Sukses

Bos GarudaFood: Sri Mulyani Layak Jadi Menteri Terbaik di Dunia

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mendapatkan Penghargaan Menteri Terbaik di Dunia (Best Minister in the World Award) di World Government Summit.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati berhasil meraih predikat Menteri Terbaik di Dunia versi World Government Summit di Dubai pada 11 Februari 2018. Prestasi tersebut dinilai sebagai sebuah kerja bersama antara Sri Mulyani dan menteri Kabinet Kerja lainnya.

Hal itu disampaikan pendiri atau Chairman GarudaFood, Sudhamek AWS. "Penghargaan ini sebetulnya adalah hasil kerja kolektif di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi)," ujar Sudhamek saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Senin (12/2/2018).

Sudhamek mengaku kepemimpinan Sri Mulyani yang menaungi Kementerian Keuangan begitu kuat. Bahkan, anggota Komite Ekonomi Industri Nasional (KEIN) itu melontarkan candaan karena kuatnya kepemimpinan Sri Mulyani.

"Harus diakui bahwa leadership Bu Ani memang sangat kuat. Hehe saking kuatnya, kadang terkesan agak judes," ucap Sudhamek.

Dia bilang, ada banyak keberhasilan Kementerian Keuangan di bawah kepemimpinan Sri Mulyani. Yang paling diingatnya adalah keberhasilan program pengampunan pajak (tax amnesty).

"Tax amnesty relatif berhasil, penerimaan pajak yang meningkat, serta transparansi dan produktivitas pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)," dia menerangkan.

Indonesia, kata Sudhamek, mendapat status layak investasi (investment grade) dari tiga lembaga rating dunia, seperti Fitch (2011), Moodys (2012), dan terakhir Standard & Poors (Mei 2017), setelah menunggu 20 tahun lamanya.

"Bu Ani (Sri Mulyani) ‎rajin menjalin komunikasi dengan dunia usaha sehingga kebijakan yang telah dan akan dikeluarkan praktis adalah menjawab harapan dunia usaha, seperti paket insentif pajak yang akan dikeluarkan," tuturnya.

Paling menarik, diungkapkan Sudhamek, ‎Sri Mulyani memberikan perhatian yang intensif tentang ekonomi inklusi. Para pengusaha besar, sambung Sudhamek, didorong untuk ikut membangun desa tertinggal dan sangat tertinggal. Sri Mulyani juga dinilainya siap memberikan insentif pajak apabila program tersebut dijalankan.

"Jadi singkat kata, Bu Ani memang pantas mendapat penghargaan kelas dunia tersebut," tukas Sudhamek.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penghargaan

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mendapatkan Penghargaan Menteri Terbaik di Dunia (Best Minister in the World Award) di World Government Summit yang berlangsung di Dubai, Uni Arab Emirates. Penghargaan tersebut diserahkan pemimpin Dubai, Sheikh Mohammad bin Rashid Al Maktoum.

Penghargaan Menteri Terbaik ini merupakan penghargaan global yang diberikan kepada satu orang menteri dari semua negara di dunia setiap tahunnya dan mulai diberikan pada 2016.

Proses seleksi dan penentuan pemenangnya dilakukan oleh lembaga independen Ernst & Young dan diselenggarakan oleh World Government Summit. 

Sri Mulyani dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya menjadi penerima pertama dari Asia yang menerima penghargaan tersebut.

Dia mengatakan penghargaan tersebut merupakan pengakuan atas kerja kolektif pemerintah dibawah pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi), khususnya di bidang ekonomi. 

Sri Mulyani juga mendedikasikan penghargaan tersebut kepada 257 juta rakyat Indonesia dan 78.164 jajaran Kementerian Keuangan yang telah bekerja keras untuk mengelola keuangan negara dengan integritas dan komitmen tinggi untuk menciptakan kesejahteraan rakyat yang merata dan berkeadilan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.