Sukses

Keren, Kekayaan Michael Jordan Meroket Jadi Rp 22,7 Triliun dalam Sebulan

Atlet basket dan ikon olahraga terkenal Michael Jordan patut berbahagia. Pasalnya, kekayaan atlet satu ini mampu melejit dalam jumlah besar di waktu yang singkat.

Liputan6.com, New York - Atlet basket dan ikon olahraga terkenal Michael Jordan patut berbahagia. Pasalnya, kekayaan atlet satu ini mampu melejit dalam jumlah besar di waktu yang singkat.

Forbes pada Senin, (2/4/2018) melaporkan kekayaan Michael Jordan melesat ke angka USD 1,65 miliar atau Rp 22,7 triliun. Padahal sebelumnya, kekayaan Michael Jordan hanya berada di angka USD 350 juta.

Ranking Michael Jordan akhirnya naik 90 peringkat di daftar orang terkaya dunia versi Forbes. Atlet berkulit hitam ini kini duduk di peringkat 1.477. Peningkatan kekayaan Michael Jordan tak lepas dari kenaikan nilai valuasi tim basket Charlotte Hornets yang ia miliki. Nilai Hornets melesat 35 persen dalam satu tahun terakhir berkat peningkatan nilai kontrak dengan televisi.

Michael Jordan membeli tim basket ini sebagai bentuk investasi di tahun 2010. Setelahnya, nilai valuasi Hornets terus meningkat dalam beberapa tahun setelahnya. Michael Jordan memiliki 90 persen saham di klub tersebut. Selain itu, kekayaan Michael Jordan juga turut dikerek dari kerja sama sponsor yang ia lakukan dengan Nike.

Merek sepatu olahraga Air Jordan masih merajai pasar sepatu olahraga baksket dengan pangsa pasar sebesar 65 persen. Nike Air Jordan juga memiliki unit bisnis penting di China.

Sepanjang kariernya, Jordan tercatat pernah dua kali menjadi pemain dengan bayaran tertinggi dalam 15 tahun di kompetisi NBA. Atlet berkepala plontos ini juga didapuk sebagai salah satu tokoh olahraga paling tajir di dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sepatu terjual mahal

Sepasang sepatu yang pernah dipakai pebasket terkenal Michael Jordan terjual dalam lelang online dengan harga sangat mahal. Sepatu yang dipakai Jordan dalam pertandingan final basket Olimpiade Los Angeles 1984 tersebut terjual seharga USD 190.372.

Rumah lelang SCP Auctions mengatakan, sepatu tersebut bisa terjual dengan harga sangat mahal karena merupakan sepatu terakhir Jordan yang pernah dipakai dan bukan bermerek Nike. Konon, Jordan lebih memilih untuk memakai sepatu bermerek Adidas sebelum menandatangani kontrak dengan Nike selepas Olimpiade 1984.

Melansir Reuters, dalam pertandingan tersebut, Jordan bermain untuk tim Olimpiade AS di bawah asuhan pelatih Bobby Knight. Tim bola basket AS mampu memenangkan delapan pertandingan dengan rata-rata 30 poin.

Di tahun yang sama, Jordan juga masih berstatus sebagai pemain baru. Di ajang olimpiade, ia berhasil mencetak 20 poin dalam laga melawan Spanyol dengan skor akhir 96-65.

Selain sepatu, memorabilia Michael Jordan lain yang pernah dilelang adalah kaus. Bertepatan dengan hari ulang tahunnya di tahun 2015, situs belanja online, eBay, melelang kaus Chicago Bulls bernomor 23.

Michael Jordan yang punya nama lengkap Michael Jeffrey Jordan lahir pada 17 Februari 1963. Selain piawai bermain basket, Jordan juga dikenal sebagai atlet Amerika yang peduli pada gejolak sosial dan politik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini