Sukses

Rumah Mewah Ini Dijual Rp 31 M, Bayarnya Pakai Bitcoin

Liputan6.com, Jakarta - Hingga saat ini, mata uang virtual bitcoin masih saja menjadi perbincangan yang cukup menarik. Meski banyak negara yang mencekal dan menganggap alat pembayaran satu ini bukan pembayaran yang sah dan diakui, tetap saja masih banyak yang meminati untuk menggunakannya.

Kini, telah banyak pedagang yang menerima pembayaran transaksi dari pelanggan dengan menggunakan mata uang virtual bitcoin. Bahkan pembayaran menggunakan bitcoin menjadi tren yang berkembang di pasar real estat. Salah satu real estat yang menerima pembayaran menggunakan bitcoin adalah sebuah rumah di Amerika.

Adalah rumah Middletown, New Jersey, yang secara nominal terdaftar sebesar US$ 2,15 juta atau Rp 29,14 miliar (US$ 1=Rp 13.556) dalam situs Zillow pada akhir Januari.

Akan tetapi, daftar tersebut mencantumkan bahwa penjual akan menerima bitcoin sebagai pembayaran berdasarkan harga jual "tidak dapat dinegosiasikan" sebesar US$ 2,3 juta atau Rp 31,18 miliar.

Rumah mahal tersebut diketahui memiliki luas sebesar 5.600 kaki persegi dan berdiri di atas tanah lebih dari 2,6 hektare.

Rumah di New Jersey yang Dijual Senilai Rp 30,7 Miliar dengan Bitcoin (Foto: Zillow)

1 dari 3 halaman

Bukan Satu-satunya di AS yang Menerima Bitcoin

Selama enam bulan terakhir, semakin banyak daftar real estat yang mulai menerima atau meminta uang digital untuk pembayaran. Bahkan, ada beberapa yang hanya menerima bitcoin sebagai pembayaran.

Bitcoin Real Estate, sebuah situs web yang mengkhususkan diri dalam daftar real estat yang menerima uang digital, mengatakan kepada Mercury News pada akhir Januari bahwa mereka memiliki hampir 400 rumah yang terdaftar di situsnya.

Selain itu, situs real estat Trulia mengatakan kepada Mashable pekan lalu bahwa pihaknya memiliki sekitar 80 daftar yang menyebutkan kripto-kardurrurrency dalam beberapa hal, sementara Redfin mengatakan telah melihat jumlah daftar yang menerima kenaikan kriptokokus dari 75 di bulan Desember menjadi 134 pada bulan Januari.

Sementara itu, Ben Shaoul, presiden Magnum Real Estate Group yang bermarkas di New York, mengatakan kepada CNBC pada bulan Oktober bahwa dia berencana untuk menerima bitcoin sebagai pembayaran untuk kondominium di sebuah bangunan yang saat ini sedang dibangun kembali di Lower East Side Manhattan.

Jika pembeli membayar di sebuah apartemen kecil, yang harganya berkisar US$ 700 ribu sampai US$ 1,5 juta atau Rp 9,48 miliar sampai Rp 20,33 miliar, Shaoul mengatakan bahwa dia akan memegang bitcoin sebagai investasi.

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Rumah seluas 1,4 hektar di Lake Tahoe, California, adalah rumah pertama yang berhasil dijual dengan bitcoin pada tahun 2014. Perusahaan ini menjual 2.739 bitcoin, yang dikonversi menjadi US$ 1,4 juta atau Rp 18,97 miliar tunai oleh BitPay, penyedia layanan pembayaran bitcoin global yang berkantor pusat di Atlanta.

Sebagian besar penjualan real estat yang melibatkan kriptocurrency telah berjalan dengan baik. Para pihak sepakat mengenai harga tetap dalam dolar dan kemudian memutuskan nilai tukar yang adil pada saat penutupan.

Bitcoin kemudian dikonversi menjadi uang tunai oleh pihak ketiga, seperti BitPay, yang kemudian diberikan kepada penjual. Oleh karena itu, pembeli menanggung semua risikonya.

Masalah membeli atau menjual real estat dengan bitcoin saat ini--atau kriptokokus lainnya--adalah fluktuasi nilai pada basis sehari-hari, dan bahkan jam ke jam. Apa yang tampak seperti nilai tukar yang adil pada saat itu, bisa terlihat seperti mencuri atau meretas beberapa bulan kemudian.

Pembelian real estat pertama yang diketahui menggunakan bitcoin secara eksklusif (yaitu konversi bitcoin-to-cash) terjadi akhir Desember lalu.

Kecelakaan Bitcoin Ivan "Paychecks" Pacheco membayar 17.741 bitcoin ke Frank Mainade Jr untuk kondominium dua kamar tidur di Upper East Side Miami, dilaporkan oleh The Real Deal. Pada penutupan, itu setara dengan US$ 275 ribu atau Rp 3,72 miliar dengan nilai tukar sekitar US$ 15.500 atau Rp 210,12 juta per bitcoin.

Hingga pada waktu publikasi pada hari Kamis, 17.741 bitcoin itu bernilai US$ 159.577 atau Rp 2,16 miliar.

Artikel Selanjutnya
Jual Apartemen dengan Bonus Rolls-Royce, Lamborghini hingga Yacth
Artikel Selanjutnya
Telan Rp 607 Miliar, Ini Rincian Ongkos Royal Wedding Harry-Meghan