikan juga denah setiap genre, sehingga Anda bisa menghemat waktu dalam mencari buku. Dengan list buku yang sudah disusun dari rumah, Anda bisa langsung mencari area atau blok toko buku yang spesifik. Misalnya, jika tujuan Anda memang mencari buku untuk anak Anda yang berusia 5 tahun, Anda bisa langsung ke booth buku anak-anak.

3. Jangan buang-buang waktu, segera tentukan pilihan

Rak-rak buku pajangan di setiap booth biasanya sudah diklasifikasi berdasarkan usia dan konten buku. Misalnya, buku cerita, buku belajar membaca, sejarah, berhitung, dan lainnya. Intinya, jangan buang-buang waktu, langsung ke tujuan dan jangan banyak membandingkan. Bandingkan saja satu atau dua buku, kemudian pilih.

3 dari 6 halaman

4. Tentukan bujet

Oh ya, untuk pembayaran, Anda memang bisa menggunakan uang tunai, juga kartu debit atau kredit. Namun, jika ingin berhemat, ada baiknya Anda membawa uang tunai secukupnya saja.

Rata-rata, pengunjung bisa menghabiskan uang sekitar ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Nah, agar tidak boros ketika berburu buku di pameran, tentukan bujet terlebih dahulu.

Misalnya, Anda hanya ingin mengeluarkan uang sekitar Rp 1 juta. Jika harga buku yang Anda incar kira-kira Rp 60 ribuan, itu artinya Anda bisa membawa pulang sekitar 16 buku.

5. Pilih buku yang memang dibutuhkan

Ya, memborong banyak buku terkadang memang bikin kalap alias lupa diri. Anda tidak sadar bahwa sudah menghabiskan uang jutaan rupiah demi buku. Sayangnya, ketika di rumah, Anda baru menyadari jika ada buku-buku yang tidak ingin dibaca atau dimiliki.

Membaca review akan membantu Anda untuk membeli buku yang bagus dan menyingkirkan yang jelek. Anda tentu tidak ingin menghabiskan uang ratusan ribu, bahkan mungkin jutaan untuk buku-buku yang tidak bermutu, kan?

4 dari 6 halaman

6. Gunakan jasa penitipan buku

Saat Anda terlalu banyak membawa buku yang ingin dibeli, tentu akan kewalahan. Anda bisa menitipkan buku-buku yang ingin dibeli di pos penitipan buku di dekat stan Bank Mandiri dan kasir.

Pos penitipan menerima layanan titip buku selama 24 jam. Anda akan diberikan tanda bukti untuk bisa mengambil titipan.

7. Membawa koper

Nah, ini penting dicatat jika Anda ingin borong buku. Dengan koper, Anda tidak perlu menenteng-nenteng buku berat. Koper adalah solusi terbaik untuk berburu buku di pameran.

5 dari 6 halaman

8. Kenakan pakaian yang nyaman

Jangan lupa, kenakan pakaian yang nyaman sehingga Anda bisa betah berlama-lama mencari buku-buku favorit. Apalagi, jika Anda datang pada siang hari, lebih baik pilih baju berbahan katun, agar lebih mudah bergerak. Hindari sepatu berhak tinggi, lebih baik gunakan sepatu beralas datar, seperti sneakers.

9. Pastikan perut kenyang

Sebelum berburu buku, pastikan perut Anda kenyang. Jika datang pagi hari, pastikan perut Anda telah terisi. Di dalam area pameran sendiri biasanya juga terdapat food court. Anda bisa sejenak mampir ke food court untuk mengisi perut.

6 dari 6 halaman

10. Bawa teman

Anda juga bisa mengajak teman atau anggota keluarga ketika berburu buku. Strateginya, teman Anda mengantre terlebih dahulu di kasir, sementara Anda berburu buku. Sehingga, begitu Anda selesai berburu buku, teman Anda yang antre sudah berada di depan kasir.

Emosi Ditagih Utang, Pria Bunuh Rekan Sendiri

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Mau Beli Mobil di IIMS 2018? Terapkan 7 Jurus Jitu Ini
Artikel Selanjutnya
Begini Cara Pintar Menabung untuk Bahagiakan Orang Tua