Sukses

5 Teh Termahal di Dunia, Harganya Bikin Tercengang

Ternyata ada beberapa merek teh yang dijual dengan harga tinggi. Kira-kira merek apa saja ya? Lalu, mengapa bisa mahal? Berikut uraiannya.

Liputan6.com, Jakarta - Teh merupakan salah satu minuman paling populer di dunia. Bahkan menariknya, teh merupakan minuman kedua yang paling terkenal dan diminati di dunia, setelah air mineral.

Minum teh menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat berbagai kalangan. Hal ini dibuktikan lewat sebuah laporan yang menemukan data bahwa lebih dari tiga miliar cangkir teh dikonsumsi di seluruh dunia dalam satu hari.

Sebagian besar orang mengonsumsi teh sebagai sebuah kebudayaan di negaranya. Sebagian lainnya mengonsumsi teh hanya untuk merasakan rasanya yang menyegarkan.

Teh yang dikenal masyarakat umumnya memiliki harga yang murah dan dapat dijangkau. Tapi, ternyata kini ada pula lo beberapa merek teh yang menjualnya dengan harga tinggi. Meski dijual dengan harga tinggi, teh-teh ini memiliki rasa berkualitas tinggi yang telah dijual di pasar global.

Penasaran merek teh apa saja yang mahal? Melansir laman thelistli.com, Minggu (15/4/2018), berikut uraiannya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

5. Teh Tieguanyin

Tiegyuanyin merupakan nama salah satu dewa Buddha. Oleh karena itu, teh ini sangat berharga bagi sebagian besar orang. Teh ini memiliki perpaduan yang manis antara teh hitam dan hijau.

Teh ini sangat unik. Untuk menikmati teh ini, Anda harus merebus teh beberapa kali untuk dapat mempertahankan warna, rasa, dan bau yang sama. Teh ini sendiri dijual dengan harga senilai USD 3 ribu atau Rp 41,29 juta (USD 1=Rp 13.763) per kg.

3 dari 6 halaman

4. Teh Oolong Narcissus Wuyi

Mitos kuno mengatakan bahwa teh ini ditanam hanya di Cina. Sepanjang sejarah emasnya, teh berharga ini telah mengalami beberapa kali berpindah tangan di pelelangan, namun pada akhirnya berakhir di tempat yang sama, Cina.

Teh ini tersedia dalam kotak berisi 20 kg. Oleh karenanya, jika Anda ingin mencicipinya, Anda harus membayar tinggi, yaitu USD 6.500 atau Rp 89,46 juta per kg.

4 dari 6 halaman

3. Panda Dung Tea

Panda Dung Tea merupakan teh yang unik. Bagaimana tidak? Teh ini berasal dari kotoran Panda. Namun, jangan membayangkan Anda benar-benar akan minum kotoran Panda.

Menarik untuk diketahui, Dung digunakan sebagai pupuk untuk produksi jenis teh tertentu. Oleh karena itu, teh ini mendapat nama Panda Dung karena saat menanam tanamannya menggunakan pupuk dari kotoran Panda.

Untuk dapat mencicipi teh unik ini, Anda harus merogoh kocek sangat mahal, yaitu lebih dari USD 70 ribu atau Rp 963,45 juta per kg.

5 dari 6 halaman

2. PG Tips Diamond Tea Bag

Untuk merayakan ulang tahun ke-75, perusahaan teh terkenal asal Inggris, yaitu PG Tips meluncurkan koleksi kantong teh buatan tangan pada tahun 2005.

Yang menariknya, setiap kantong teh bertatahkan 280 berlian dengan kualitas yang sangat baik. Selain itu, kantong teh ini berisi penuh Silver Tips Imperial Tea untuk Makibari, teh Darjeeling termahal di seluruh dunia.

Anda akan terkejut jika mendengar harga teh ini. Bagaimana tidak? Setiap kantong teh dijual dengan biaya USD 15 ribu atau Rp 206,45 juta. Selain tehnya yang mewah, teh ini dijual mahal karena untuk mengumpulkan amal di Manchester, Inggris.

6 dari 6 halaman

1. Da-Hong Pao

Da-Hong merupakan salah satu jenis teh Cina. Arti namanya sendiri adalah "Big Red Robe". Awalnya teh ini dianggap sebagai harta nasional Cina karena ditawarkan sebagai hadiah untuk pejabat. Jika Anda meminum teh ini, Anda akan merasakan rasa bunga yang kaya di mulut Anda.

Teh ini merupakan merek teh termahal di dunia. Bagaimana tidak? Harga yang ditawarkan lebih dari 30 kali harga emas. Satu gram teh berharga USD 1.700 atau Rp 23,39 juta, jika Anda membeli satu kg teh ini, Anda harus merogoh kocek yang sangat fantastis, yaitu senilai USD 1,2 juta atau Rp 16,51 miliar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini