Sukses

Mau Produktif di 2018? Ini Tips Terbaik yang Bisa Kamu Tiru

Liputan6.com, Jakarta - Perayaan tahun baru telah berakhir, ini artinya merupakan waktu yang tepat bagi Anda untuk mulai membuka lembaran baru dan melakukan hal-hal lebih baik lagi dari tahun sebelumnya, tak terkecuali dengan pekerjaan Anda.

Di 2018 ini Anda harus mulai fokus untuk meningkatkan produktivitas. Ada sejumlah cara yang bisa membantu Anda untuk membuat tahun 2018 Anda menjadi lebih baik lagi, lebih terhindar dari stres, dan lebih efektif.

Penasaran? Dilansir dari laman mirror.co.uk, Kamis (4/1/2018), berikut lima tips yang patut Anda coba:

1. Temukan Tujuan

Seseorang hidup haruslah memiliki sebuah tujuan. Tanpa mengetahui tujuan, Anda bisa terjebak di situ-situ saja dan tak akan pernah berjalan maju.

Mulailah dengan mengambil pena dan selembar kertas. Coba duduk dan pikirkan matang-matang dalam kerenungan.

Setelah itu, cobalah buat tiga daftar yang berisi cara Anda menghabiskan waktu luang, hal-hal yang Anda sukai, serta krisis apa yang Anda di dunia dan bagaimana Anda coba untuk menguranginya. Kemudian, lingkari satu poin terpenting di setiap tiga daftar Anda.

Selanjutnya, ambil tindakan. Cari di internet pekerjaan yang sesuai dengan tiga kriteria Anda, atau bicarakan dengan penasihat karier untuk menemukan pekerjaan yang tepat sesuai kebutuhan Anda.

Paling buruknya, Anda akan mengetahui kualifikasi tambahan apa yang mungkin perlu Anda dapatkan untuk mendaftar. Namun apapun hasilnya, Anda bisa bekerja menuju tujuan - untuk menjalani tujuan hidup Anda.

1 dari 5 halaman

Selanjutnya

2. Reflesikan dan Adaptasi

Sebuah kesalahan merupakan hal wajar yang memang harus dialami karena dari kesalahan dapat membantu kita menemukan 'hak', dan dapat membantu kita untuk memahami apa yang sebenarnya kita inginkan dari kehidupan.

Ingat bahwa setiap orang membuat kesalahan - dan Anda juga akan - tidak peduli seberapa keras kita mencoba.

Membuat kesalahan tidak berarti membuat Anda gagal, justru dengan membuat kesalahan itu berarti Anda sedang mencoba.

Lalu, apa yang harus Anda lakukan? Ikutilah sorotan dan sorotan dari tahun lalu karena selalu ada tren yang berkembang, terutama di kalangan milenium, tentang refleksi diri.

Beberapa penelitian telah menujukkan bahwa refleksi diri dapat memberi manfaat kesehatan mental dan bahkan fisik.

Untuk memulainya, pergilah ke tempat yang sepi dan tenang. Kemudian, catat sorotan dan sorotan dari tahun lalu.

Sertakan keberhasilan dan kesalahan yang akan Anda buat dalam kehidupan pribadi dan profesional Anda. Lalu, lingkari hal-hal yang ingin Anda lakukan lagi, dan letakkan lingkaran yang lebih besar di sekitar hal-hal yang Anda benar-benar ingin hindari di masa depan.

Letakkan sebuah garis melalui apapun yang terjadi melalui keberuntungan (entah bagus atau buruk), karena Anda tidak dapat menciptakannya kembali, dan garis melalui apa pun yang terjadi sehingga Anda tidak dapat mengendalikannya.

Anda akan ditinggalkan dengan daftar hal yang harus direnungkan. Selanjutnya, tuliskan daftar faktor-faktor yang bagi Anda perlu untuk menciptakan kembali kesuksesan dan hindari kesalahannya.

2 dari 5 halaman

Selanjutnya

3. Tetapkan dan Pantau Tujuan

Kita semua tahu pentingnya menetapkan tujuan, karena tujuan dapat mendorong kita untuk maju dan memberikan patokan terhadap tindakan kita yang dapat diukur.

Menetapkan tujuan mungkin merupakan bagian yang mudah, namun kesulitan sesungguhnya terletak saat melacak kemajuan kita sendiri dan melakukannya dengan jujur.

Lalu, apa yang harus dilakukan? Untuk menetapkan tujuan Anda, cantumkan semua hal yang ingin Anda capai dalam jangka pendek, menengah, dan panjang. Jangan malu-malu dan coba berpikiran besar.

Kemudian, tulis daftar faktor-faktor di samping setiap tujuan yang dibutuhkan agar benar-benar terjadi. Ini mungkin termasuk mendapatkan dukungan dari pasangan atau atasan.

Selanjutnya, tambahkan daftar Anda ke jurnal atau buku harian dan berusaha melakukan sesuatu yang akan mendorong Anda menuju setidaknya satu item dalam daftar Anda setiap hari.

3 dari 5 halaman

Selanjutnya

4. Tunjukkan Terima Kasih

Kita semua terdorong oleh keinginan untuk merasa dihargai oleh orang lain. Oleh karena itu, penting untuk mengungkapkan rasa syukur kepada orang lain agar mengharapkan hal yang sama sebagai balasannya.

Bahkan, ada aliran pemikiran yang mengekspresikan rasa syukur dapat memperbaiki kesehatan mental dan fisik, mengurangi stres, serta membuka pintu untuk hubungan yang lebih baik dan lebih memuaskan.

Lalu, apa yang harus dilakukan? Gunakan buku harian atau lainnya untuk membuat catatan kapan orang melakukan sesuatu untuk Anda.

Kemudian, cobalah untuk menulis kartu ucapan terima kasih atau e-mail sederhana. Lakukan ini sesering mungkin, dan Anda akan merasakan nikmatnya hal itu.

4 dari 5 halaman

Selanjutnya

5. Berlatih Penuh Perhatian

Belum lama ini, praktik kewaspadaan dipandang sebagai bentuk meditasi zaman baru yang 'tidak biasa'. Ini dianggap sebagai salah satu jalur terbesar dan paling sederhana menuju kebahagiaan dan kesejahteraan yang lebih besar.

Sebenarnya, perhatian penuh tidak lebih dari sebuah metode yang memungkinkan kita menjaga agar pikiran dan tubuh tetap terbarui. Ini adalah kualitas alami yang kita miliki.

Seperti yang ditulis oleh seorang praktisi, ini adalah 'seni menciptakan ruang bagi diri kita sendiri - ruang untuk berpikir, ruang untuk bernafas, dan ruang antara kita dan reaksi kita'.

Lalu, apa yang harus dilakukan? Pertama, pergilah ke tempat yang tenang dan duduklah. Kemudian, tetapkan batas waktu (20 menit sudah cukup di awal).

Selanjutnya, rasakan napas Anda dan ikuti sensasi saat berjalan keluar. Akhirnya, biarkan pikiran Anda mengembara, dan jangan menilai diri Anda pada isi pikiran Anda. Sebagai gantinya, biarkan diri Anda kembali bernafas.

Cobalah untuk mengisi ulang pikiran Anda sesering yang Anda lakukan pada ponsel cerdas Anda.

 

 

 

Artikel Selanjutnya
8 Tips Produktif Buat Bekerja dari Rumah
Artikel Selanjutnya
7 Tanda Anda Berada di Lingkungan Kerja yang Tak Sehat